Menu
persons atau people
Grammar and Vocabulary

Orang-orang dalam Bahasa Inggris: Persons atau People?

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.03.21

Bahasa Inggris punya segudang kosakata. Tapi kadang-kadang, kata yang terlihat sederhana justru bisa membingungkan. Seperti “persons” dan “people”. Dalam bentuk tunggal, orang bahasa Inggrisnya person tanpa akhiran “s”. Kalau bentuk jamak, persons atau people?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

EFriends, persons dan people merujuk pada lebih dari satu individu, tapi dalam penggunaannya terdapat perbedaan. Baca penjelasannya yuk!

People

Pertama, yuk kita bahas dari yang paling umum yaitu people. Kata “people” berasal dari bahasa Latin “populus” yang artinya orang-orang dari kelompok, bangsa, atau komunitas yang sama. Ketika kita menggunakan kata "people", kita berbicara tentang manusia secara keseluruhan, tanpa memperhatikan karakteristik individual. Ini bisa merujuk kepada kelompok besar atau masyarakat pada umumnya.

Kata people juga memiliki penggunaan yang luas, bisa digunakan dalam konteks kasual maupun formal. Secara grammar, people bisa digunakan bersama countable noun dan uncountable noun.

Contoh:

  1. Uncountable noun: A crowd of people gathered for the concert. (Sekelompok orang berkumpul untuk konser.)

  2. Countable noun: Ten people attended the housewarming party. (Sepuluh orang dating di pesta pindah rumah baru.)

  3. Formal: The new policy has caused people to worry about their jobs. (Kebijakan baru menyebabkan orang-orang khawatir dengan pekerjaan mereka.)

sekelompok anak kecil

Persons

Selanjutnya ada persons yang juga berakar dari bahasa Latin “persona” yang berarti “topeng”. Topeng yang dimaksud di sini adalah topeng yang digunakan para aktor pertunjukan. Kata “persons” digunakan dalam konteks tertentu.

Penulisan formal: dokumen legal, jurnal akademik, dan pernyataan resmi

Contoh:

The following rights are guaranteed to all persons under the law. (Hak-hak berikut ini dijamin bagi semua orang berdasarkan hukum.)

Penekanan individualitas: konteks untuk menyoroti kedudukan hukum atau etika setiap orang, maka penggunaan “persons” lebih diutamakan dibanding “people.”

Contoh:

The contract is valid only if all persons involved sign it. (Kontrak hanya sah jika semua orang yang terlibat menandatanganinya.)

Frasa tertentu: ada beberapa idiom dan frasa tertentu yang mengandung kata persons.

Contoh:

Missing persons report. (Laporan orang hilang.)

Peoples

Nah, selain people, ada juga peoples. Apa itu? “Peoples” juga samgat jarang terdengar dalam percakapan sehari-hari. Penggunaan kata “peoples” mengacu pada kelompok etnis atau kebangsaan yang berbeda di wilayah tertentu. Ingat ya EFriends, peoples menekankan perbedaan budaya atau etnis, bukan hanya jumlah individu.

Contoh:

The treaty aims to promote peace between the warring peoples. (Perjanjian ini bertujuan untuk meningkatkan perdamaian antara negara-negara yang bertikai.)

The indigenous peoples face unique challenges. (Masyarakat adat menghadapi tantangan unik.)

Dari penjelasan di atas, kamu jadi sudah paham perbedaan people dan persons kan EFriends? People digunakan ketika kamu ingin membicarakan sekelompok orang secara umum. Tapi kalau kamu ingin membicarakan sekelompok individu yang berbeda, atau saat sedang menulis dokumen legal.

Kalau kamu mau semakin jago bahasa Inggris, EF akan menemani perjalanan belajarmu lewat berbagai aktivitas menarik, baik di dalam kelas maupun di luar kelas dengan berbagai pilihan aktivitas ekstrakurikuler. Kalau mau coba keseruan belajar di EF, kamu bisa daftarkan diri di kelas demo gratis yang tersedia di seluruh sekolah EF di Indonesia. Sampai jumpa di kelas!