Menu
hari lingkungan hidup sedunia
News and Lifestyle

Jadi Aktivis Lingkungan, Yuk! Hal-hal Kecil untuk Menjaga Lingkungan

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.06.21

Mulai dari yang paling kecil dengan mematikan lampu jika tidak digunakan, bisa kamu lakukan untuk ikut menjaga lingkungan lho! Dimulai dari diri sendiri dengan melakukan kegiatan yang dapat menyelamatkan bumi kita. Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia kali ini Tom punya ada beberapa tips nih yang bisaEFriends lakukan agar bumi kita agar lebih terjaga.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Tahukah kamu jika bumi kita sedang terancam oleh perubahan iklim yang akan menghasilkan global warming? Sangat penting bagi kita untuk menjaga lingkungan hidup agar tetap terjaga kelestariannya demi masa depan dan generasi di bawah kita nanti. 

Selain mencegah kerusakan lingkungan, menjaga lingkungan juga menguntungkan semua makhluk hidup karena menghasilkan lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman untuk dihuni. Nah, kita bisa menciptakan lingkungan yang bersih dengan hal-hal ini.

Memilah dan buanglah sampah pada tempatnya

cara memilah sampah

Menjaga lingkungan harus dimulai dengan membuang sampah pada tempatnya. Selain itu kita harus memilah sampah yang akan kita buang. Masih ingat sampah organik dan anorganik? Dengan memilah sampah kita bisa menggunakan sampah organik sebagai kompos untuk tanaman, sedangkan sampah anorganik bisa didaur ulang kembali menjadi barang yang bermanfaat.

Jangan lupa untuk mengajarkan kebiasaan memilah dan membuang sampah pada tempatnya agar lingkungan sekitar terjaga. Mudah bukan?

Mengurangi penggunaan plastik

daur ulang sampah plastik

Kamu bisa mengurangi penggunaan plastik dengan selalu membawa tote bag saat berbelanja, membawa tumblr, dan membawa alat makan saat berpergian.

Selain lebih higienis, friends juga bisa mengurangi sampah plastik sekali pakai lho! Walaupun terdengar ribet, tapi hal ini sangatlah baik dilakukan untuk menjaga lingkungan. Yuk dicoba!

Membersihkan lingkungan rumah dan sekitarnya

cara menjaga kebersihan rumah

Selanjutnya yang bisa dilakukan untuk menjaga lingkungan adalah dengan membersihkan lingkungan rumah dan sekitarnya. Ajaklah seluruh anggota keluarga hingga tetangga untuk melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar kita.

Banyak lho manfaat yang didapatkan jika lingkungan kita bersih seperti terhindar dari berbagai penyakit dan kita dapat menjaga hubungan sesama tetangga. Jangan malas bersih-bersih ya!

Menggunakan produk daur ulang

daur ulang sampah

Selain membantu mengurangi sampah produk daur ulang atau recycle juga akan membantu dalam menjaga lingkungan. Friends bisa menggunakan kaleng bekas sebagai pot tanaman hingga kardus sebagai wadah penyimpanan. Banyak juga produk recycle yang di jual dengan harga terjangkau lho! Gunakan produk yang eco friendly ya!

Hijaukan lahan kosong

memanfaatkan lahan kosong

Manfaatkanlah lahan kosong untuk ditanami pohon atau tanaman obat keluarga (TOGA) selain menambah lahan untuk resapan air, TOGA juga berkhasiat sebagai obat tradisional yang bisa kita gunakan sebagai pertolongan pertama untuk penyakit ringan.

Selain itu kamu bisa menanami tanaman hias yang dapat meningkatkan kualitas udara. Tumbuhan tersebut mampu membersihkan udara dari polutan secara alami lho! Yuk mulai menanam agar mencegah terjadinya banjir juga!

Menghemat energi

mengapa kita harus menghemat energi

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghemat penggunaan energi. Kita bisa mematikan lampu jika tidak dipakai dan mematikan kabel elektronik jika tidak digunakan. Dengan begitu bisa menghemat biaya listrik dan mengurangi emisi. Semakin banyak listrik yang digunakan, semakin banyak juga karbon yang dihasilkan. 

Selanjutnya kita bisa menghemat BBM dengan menggunakan transportasi umum atau sepeda, dengan begitu bisa mengurangi pencemaran udara yang dihasilkan dari kendaraan bermotor.

Nah itu dia beberapa hal kecil yang bisa EFriends lakukan dengan dimulai dari diri sendiri untuk menjaga lingkungan. Kira-kira dari kegiatan diatas, apa nih yang sudah EFriends lakukan? Yuk jangan tunda-tunda lagi dan segera lakukan untuk kebaikan lingkungan dan diri kita di masa sekarang dan masa depan. 

Di EF kamu juga bisa belajar tentang lingkungan lho! Tentu saja materi yang dibahas sangatlah seru. Kamu bisa memperlancar Bahasa Inggris kamu bersama EF tanpa perlu khawatir. Pastikan kamu tidak ketinggalan untuk mengikuti keseruan kelas-kelasnya. Jangan sampai kelewatan ya!