Menu
audio bahasa Inggris
Listening and Speaking

Belajar Fakta dalam Bahasa Inggris dengan Audio Gratis

tom thunder
Author
Tom Thunder
2022.08.12

Kamu sedang belajar bahasa Inggris? Seberapa dalam pengetahuan bahasa Inggris yang kamu miliki? Belajar bahasa Inggris ternyata tidak hanya belajar mengenai tata bahasa atau kemampuan reading, listening, writing, dan speaking, loh. Ada beberapa hal yang harus kamu tahu, seperti fakta-fakta menarik dalam bahasa Inggris. 

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Sampai sekarang ternyata ada banyak fakta-fakta bahasa Inggris yang sangat menarik. Penasaran apa saja? Simak terus artikel ini ya, Tom akan memberitahukan beberapa fakta menarik tentang bahasa Inggris. Sebelum itu, Yuk sama-sama mendengarkan audio di bawah ini. 

Fakta menarik bahasa Inggris

  1. Bahasa Inggris bahasa ketiga paling umum digunakan di dunia 

    Tahukah kamu bahwa bahasa Inggris bukan merupakan bahasa pertama yang paling umum digunakan di dunia? Bahasa Inggris menempati posisi ketiga dari bahasa yang paling umum digunakan di dunia. Ternyata peringkat pertama bahasa yang paling umum digunakan di dunia adalah bahasa Mandarin, loh. Kemudian peringkat kedua bahasa yang paling umum digunakan adalah bahasa Spanyol.  

  2. Kata tertua bahasa inggris adalah “I”  

    Kata tertua dalam bahasa Inggris adalah “I”, “I” juga merupakan kata tersingkat dalam bahasa Inggris. Nah, apakah kamu tahu bagaimana pemakaian “I” dalam sebuah kalimat? Berikut adalah contoh penggunaan “I” dalam kalimat. 

    I like apples (saya suka apel)  

  3. Hanya ada 2 kata dalam bahasa inggris modern yang berakhiran dengan
    –gry

    Ternyata hanya ada dua kata dalam bahasa Inggris modern yang berakhiran dengan huruf –gry, yaitu Angry yang berarti ‘marah’ dan Hungry yang berarti ‘lapar’. 

    English fact

  4. Kebanyakan kata dalam bahasa inggris dimulai dengan huruf s 

    Nah, tahukah kamu kebanyakan kata dalam bahasa Inggris ternyata dimulai dengan huruf ‘S’. Apakah kamu tahu kata-kata bahasa Inggris yang dimulai dari huruf “S”? Berikut beberapa contoh kata-kata bahasa Inggris yang dimulai dengan huruf “s”. 

    See (I see with my eyes): Saya melihat dengan mata saya 

    Smile (he likes to smile): Ia suka tersenyum 

  5. Almost (hampir) adalah kata terpanjang dalam bahasa inggris yang susunan huruf pembentuknya sesuai dengan urutan alfabet

    I almost forgot to bring my keys ( Saya hampir lupa membawa kunci) 

  6. Kalimat lengkap terpendek adalah “I am” yang artinya “saya adalah”

    A: Are you Lisa? (Apakah kamu Lisa?)

    B: I am. (Ya, saya adalah Lisa)

  7. Uncopyrightable adalah kata terpanjang dalam bahasa inggris yang tidak menggunakan satu pun kata yang berulang. Artinya adalah tak bisa mendapatkan hak cipta

  8. Dalam bahasa inggris huruf pertama dari bulan Juni sampai Desember jika di satukan dan dieja bersama menjadi “JASON”

    July, August, September, October, November

  9. Tahukah kamu bahwa kata listen yang berarti ‘dengar’ atau ‘mendengarkan’ dibentuk dari huruf yang sama dengan kata silent yang artinya ‘diam atau sunyi’. Menarik, bukan? 

  10. Kalimat berikut memiliki seluruh 26 huruf dalam alfabet.

    “The quick brown fox jumps over lazy dog” 

    Kalimat ini sering digunakan untuk menguji mesin tik atau papan ketik. Secara harfiah artinya “rubah coklat yang cepat melompati anjing malas”. 


Itu tadi beberapa fakta menarik tentang bahasa Inggris. Bagaimana? Belajar bahasa Inggris sangat menyenangkan, bukan? Yuk, latih terus kemampuan bahasa Inggris kamu dan bergabung dengan Free Demo Class EF. Di sini kamu akan diajarkan materi-materi yang seru-seru oleh guru-guru yang tentunya profesional di bidangnya, loh. 

Jadi, tunggu apalagi? Gabung sekarang, Yuk!😉