Menu
permainan bola dalam gelas
News and Lifestyle

Memory Game, Cara Seru Tingkatkan Daya Ingat Buat Main Bareng Anak

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.02.23

Mengasah daya ingat untuk anak penting lho untuk perkembangan otak mereka. Salah satu cara meningkatkan daya ingat anak adalah lewat memory game. Eits, tapi bukan melulu memory game yang dimainkan di tablet atau smartphone ya. Kamu bisa quality time bersama anak pakai permainan berikut ini!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

EF parents, punya daya ingat yang tajam sangat penting lho buat anak-anak. Saat mereka mulai bersekolah, ada banyak hal yang harus mereka pelajari dan hafalkan. Untuk mengasah memori jangka pendek dan jangka panjang mereka, kamu bisa mulai menstimulasi daya ingat mereka menggunakan memory game ini.

Eits, permainan-permainan ini mengharuskan mereka untuk fokus, berpikir, dan mengingat. Ketiga kemampuan ini sangat membantu mereka dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

puzzle

Puzzle bergambar

Permainan satu ini memang lebih praktis saat dimainkan dengan tablet karena akan ada lebih banyak opsi gambar. Konsepnya sederhana, anak harus mengingat bentuk utuh dari gambar, lalu gambar tersebut diacak dan anak harus menyelesaikan puzzle-nya.

Flashcard

Sudah bukan hal baru kalau flashcard bisa membantu meningkatkan daya ingat. Untuk memainkannya, kamu perlu satu set flashcard. Lalu, kamu bisa meminta anak menyebutkan nama objek dari kartu yang sedang kamu pegang, atau meminta mereka mencari sebuah objek dari kartu yang disebar secara acak.

Mencocokkan kartu bergambar

Kamu bisa membuatnya sendiri atau men-download dari berbagai sumber di internet. Cara memainkannya pun mudah. Pertama-tama, kamu bisa sebarkan kartu secara acak, dengan bagian gambar tertutup atau menghadap ke bawah. Setelah itu, minta si kecil menunjuk dua kartu. Setelah dibuka, kamu bisa menutupnya kembali apabila kedua gambar tidak sama. Minta si kecil memilih kartu sampai semua gambar berhasil dicocokkan.

Bola dalam gelas

Permainan yang biasa ada di pasar malam ini juga bisa jadi memory game yang seru. Kamu bisa siapkan bola pingpong atau objek lain yang ada di rumah dan gelas plastik yang tidak transparan. Permainan ini tidak hanya melatih memori, tapi juga fokus dan kelincahan mata.

Melanjutkan kalimat

Permainan ini paling seru kalau dimainkan beramai-ramai. Cara bermainnya sangat mudah, kok, orang pertama mulai membuat kalimat, misalnya “Aku pergi ke taman.”. Lalu orang kedua melanjutkan “Aku pergi ke taman dengan bersepeda.”. Tugas orang berikutnya adalah melanjutkan kalimat sambil mengulang kalimat dari orang pertama.

Mengulangi ketukan

Untuk anak-anak yang suka musik dan bunyi-bunyian, memory game ini pasti akan menyenangkan. Kamu hanya perlu meminta si kecil mengulangi ritme ketukan yang kamu buat.

Simon Says

Yup, permainan “Simon Says” yang ada di artikel grammar game juga bisa digunakan sebagai permainan untuk meningkatkan daya ingat. Anak-anak harus mengingat gerakan yang melambangkan objek tertentu dan tidak boleh terkecoh dengan instruksi yang diberikan.

Itu tadi beberapa ide memory game yang bisa kamu mainkan bersama si kecil. Nilai plus dari permainan-permainan ini yaitu, level kesulitannya bisa kamu sesuaikan berdasarkan usia anak, baik itu untuk anak batita, balita, atau bahkan anak SD. Asyik kan?

Oh iya, memory game ini adalah salah satu cara belajar yang diterapkan di kelas-kelas EF lho. Dengan cara ini, anak-anak akan semakin senang belajar bahasa Inggris dan suasana kelas bisa lebih interaktif.

Penasaran dengan keseruan belajar di EF? Yuk daftarkan si kecil jadi EF student. Ada promo spesial buat kamu yang mendaftar di bulan ini. Ada juga program kelas gratis yang bisa dicoba. Yuk daftar sekarang!