Menu
melukis
News and Lifestyle

Ketahui Manfaat Melukis untuk Perkembangan Anak

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.03.15

EF Parents, tahukah kamu bahwa melukis bukan hanya aktivitas yang menyenangkan bagi anak-anak, tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi perkembangan mereka? Yuk cek ada manfaat apa saja dalam kegiatan melukis bagi anak.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Melukis memberikan ruang bagi anak untuk mengekspresikan ide dan imajinasinya secara bebas. Mereka dapat menuangkan apa yang mereka bayangkan ke dalam sebuah lukisan, tanpa batasan. Selain itu, melukis juga membantu anak-anak mengenal warna dan kombinasinya. Hal ini membantu mengembangkan kreativitas dan imajinasi mereka.

mewarnai

Meningkatkan Self-Awareness

Melukis bisa jadi media untuk mengekspresikan perasaan dan emosi yang terpendam. Dengan menuangkan perasaan ke dalam lukisan, Anak-anak bisa jadi lebih memahami diri sendiri dan emosi yang sedang mereka rasakan, sehingga timbul kesadaran bahwa diri mereka berharga.

Bagi anak dengan kesulitan berkomunikasi verbal, melukis menjadi media untuk mengekspresikan diri. Melukis juga dapat membantu anak belajar bagaimana berkomunikasi dengan orang lain. Mereka dapat berbicara tentang apa yang mereka lukis dan apa artinya bagi mereka.

Meningkatkan Kemampuan Problem-Solving

Pada saat melukis, prosesnya tidak selalu berjalan lancar. Terkadang anak-anak harus menghadapi tantangan, misalnya warna yang tercampur tidak sesuai keinginan atau hasil akhir yang tidak sesuai bayangan. Dengan melukis, anak akan belajar bagaimana memecahkan masalah. Mereka harus memutuskan warna apa yang akan digunakan, apa yang akan mereka lukis, dan bagaimana mereka akan membuatnya. Nah, proses mencari solusi untuk mengatasi kesalahan atau ketidakpuasan ini melatih kemampuan untuk memecahkan masalah dan berpikir strategis.

Melatih Planning Skill

Planning skill atau kemampuan perencanaan merupakan kemampuan penting yang perlu ditanamkan pada anak sejak dini. Kemampuan ini membantu mereka menyusun dan mengantisipasi sesuatu, sehingga bisa menyelesaikan tantangan dan kebutuhan sehari-hari dengan lebih efisien.

Salah satu cara efektif untuk melatih planning skill pada anak adalah dengan belajar melukis. Kebiasaan membuat planning dalam melukis akan membawa dampak positif dalam jangka panjang. Anak yang terbiasa membuat perencanaan akan lebih terarah dalam mencapai target dan termotivasi untuk menyelesaikan tugas.

Menjadi Media untuk Meditasi

Selanjutnya, melukis membutuhkan fokus dan konsentrasi. Saat anak-anak melukis, mereka belajar bagaimana memusatkan perhatian mereka pada satu tugas.

Melukis juga dapat membawa ketenangan dan menjadi pengalaman meditatif. Saat menuangkan fokus pada gerakan tangan dan pemilihan warna, pikiran akan teralihkan dari hal-hal yang memicu stres dan kecemasan. Sensasi ini mirip dengan efek meditasi yang membuat perasaan lebih rileks dan damai.

Meningkatkan Fungsi Kognitif

Terakhir, melukis dapat membantu anak meningkatkan kesadaran kognitif mereka. Kegiatan melukis melibatkan perencanaan, koordinasi tangan-mata, dan fokus. Rangsangan mental ini dapat membantu menjaga kesehatan fungsi kognitif, terutama seiring bertambahnya usia.

Mereka merasakan tekstur cat dan kuas, dan mereka melihat warna dan bentuk yang mereka buat. Belajar warna melalui kegiatan melukis juga membawa banyak manfaat, seperti anak belajar mengelompokkan benda berdasarkan warna dan belajar nama-nama warna dan frasa yang terkait dengan warna.

Sebelum memulai melukis, EF Parents bisa menyediakan berbagai peralatan melukis, seperti cat air, cat minyak, krayon, dan pensil warna. Kemudian, biarkan anak memilih tema lukisannya sendiri. Jangan mengkritik atau mengoreksi lukisan anak. EF Parents bisa memberikan pujian atas usaha dan kreativitas anak. Kamu juga bisa meluangkan waktu untuk melukis bersama anak supaya hubungan orangtua dan anak semakin rekat.

EF Parents, melukis adalah kegiatan yang bermanfaat bagi semua anak, terutama bagi anak-anak berkebutuhan spesial. Jadi, Dukunglah anakmu untuk melukis dan rasakan manfaatnya bagi perkembangan mereka.

Jika EF Parents ingin membantu perkembangan bahasa Inggris anak, kamu bisa mendaftarkan si kecil di kelas demo gratis EF dengan mengisi nomor telepon pada laman ini. Di EF anak-anak akan belajar bahasa inggris bersama guru yang profesional dengan metode pembelajaran yang bervariatif. Yuk segera ikuti keseruan kelasnya, lesempatan terbatas!

Ada sesuatu yang spesial menunggumu lhoo!