Menu
level comprehensive reading
Reading and Writing

Level Comprehensive Reading dalam Bahasa Inggris. Kamu yang mana?

tom thunder
Author
Tom Thunder
2022.09.16

Kamu suka membaca? Pernahkah kamu mendengar istilah reading comprehension? Jika pernah, tahukah kamu apa yang dimaksud dengan reading comprehension? Yuk, simak terus artikel ini untuk mengetahui apa itu reading comprehension dan apa saja level untuk comprehensive reading.  

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Reading comprehension adalah sebuah kegiatan memahami inti dari sebuah tulisan yang kita baca dalam bahasa Inggris. Inti yang dimaksud di sini adalah ide atau gagasan yang tercantum dalam setiap teks bahasa Inggris. Nah, ada dua elemen yang membentuk proses reading comprehension: pengetahuan kosakata dan pemahaman teks. Untuk memahami sebuah teks, kamu harus dapat memahami beberapa kosakata yang digunakan dalam sebuah tulisan.  

Berikut ini adalah level comprehensive reading dalam bahasa Inggris: 

1. Literal comprehension

Level comprehensive reading yang pertama yaitu literal comprehension. Literal comprehension mengacu kepada pemahaman langsung terhadap makna dari setiap teks bahasa Inggris, seperti kosakata apa saja yang digunakan, latar tempat, latar waktu, dan latar lokasi pada sebuah teks. Informasinya sudah tertera dengan jelas pada setiap teks. 

Jadi, dapat disimpulkan bahwa pada level literal comprehension kamu hanya perlu membaca keseluruhan isi teks untuk mencari informasi-informasi yang ada.

2. Reorganization

Level comprehensive reading selanjutnya adalah reorganization. Pada level kedua ini, selain menggunakan pemahaman literal, kamu juga harus dapat menemukan dan memahami informasi tersirat pada teks yang di baca.

Jadi, pada level ini kamu sudah harus bisa menambahkan sedikit pemahaman lain terhadap inti dari teks tersebut sesuai dengan pemahamanmu. 

3. Inference

Level comprehensive reading yang ketiga adalah inference. Pada level ini informasi pada sebuah teks disajikan secara tersirat. Jadi, kamu mungkin akan memiliki kesulitan karena informasi yang ada tidak disajikan secara langsung. Untuk menemukan informasi pada sebuah teks pada level ini, kamu memerlukan pengetahuan literal tentang isi teks, pemahamanmu tentang isi teks, dan juga intuisimu terhadap isi dari teks tersebut. 

Jika kamu berhasil mendapatkan informasi dari sebuah teks menggunakan pengetahuan literal, pemahamanmu sendiri, dan juga intuisi, artinya kamu sudah ada pada level comprehensive reading tahap tiga yaitu inference.

4. Prediction

Level selanjutnya yaitu prediction, pada level ini kamu harus melibatkan pemahaman terhadap teks yang di baca dan pemahamanmu sendiri mengenai topik pada teks yang di baca.  

Pada level prediction kamu harus dapat mengira terlebih dahulu isi dari sebuah teks bahasa Inggris yang akan dibaca. Setelah itu, kamu dapat membacanya dan bandingkan apakah isi teks tersebut sama seperti pemahamanmu sebelum membaca atau tidak.

5. Evaluation

Level kelima comprehensive reading adalah evaluation. Evaluation memerlukan kemampuan pemahaman umum untuk memberikan penilaian terhadap suatu teks bacaan. Kamu bisa menggunakan pemahaman literal tentang isi teks dan pemahamanmu sendiri terhadap topik yang di bahasa pada teks yang di baca untuk menilai suatu teks bahasa Inggris

6. Personal response

Level terakhir pada comprehensive reading adalah personal response. Personal response adalah level di mana setiap pembacanya diberi kebebasan untuk memaknai sendiri maksud dari teks yang dibaca.

Jadi, jika kamu sudah dapat memaknai sendiri isi dari teks bacaan, sesuai dengan topik yang dibahas, kamu sudah berada pada level personal response.   


Itu tadi enam level comprehensive reading yang harus kamu tahu. Kira-kira kamu ada pada level mana, nih?

Untuk kamu yang baru mulai untuk belajar bahasa Inggris, jangan khawatir kemampuan membaca bahasa Inggris-Mu bisa dilatih jika kamu bersungguh-sungguh. Kamu juga bisa bergabung dengan EF jika kamu ingin melatihnya, di EF sedang ada program Free Demo Class, loh!

Selain materi reading, kamu juga akan diajarkan materi-materi bahasa Inggris lain yang juga tidak kalah seru. Guru-guru yang mengajar juga guru profesional.

Jadi, tunggu apalagi? Daftar sekarang, sebelum kehabisan! 😉