Menu
boscha
News and Lifestyle

Pesona Indonesia, 6 Rekomendasi Tempat Wisata Edukasi Terbaik yang Perlu Kamu Kunjungi!

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.07.24

Siapa yang bingung saat weekend nanti ingin berwisata kemana? Menjelajahi tempat-tempat wisata yang menarik merupakan salah satu cara terbaik untuk mengembangkan pengetahuan EFriends. Nah, kali ini Tom akan memberi beberapa rekomendasi tempat wisata edukasi yang ada di Indonesia.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Saat ini, banyak destinasi wisata ⭷ yang menyediakan pengalaman edukatif yang menyenangkan, tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri di Indonesia banyak lho tempat wisata edukasi yang bisa kamu kunjungi. Membawa teman, anak, atau keluarga untuk berwisata ke tempat wisata edukasi dapat memberikan pengalaman yang mengesankan sekaligus menambah pengetahuan. Hal ini akan membantu untuk mengembangkan minat dan pengetahuan, dan menginspirasi. Penasaran apa saja rekomendasi tempat wisata edukasi yang bisa dikunjungi saat weekend? Simak selengkapnya disini.

🏛️ Museum Sains dan Teknologi

museum sains dan teknologi

Museum Sains dan Teknologi adalah tempat yang sempurna untuk menggali rasa ingin tahu EFriends tentang dunia ilmu pengetahuan. Kamu dapat belajar tentang berbagai konsep sains melalui tampilan interaktif dan pameran yang menarik. Museum-museum ini sering menawarkan eksperimen praktis, pertunjukan, dan zona bermain yang dirancang khusus untuk kamu. 

Ada banyak museum sains dan teknologi di indonesia, seperti Museum Geologi di Bandung, Museum Zoologi di Bogor dan PP IPTEK yang terletak di kawasan TMII, Jakarta. Yuk, pergi ke museum!

🐯 Kebun Binatang dan Konservasi Satwa

kebun binatang

Kebun binatang tidak hanya menawarkan kesempatan untuk melihat berbagai spesies binatang dari seluruh dunia, tetapi juga tempat mengedukasi tentang pentingnya konservasi satwa. Beberapa kebun binatang memiliki program khusus di mana kamu dapat belajar tentang habitat alami hewan, keanekaragaman hayati, dan usaha pelestarian. 

EFriends bisa mengunjungi kebun binatang Ragunan di Jakarta, Taman Safari di Bogor, Kebun Binatang Bali yang berisi hewan langka khas Indonesia, dan Kebun Binatang Gembira Loka di Yogyakarta. Kebun binatang ini memberikan kesempatan bagi pengunjung, untuk belajar dan menghargai keanekaragaman hewan yang dimiliki oleh Indonesia. Pasti seru bisa berinteraksi secara langsung degan hewan!

🦎 Taman Nasional dan Taman Alam

taman nasional komodo

Mengunjungi taman nasional atau taman alam memberikan kesempatan untuk mengeksplorasi keindahan alam dan belajar tentang ekosistem yang unik. EFriends dapat belajar tentang flora dan fauna, siklus kehidupan, serta pentingnya menjaga lingkungan alami. Aktivitas seperti berjalan-jalan, hiking, dan pemandangan alam saat berkunjung ke taman nasional akan memberikan pengalaman belajar yang tak terlupakan. 

Terdapat banyak taman nasional yang ada di Indonesia, seperti, Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur, Taman Nasional Ujung Kulon di Banten, Taman Nasional Bunaken di Sulawesi Utara, Taman Nasional Gunung Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur, Taman Nasional Way Kambas di Lampung, dan masih banyak lagi. Semua taman ini menawarkan pengalaman alam yang luar biasa dan menjadi tempat konservasi penting bagi flora dan fauna Indonesia.

⏳ Pusat Sejarah dan Warisan Budaya

candi borobudur

Pusat sejarah dan warisan budaya menawarkan wawasan yang berharga tentang sejarah dan budaya suatu tempat. EFriends dapat mengunjungi situs-situs bersejarah, museum sejarah ⭷, atau kota tua yang dipelihara dengan baik untuk belajar tentang peristiwa penting, tokoh terkenal, dan kehidupan masyarakat pada masa lalu. Saat berkunjung ke pusat sejarah dan warisan budaya kamu akan mendapat panduan yang interaktif dari seorang tour guide dapat membantu meningkatkan minat kamu dalam mempelajari sejarah.

Kota Tua di 📍 Jakarta, Candi Borobudur di Jawa Tengah, Candi Prambanan di 📍Yogyakarta, Tana Toraja di Sulawesi Selatan, dan Taman Nasional Lorentz di Papua yang termasuk kedalam salah satu warisan dunia UNESCO adalah warisan budaya yang bisa kamu kunjungi. Wah! Ternyata Negara kita kaya akan sejarah dan budaya yang menarik untuk dieksplorasi. Masing-masing tempat tersebut menawarkan pengalaman unik yang memperkaya pemahaman kamu tentang sejarah dan warisan Indonesia.

🔭 Observatorium atau Planetarium

planetarium

Suka melihat bintang? Untuk EFriends yang tertarik dengan ruang angkasa dan astronomi, mengunjungi observatorium atau planetarium dapat menjadi pengalaman yang menarik. Kamu dapat belajar tentang planet, bintang, dan fenomena langit lainnya melalui pertunjukan digital dan pameran interaktif. Beberapa tempat ini juga menyelenggarakan acara pengamatan langit secara langsung melalui teleskop. 

Kamu bisa pergi ke Planetarium Boscha di Bandung, Planetarium di Jakarta dan Planetarium di Surabaya. Kunjungan ke observatorium dan planetarium ini memberikan kesempatan untuk memperluas pengetahuan tentang astronomi dan mempelajari tentang alam semesta yang luas.

🏰 Taman Tematik Edukatif

tmii jakarta

Ada banyak taman tematik yang menyajikan kombinasi antara hiburan dan pendidikan. Taman tematik ini menawarkan wahana, permainan, dan atraksi yang didesain untuk mengajarkan konsep-konsep ilmu pengetahuan, matematika, sejarah, dan lainnya pada EFriends. Melalui pengalaman bermain yang menyenangkan, kamu dapat memperluas pengetahuan dalam berbagai bidang. 

Contohnya seperti Taman Bunga Nusantara di Cianjur, Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta, Taman Pintar Yogyakarta, Taman Satwa Taru Jurug di Solo, Eco Green Park di Malang, dan Scientia Square Parkd di Tangerang. Kunjungan ke taman tematik edukatif ini memberikan kesempatan untuk belajar sambil bermain dan mengembangkan minat dalam berbagai bidang, seperti sains, budaya, dan lingkungan.

Apakah sudah tahu ingin mengunjungi tempat wisata edukasi yang mana saat weekend nanti? Pastikan juga untuk memanfaatkan buku panduan dan tur interaktif yang dapat membantu meningkatkan pengalaman belajar kamu saat berkunjung ke tempat wisata edukasi di atas. Dengan menggabungkan pendidikan dan rekreasi, kamu dapat memiliki pengalaman yang bermanfaat dan tak terlupakan bagi EFriends di tempat-tempat wisata tersebut.

Di EF, selain belajar Bahasa Inggris kamu juga akan mempelajari banyak hal yang akan memberikanmu pengalaman dan pengetahuan yang mengesankan. Beragam juga aktivitas outdoor yang bisa kamu lakukan dengan teman-teman kamu, seperti mengunjungi tempat wisata di atas! Tentunya kamu akan ditemani dengan guru-guru yang profesional. Pasti seru bisa belajar sambil jalan-jalan! Yuk, tunggu apalagi? Segera daftar dan nikmati keseruan kelasnya!

Tom tunggu di kelas ya!