Menu
penyu
News and Lifestyle

5 Alasan Kenapa Penyu Adalah Hewan Unik

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.05.22

Siapa yang pernah melihat dan menyentuh penyu secara langsung? Eits, jangan sampai keliru dengan kura-kura ya! Mereka dua hewan yang berbeda, loh! Kedua hewan ini punya ciri khas yang unik baik dari segi fisik sampai kebiasaannya. Tapi untuk merayakan Hari Penyu dan Kura-kura Sedunia kali ini, Tom mau ajak kamu melihat penyu dan jalan-jalan ke lokasi konservasi penyu! Mau ikut?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Tanggal 23 Mei diperingati sebagai Hari Penyu dan Kura-kura Sedunia. Tahukah kamu kalau penyu dan kura-kura adalah dua hewan berbeda? Dari segi fisik, keduanya terlihat mirip karena sama-sama punya “rumah”. Tapi kalau kamu lihat lebih detail, keduanya punya bentuk kaki yabg berbeda. Keempat kaki kura-kura punya kuku yang tajam karena mereka menghabiskan sebagian besar hidupnya di darat. Sedangkan penyu punya bentuk kaki yang lebih mirip seperti sirip karena mereka hidup di laut.

Selain bentuk kaki, yuk simak keunikan penyu yang lain!

Penyu berasal dari zaman dinosaurus masih ada di bumi. Artinya, mereka sudah ada sejak lebih dari 200 juta tahun yang lalu!
Cangkang penyu adalah bagian dari kerangka mereka. Mereka punya lebih dari 50 tulang yang menyatu dengan tubuhnya.
Tidak seperti siput atau kelomang yang bisa keluar dari cangkangnya, Cangkang penyu tumbuh bersama mereka. Jadi, saat mereka tumbuh besar, cangkangnya juga ikut tumbuh!
Penyu dan kura-kura tidak punya gigi. Tapi, mereka punya selubung yang terbuat dari keratin yang membantu mereka mengunyah makanan. Keratin adalah material yang sama seperti kuku jari kita.
makanan penyu
Penyu adalah hewan berdarah dingin yang punya umur panjang. Ada yang usianya sampai 188 tahun!

Mana fakta yang baru kamu tahu?

Baca juga: World Wildlife Day. 6 Hewan Langka Ini Dilindungi, Loh

Jadi semakin penasaran nggak dengan penyu? Mau melihat langsung hewan eksotis ini dan mencari tahu lebih jauh tentang habitat penyu? Kalau iya, kita beruntung nih karena Indonesia punya banyak tempat penangkaran penyu yang bisa dikunjungi. Ada apa saja ya?

📍 Penangkaran Penyu Pantai Sukamade di Banyuwangi

📍 Penangkaran Penyu Deluang Sari, di Tanjung Benoa

📍 Penangkaran Penyu Pengumbahan di Ujung Genteng Sukabumi

📍 Penangkaran Penyu Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu

Siap berwisata ke tempat konservasi penyu untuk mengisi liburan kali ini? Pasti seru karena kamu bisa bermain bersama satwa lucu ini sambil mempelajari habitatnya. Tapi, kalau kamu tidak sempat pergi ke lokasi konservasi, Tom punya ide lain agar liburanmu tetap menyenangkan dan juga bermanfaat. Kamu bisa ikut program EF Holiday Academy 2023 dan pilih kelas yang sesuai minatmu. Oh iya, program ini tersedia di sekolah EF di seluruh Indonesia, lho! Jadi tidak perlu khawatir.

Sudah siap ikut kelas Bahasa Inggris 2 minggu dan bertemu teman baru DAN bersenang-senang?

Sampai jumpa di kelas!