Menu
jenis puisi bahasa inggris
Reading and Writing

Jenis-jenis Puisi Bahasa Inggris yang Harus Kamu Tahu

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.03.15

Puisi Bahasa Inggris adalah karya yang diciptakan dengan berbagai gaya, bentuk dan teknik. Baik saat menulisnya, ataupun saat membacanya. Setiap jenis puisi memmenawarkan penikmatnya pengalaman tersendiri untuk merasakan emosi, pikiran, dan pengalaman penulisnya. Saatnya mengeksplor jenis-jenis puisi bahasa Inggris tersebut!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Dari keanggunan terstruktur puisi tradisional seperti karya William Shakespeare hingga kebebasan puisi modern seperti karya Rupi Kaur, puisi Bahasa Inggris punya spektrum yang luas. Nah, buat EFriends yang mau memperdalam kemampuan menulis puisi atau hanya ingin belajar tentang jenis-jenis puisi secara umum, Tom sudah buatkan daftarnya.

contoh puisi

Ballad

Yup, kamu tidak salah baca EFriends. Tidak salah kalau ada namanya lagu ballad. Ballad adalah jenis puisi naratif yang ciri-cirinya bisa dilihat dari rimanya. Biasanya, puisi ballad punya rima ABCB. Panjang puisinya bisa berapapun, tapi setiap bait berisi empat baris. "The Rime of the Ancient Mariner" karya Samuel Taylor Coleridge adalah salah satu contoh puisi ballad bahasa Inggris yang menceritakan tentang kisah pengalaman supernatural seorang pelaut di laut.

Acrostic

Puisi akrostik ini bisa dibilang puisi yang unik. Puisi akrostik disusun supaya kata pertama dalam setiap barisnya bisa membentuk ejaan dari sebuah kata. Puisi dari Emily Dickinson yang berjudul "Success is Counted Sweetest" adalah salah satu contoh puisi akrostik. Dalam puisi ini, huruf depan setiap barisnya membentuk kata “success.”

Elegy

Elegi adalah puisi yang hanya punya satu tema yaitu kematian. Biasanya elegi dibuat untuk mengungkapkan perasaan penulis kepada seseorang atau sekelompok orang yang sudah meninggal. "Elegy Written in a Country Churchyard" karya Thomas Gray adalah salah satu elegi paling terkenal dalam sastra Inggris. Mereka berduka atas kematian orang-orang biasa yang dikuburkan di halaman gereja pedesaan.

Epic

Epik bukan cuma slang. Epik adalah kata sifat yang mengacu pada hal-hal yang besar, kompleks, dan/atau berlebihan. Ini juga yang menjadikan puisi epik sebagai puisi yang panjang dan mendetail yang menceritakan kisah-kisah luar biasa tentang karakter-karakter yang menempuh perjalanan fantastis. Kisah sebuah epik bisa bersifat fiksi, sejarah, atau fiksi sejarah dan drama untuk meningkatkan emosi. "The Odyssey" karya Homer adalah salah satu contoh puisi epik tentang petualangan pahlawan Odysseus saat ia mencoba kembali ke rumah setelah Perang Troya.

Ode

Ode adalah puisi atau syair yang dibuat untuk memuji seseorang atau sesuatu. Ode adalah salah satu bentuk puisi tertua dan diyakini berasal dari Yunani kuno. Ciri-ciri ode biasanya menggunakan diksi yang formal, tapi tidak harus mengikuti aturan dasar sebuah puisi. Salah satu contoh ode yang popular di kalangan penikmat sastra adalah “Ode to a Nightingale" karya John Keats. Dalam puisi ini, Keats merefleksikan kefanaan hidup dan kekuatan seni untuk mengatasi kesedihan duniawi.

Limerick

Limerick atau pantun jenaka adalah puisi yang berisi humor. Ciri dari limerick biasanya memiliki rima AABBA dengan baris pertama, kedua dan kelima lebih panjang dari[ada baris ketiga dan keempat. Nah, baris terakhir biasanya jadi punchline untuk bagian lucunya. Limerick karya Edward Lear, “There was an Old Man with a Beard," adalah salah satu contohnya.

Free Verse

Seperti namanya, kamu pasti sudah bisa menebak kalau ini adalah salah satu jenis puisi modern. Ciri-ciri puisi bebas terletak pada bentuknya yang tidak mengikuti aturan dasar puisi klasik. Puisi bebas tidak memperhatikan rima, bait, bahkan jumlah suku kata. Karya dari Walt Whitman yang berjudul “Song of Myself" adalah contoh puisi bebas

Nah EFriends, sekarang kamu sudah tahu kan apa saja jenis-jenis puisi beserta ciri-cirinya. Kalau kamu punya minat dalam dunia sastra puisi, terutama puisi bahasa Inggris, kamu bisa memperluas pengetahuanmu dengan lebih rajin belajar bahasa Inggris. Kalau kamu jago bahasa Inggris, kamu bisa menikmati lebih banyak karya. Pasti seru, deh.

Kamu bisa memperluas kosakata dan pemahaman bahasa Inggris dengan belajar bahasa Inggris bersama EF. Yuk ikut kelas gratis yang tersedia di bulan ini. Cukup dengan mendaftarkan nomor handphone, kamu bisa langsung ikut kelasnya. Mudah kan? Yuk daftar sekarang!