Menu
Angka romawi dalam bahasa Inggris
Reading and Writing

Angka Romawi dan Penyebutan dalam Bahasa Inggris

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.12.15

Apakah kamu pernah melihat jam tangan atau jam dinding dengan tulisan angka romawi? Atau kamu juga pernah melihat halaman buku atau penulisan nomor di beberapa tempat dengan angka romawi? Sebenarnya, apa itu angka romawi?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Sesuai dengan namanya, angka romawi ini berasal dari Romawi kuno yang menggunakan huruf latin untuk melambangkan angka numeriknya. Dalam bahasa Inggris, angka Romawi dikenal dengan “roman numerals”. Biasanya kita akan melihat penulisan nomor Romawi seperti I, II, IV, dan seterusnya.

Terdapat tujuh huruf latin yang dikombinasikan dalam penulisan angka Romawi. Untuk mengetahui apa saja angka Romawi tersebut, yuk kita pelajari bersama dan ketahui cara penyebutan angka Romawi dalam bahasa Inggris yang benar!

angka romawi

Angka Romawi “I”

Penyebutan angka Romawi “I” terbilang sangat mudah dan dikombinasikan untuk angka 1, 2, dan 3.

Cara penyebutan angka Romawi 1 yaitu dengan mengeja huruf “I” satu kali.

Kemudian, untuk menyebutkan angka Romawi 2 yaitu dengan mengeja huruf “I” sebanyak dua kali, dan cara penyebutan angka Romawi 2 yaitu dengan mengeja huruf “I” sebanyak tiga kali.

Angka Romawi “V”

Huruf “V” adalah penyebutan dari angka 5. Lalu, kenapa angka 4 ditulis dengan angka Romawi IV? Ternyata cara untuk penyebutan angka Romawi 4 yaitu dengan melihat “I” sebagai angka 1, dan “V” sebagai angka 5. Berdasarkan hal ini dapat disimpulkan bahwa “I” adalah satu angka sebelum “V”, yaitu 4.

Begitu pun seterusnya hingga bilangan ke-8, yang dimulai dari:

V = 5 (angka Romawi 5)

VI = 6 (angka Romawi 6)

VII = 7 (angka Romawi 7)

VIII = 8 (angka Romawi 8)

cara baca angka romawi

Angka Romawi “X”

Huruf “X” digunakan sebagai angka 10. Cara penyebutannya dari “X” sama dengan penyebutan angka Romawi “V” untuk bilangan Romawi lainnya seperti:

IX = 9 (angka Romawi 9)

X = 10 (angka Romawi 10)

XI = 11 (angka Romawi 11)

XII = 12 (angka Romawi 12)

Setelah kita menggunakan angka X sebagai 10, maka XX adalah bilangan 20. Kenapa begitu? Karena 10 + 10 adalah 20, sehingga angka romawi XX adalah 20. Hal ini juga berlaku untuk XXX yang diartikan sebagai angka 30.

Jika kita ingin menambahkan angka lima setelah 20 maka dapat ditulis dengan XXV yang artinya 25.

Angka romawi “L”

Cara penyebutan angka Romawi L dalam bahasa Inggris sama seperti mengeja huruf “L”. Angka Romawi ini digunakan untuk angka 50. Berdasarkan konsep yang sudah kita pelajari di atas maka dapat kita tuliskan untuk angka Romawi lainnya sebagai berikut:

XL = 40

LI = 51

Notes: penyebutan angka Romawi sama dengan mengeja huruf tersebut dalam bahasa Inggris

Angka Romawi “C”

Huruf “C” digunakan untuk melambangkan angka 100. Namun untuk menulis angka 90 kamu juga perlu menyebut dan menuliskannya dengan angka Romawi XC.

Angka Romawi “D”

Huruf “D” digunakan untuk melambangkan angka 500. Namun untuk menulis angka 400 kamu juga perlu menyebut dan menuliskannya dengan angka Romawi CD yang artinya 100 sebelum 500 yaitu 400.

Angka romawi “M”

Huruf “M” adalah angka Romawi terakhir yang melambangkan angka 1000.

Pertanyaannya adalah, ketika kita ingin menyebut angka 1500 maka bagaimana cara menulis dan menyebutkannya?

Sesuai dengan konsep yang telah disebutkan di atas, maka kita dapat menulis dan menyebutnya dengan angka Romawi MD = 1500.

Satu tips penting dalam menyebut angka Romawi dalam bahasa Inggris yaitu setiap penulisan seperti “I” hanya digunakan paling banyak 3. Begitu pun dengan huruf romawi lainnya seperti C untuk MDCCC yang artinya 1800, atau XCVIII untuk angka 98.

Apakah sekarang kamu sudah paham tentang angka Romawi dan cara penyebutannya dalam bahasa Inggris? Tentunya kita dapat mengeja angka tersebut sesuai hurufnya dalam bahasa Inggris, misalnya ai untuk I, dan seterusnya.

Nah, sekarang kita sudah mempelajari cara untuk menyebut angka Romawi dalam bahasa Inggris. Jika kamu tertarik untuk belajar bahasa Inggris lebih dalam lagi, ikut kelas demo GRATIS di EF yuk!

Di sini kamu akan diajarkan cara belajar dengan cepat dan mudah oleh guru-guru yang profesional.

 Sebelum kehabisan tempat, DAFTAR sekarang juga! 😉

Ben Small Stars
Author
Ben