Menu
novel indonesia
News and Lifestyle

Jajaran Novel Indonesia yang Mendunia, Ada Versi Bahasa Inggrisnya!

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.05.16

Hello, bookworm! Buku apa yang sedang kamu baca minggu ini? Kamu tahu tidak kalau setiap tanggal 17 Mei diperingati sebagai Hari Buku Nasional? Selain diperingati untuk meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat Indonesia, ayo manfaatkan momen ini untuk membaca novel Indonesia. Ternyata ada banyak novel Indonesia yang terkenal sampai mancanegara dan dibuat versi Bahasa Inggisnya, lho!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Apakah kamu suka membaca novel karya penulis novel Indonesia? Atau kamu lebih suka membaca novel karya penulis luar negeri? Tahukah kamu kalau berbicara tentang karya sastra, Indonesia punya banyak penulis keren, lho! Tokoh-tokoh seperti Pramoedya Ananta Toer, Andrea Hirata, Dee Lestari, Ayu Utami, dan Eka Kurniawan hanyalah beberapa contoh penulis novel Indonesia yang namanya sudah dikenal di dunia internasional.

EFun Fact

Hari Buku Nasional dicetuskan oleh Abdul Malik Fadjar, Menteri Pendidikan Indonesia pada tahun 2002. Tanggal 17 Mei dipilih karena bertepatan dengan tanggal berdirinya Perpustakaan Nasional.

Kalau tadi kamu sudah tahu nama-nama penulis Indonesia yang terkenal di kancah internasional, sekarang giliran buku-bukunya. Di bawah ini Tom akan bagikan beberapa novel Indonesia yang populer, bahkan sampai ada versi terjemahan Bahasa Inggrisnya! Mana nih novel yang sudah pernah kamu baca?

The Rainbow Troops

laskar pelangi

Novel pertama yang fenomenal sampai ke mancanegara yaitu The Rainbow Troops atau Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Ada yang sudah selesai membaca novel ini?

Novel satu ini bercerita tentang kehidupan anak-anak di Belitung yang punya mimpi besar, tapi sayangnya fasilitas pendidikan di sekolah mereka kurang memadai. Bahkan, sekola mereka terancam akan ditutup. Meski begitu, Ikal dan teman-temannya membuktikan kalau mereka juga tidak kalah hebat dan cerdas dibandingkan anak-anak yang bersekolah di sekolah mahal. Lalu, bagaimana nasib sekolah para laskar pelangi? Ikuti petualangan Ikal dan teman-temanya yuk!

The Land of Five Towers

negeri 5 menara

Masih bercerita tentang anak-anak dan perjalanannya menggapai mimpi, The Land of Five Towers atau Negeri Lima Menara punya latar cerita yang unik. Buku karya A. Fuadi ini menceritakan tentang Alif, bocah asal Maninjau, Padang yang punya cita-cita menjadi insinyur seperti B.J, Habibie. Namun karena kondisinya, ia akhirnya memutuskan untuk besekolah di sebuah pondok pesantren di Jawa Timur.

Meskipun awalnya kecewa, tapi lambat laun Alif mulai terbiasa dengan kehidupan pondok dan mendapat banyak kawan dan ilmu selama di sana. Buku Negeri 5 Menara ini jadi karya yang cukup menyegarkan karena tidak banyak penulis yang menceritakan kehidupan di pondok pesantren.

Kalau kamu sedang butuh semangat untuk meraih impian, buku ini bisa kamu baca di sela waktu luangmu, ya!

The Earth of Mankind

Kalau kamu memang menyukai karya sastra klasik Indonesia, pasti kamu sudah familiar dengan nama Pramoedya Ananta Toer dan salah satu karyanya yaitu Bumi Manusia. Novel Bumi Manusia mengambil latar di akhir masa penjajahan Belanda di Indonesia. Buku ini menceritakan kehidupan Minke, seorang pribumi yang punya privilege bersekolah di Hogere Burgerschool, SMA khusus orang Eropa, Belanda dan pribumi kelas atas.

bumi manusia

Kalau kamu ingin berkelana ke Indonesia di masa lampau, kamu bisa jadikan buku ini sebagai pilihan. Saat membacanya, kamu bisa ikut merasakan suasana Indonesia pada era kolonial beserta isu budaya dan politiknya.

Supernova: The Knight, The Princess and The Falling Star

supernova

Novel Supernova: Ksatria, Putri, dan Bintang Jatuh merrupakan buku pertama dari seri heksalogi Supernova karya Dee Lestari. Kalau kamu tidak familiar dengan buku Supernova, mungkin kamu mengenal Dee lewat buku lain yang berjudul Perahu Kertas.

Novel Supernova: Ksatria, Putri, dan Bintang Jatuh merupakan novel bergenre fiksi ilmiah yang menceritakan tentang Dimas dan Reuben yang berkolaborasi membuat sebuah karya. Reuben yang menyukai sains dan spiritual tidak sejalan dengan Dimas yang ingin membuat novel. Meski begitu, mereka tetap berkolaborasi membuat novel yang spektakuler.

Keempat novel di atas hanya beberapa contoh dari banyaknya novel Indonesia yang terkenal di mancanegara dan sampai diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris. Tertarik untuk membaca versi Bahasa Inggrisnya?

Supaya kamu lancar membaca novel Bahasa Inggris dan bisa memaknai isinya, ayo tingkatkan kemampuan Bahasa Inggrismu dulu ya! Ada harga spesial untuk kamu yang mau kursus Bahasa Inggris di EF bulan ini, lho! Yuk segera klaim promonya!