Menu
makanan tradisional indonesia
News and Lifestyle

Makanan Tradisional Indonesia yang Kaya Nutrisi dan Mudah Didapat

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.01.22

Kita sering mendengar tentang kehebatan salmon dan makanan luar negeri lainnya, tapi tahukah EFparents bahwa menu-menu masakan rumahan juga bisa bersaing dalam hal kesehatan dan nutrisi? Yuk kita kupas satu per satu, menu makanan tradisional Indonesia yang tak hanya menggugah selera, tapi juga sehat untuk anak.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Sedang mencari ide menu makanan sehat untuk anak? Tapi saat mencari di internet, yang muncul kebanyakan menu dari luar negeri? Indonesia, dengan limpahan rempah-rempah dan tradisi kuliner yang kaya, menyuguhkan menu-menu lezat yang tak kalah gizinya dengan makanan eksotis seperti salmon dan almond. Nah, EFparents, menu-menu masakan rumahan khas Indonesia di bawah ini bisa jadi ide untuk masakanmu berikutnya!

makanan sehat

Urap-urap: sayuran segar yang menggoda selera!

Indonesia punya banyak variasi “salad” tradisional yang bisa kamu pilih. Urap adalah sajian salad tradisional Indonesia yang penuh warna, rasa, dan tentunya sehat. Dibalut dalam kelapa parut yang sudah dibumbui dengan bumbu khas menambahkan cita rasa unik. Urap terdiri dari berbagai macam sayuran yang direbus atau dikukus seperti kacang panjang, tauge, daun singkong, dan daun kemangi.

Gado-gado: menu sayur segar selain salad dengan mayo

Ingin memenuhi kebutuhan serat dengan menu sayur yang ringan dan menyegarkan? Salah satu salad tradisional Indonesia ini bisa jadi menu sehat yang mengenyangkan. Campuran sayur seperti timun, tauge, selada, tomat, dan kacang panjang; protein seperti tahu, tempe dan telur. Kalau ingin lebih kenyang, kamu bisa tambahkan karbohidrat dari kentang atau lontong. Yum!

Pepes ikan kembung: bebas minyak, tetap kaya rasa

Hidangan khas Indonesia satu ini tidak ada tandingannya lho EFparents. Ikan kembung yang dibumbui dengan berbagai rempah, ditambah sayur, lalu dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. Selain bebas minyak, menu ini juga tinggi omega-3 dari ikan kembung dan kaya vitamin dari sayur. Kamu bisa membuat pepes versimu sendiri dengan ikan lain atau protein lain seperti ayam, tahu, tempe atau telur.

Bandeng presto: mudah dimakan dan tinggi omega-3

Dalam proses presto, bandeng dimasak dengan tekanan tinggi sehingga tulangnya menjadi lunak dan dapat dimakan. Daging bandeng yang kaya akan protein dan kalsium membuatnya menjadi hidangan yang sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Selain dipresto, kamu juga bisa membuat asem-asem bandeng yang segar.

Mendol tempe: camilan gurih penuh nutrisi

Popularitas tempe sebagai makanan bergizi sudah mendunia. Karena termasuk makanan yang difermentasi, tempe punya manfaat untuk pencernaan. Kamu bisa membuat menu mendol tempe jadi camilan sehat untuk buah hati. Dengan membuatnya sendiri di rumah, kamu bisa menambahkan bahan lain dan menggorengnya dengan minyak yang bersih.

Soto ayam: comfort food di segala kondisi

Soto ayam tidak hanya menggoda selera dengan kuahnya yang gurih, tapi juga menyajikan daging ayam yang kaya protein. Dengan tambahan bawang goreng, koya gurih, dan jeruk nipis, soto ayam jadi salah satu comfort food untuk menghangatkan tubuh di berbagai cuaca.

Itulah beberapa masakan rumahan tradisional Indonesia yang bisa jadi ide masakmu berikutnya. Jangan lupa untuk selalu memasak makanan dengan bahan-bahan terbaik agar anak bisa tumbuh cerdas dan sehat, ya.

Kalau untuk urusan belajar bahasa Inggris, EF punya guru dan metode belajar terbaik yang bisa membantu anak-anak fasih dan juga lebih percaya diri. Pembelajaran di EF dirancang agar melatih kemampuan soft skill dan hard skill yang akan menyiapkan anak-anak di dunia luar. Ingin tahu keseruan kelas EF? Ambil kuotamu untuk mencoba kelas gratis di bulan ini dengan mendaftarkan nomor handphone di form yang tersedia.