Menu
phrasal-verb-get
Grammar and Vocabulary

Daftar Phrasal Verb “Get” beserta Contoh Kalimat, Sering Menggunakannya?

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.02.28

Untuk kamu yang rajin belajar bahasa Inggris, pasti sudah tak asing dengan kata kerja “get”. Namun, kata kerja get ini bisa digabungkan dengan berbagai preposisi loh. Dalam bahasa Inggris, hal ini dikenal dengan istilah phrasal verb.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Seperti yang kamu ketahui sebelumnya, dalam bahasa Inggris ada banyak phrasal verb. Masih ingat apa itu phrasal verb? Adalah sebuah frasa yang terdiri dari gabungan kata kerja dengan preposisi (preposition) atau kata keterangan (adverb). Nah, kali ini Tom akan ajak kamu untuk membahas beberapa phrasal verb dari kata kerja get. Ada apa saja sih?

Yuk, simak artikel berikut!

1. Get along with

Memiliki makna akan hubungan yang harmonis atau persahabatan.

Contoh: We really get along with your sister, don’t worry (Kami benar-benar memiliki hubungan yang baik dengan saudarimu, tenang saja)

2. Get around

Memiliki dua makna, bisa berarti berpindah dari satu tempat ke tempat lain atau untuk menemukan cara menangani masalah.

Contoh: My friend got around in French last week, I wish I can go there too! (temanku berkeliling Prancis minggu kemarin, aku harap aku juga bisa ke sana!)

3. Get at

Get at menjukkan bahwa seseorang tetap memberi kritik terhadap orang lain, namun juga bisa memiliki arti belajar atau menemukan sesuatu.

Contoh: She feels she’s being got at (Ia merasa sedang ditertawakan)

4. Get away

Phrasal verb yang satu ini memiliki arti berlibur, berhasil meninggalkan suatu tempat, tidak percaya apa yang dikatakan orang (kaget), atau melarikan diri.

Contoh: I hope I can get away for a few days (Aku harap aku bisa melarikan diri untuk beberapa hari)

5. Get down

Meninggalkan meja setelah makan siang atau membuat seseorang sedih. Yup, keduanya adalah makna dari phrasal verb get down.

Contoh: Don’t let someone get you down (jangan membuat seseorang membuatmu sedih)

6. Get in

Memiliki arti, yaitu tiba di suatu tempat, memenangkan pemilihan, diterima di suatu tempat. Contoh: He’s got into Oxford! Cool! (Ia diterima di Universitas Oxford! Keren!)

7. Get off

Memiliki makna meminta seseorang untuk melepas sentuhan, pergi, pergi tidur, berhenti mendiskusikan sesuatu, dan lain sebagainya.

Contoh: We will go off to the library after lunch (Kami akan pergi ke perpustakaan, setelah jam makan siang)

8. Get on

Kamu bisa menanyakan kabar seseorang dengan menggunakan phrasal verb get on. Selain itu, get on bisa diartikan dengan sukses dalam karir, untuk bertahan, melanjutkan sesuatu, dan memiliki hubungan yang baik dengan seseorang.

Contoh: How are you getting on in your school? (Bagaimana dengan sekolahmu?)

9. Get out

Sama seperti phrasal verb lainnya. Get out memiliki beragam makna, seperti meminta seseorang untuk keluar, agar dikenali, untuk mempublikasikan sesuatu, dan untuk meninggalkan suatu tempat.

Contoh: If the case gets out I’ll have a trouble (Kalau kasus ini ketahuan, aku akan kena masalah)

10. Get over

Memiliki makna untuk bisa berdamai dengan sesuatu, untuk membuat sesuatu lebih jelas terhadap seseorang, untuk menyelesaikan sesuatu, dan merasakan baik atau sehat kembali.

Contoh: She is upset that you didn’t call her, but she will get over it (Ia kecewa, karena kamu tidak menghubunginya. Tapi ia bisa menanganinya)

11. Get through

Get through memiliki arti bahwa kamu telah menyelesaikan sesuatu, untuk menghubungi seseorang, dan untuk melanjutkan level kompetisi.

Contoh: You know you can through this (Kamu tau kamu bisa menyelesaikannya)

12. Get up

Memiliki arti berdiri setelah duduk, bangun tidur, dan untuk mengatur sesuatu.

Contoh: My daughter always gets up early (Anak perempuanku selalu bangun pagi)


Itu dia berbagai jenis phrasal verb get. Kamu sudah familiar belum nih dengan frasa-frasa tersebut? Kamu mau belajar phrasal verb lainnya? Yuk, ikut Kelas EF Gratis!

Kamu akan didampingi oleh guru yang ahli di bidangnya, sekaligus native Inggris langsung! Isi no hpmu di kolom yang tertera pada halaman ini dan nikmati berbagai promo menarik lainnya. Tom tunggu di kelas ya😉

*Syarat dan Ketentuan berlaku
*Promo terbatas

Terakhir update artikel : 28-02-2023