Menu
love yourself artinya
Grammar and Vocabulary

Cari Tahu tentang Perbedaan Self Love & Self Esteem, Yuk!

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.04.02

Hayo, siapa nih yang sering dengar istilah self love dan self esteem? Eits, jangan sampai tertukar ya! Dua istilah ini memang terdengar mirip, tapi sebenarnya memiliki makna yang berbeda lho. Yuk, simak penjelasannya dari Tom biar makin paham!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Self love dan self esteem adalah dua konsep yang sering EFriends dengar, terutama ketika berbicara tentang menjaga diri dan perasaan kita sendiri. Ingat ya, kedua hal ini penting untuk merasa bahagia dan percaya diri dalam hidup!

self esteem artinya apa

Self Love

Pertama, self-love dalam bahasa Indonesia memiliki arti mencintai diri sendiri. Self love adalah tentang menerima dan menghargai diri sendiri secara keseluruhan, baik kelebihan maupun kekurangannya. Ini berarti kamu merasa nyaman dengan diri sendiri, tanpa perlu membandingkan dengan orang lain. EFriends tidah harus sempurna, tapi EFriends harus mengakui bahwa kamu berharga dan layak untuk dicintai.

Contohnya:

"Self-love is not about being perfect, it's about accepting yourself and being kind to yourself."

"Mencintai diri sendiri bukan tentang menjadi sempurna, tapi tentang menerima diri sendiri dan bersikap baik kepada diri sendiri."

Self Esteem

Kedua, self esteem memiliki arti harga diri. Ketika EFriends memberikan penilaianmu terhadap diri sendiri itulah yang disebut self esteem. Ini berkaitan dengan seberapa yakin EFriends terhadap kemampuan dan nilai diri. Seseorang dengan self esteem tinggi akan merasa percaya diri dan mampu dalam menghadapi berbagai situasi.

Contohnya:

"I hope he will grow some self-esteem"

"Aku berharap dia akan tumbuh lebih percaya diri."

Bagaimana? Sudah paham terkait keduanya? Untuk meningkatkan self love dan self esteem kamu, cobalah untuk berlatih self-compassion atau memberi kasih sayang terhadap diri sendiri dengan memberi afirmasi positif. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain, karena setiap orang itu unik dan memiliki kelebihannya masing-masing.

Kamu juga perlu memaafkan diri atas kesalahan dan fokuslah pada pembelajaran. Jangan lupa untuk selalu mensyukuri hal-hal kecil dalam hidup, sadarilah dan hargai hal-hal positif di sekitarmu. Terakhir, kamu perlu untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan, luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai.

Jadi, kamu ingin membahas hal apa lagi? Jika EFriends butuh bantuan untuk belajar bahasa Inggris, kamu bisa lho mencoba kelas percobaan gratis EF dengan mengisi nomor telepon pada laman ini. Disini kamu akan belajar dengan berbagai metode belajar yang menyenangkan bareng guru-guru professional. Buruan daftar. kesempatan terbatas!

Sampai ketemu di kelas ya!