Menu
perpustakaan nasional
News and Lifestyle

5 Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Perpusnas

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.07.21

Selamat Hari Pustakawan! Pustakawan adalah pahlawan yang berada di balik rak perpustakaan. Saat berkunjung ke perpustakaan pasti kalian akan dibantu oleh pustakawan dalam mencari buku yang dibutuhkan. Kira-kira selain membaca buku, kegiatan apa saja yang bisa kamu lakukan di perpustakaan terutama Perpustakaan Nasional Republik Indonesia?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Siapa di sini pecinta buku dan pengetahuan? Apakah kamu pernah memikirkan tempat di mana bisa menikmati petualangan tak terbatas dalam dunia kata-kata? Jika iya, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) adalah destinasi yang tepat untuk kamu.

Kali ini Tom akan ajak kamu untuk menjelajahi Perpusnas. Jangan bayangkan perpustakaan ⭷ itu membosankan! Perpusnas menawarkan berbagai kegiatan seru yang akan memanjakan kalian para bookworm. Mari kita telusuri beberapa kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan di Perpusnas.

Belajar bersama anak

perpustakaan anak

Buat kamu EFriends atau EF parents yang ingin membawa anak kecil ke Perpusnas, jangan khawatir! Di Lantai 7 ada Ruang Layanan Anak. Di sini, anak-anak bisa asyik membaca buku sambil berinteraksi dengan teman sebaya.

Nah, yang membuat beda, ruangan ini dilapisi karpet yang nyaman. Ada juga bantal duduk empuk, jadi anak-anak bisa duduk atau malah tiduran di bantal.

Area ini punya koleksi buku yang lengkap. Mulai dari ensiklopedia, buku bahasa, hingga buku agama, semuanya ada! Dan tentunya bukunya dilengkapi gambar yang ceria dan membuat anak-anak senang. Selain buku, di ruangan ini juga ada mural dengan gambar dongeng dan fabel yang seru banget.

Di sebelah kanan ruangan ada panggung kecil yang biasa digunakan untuk pertunjukan mini seperti storytelling atau sulap. Seru banget!

Oh iya, sebelum masuk ruangan ini, jangan lupa untuk melepas alas kaki ya!

Menonton film/video

menonton film

Kata siapa di perpustakaan cuma bisa membaca buku? Di Perpusnas, ada satu tempat yang sangat keren untuk menonton film, yaitu ruang audio visual di lantai 8. Kamu bisa mencari film favoritmu di rak yang ada di sana, lalu membawa film itu ke meja petugas untuk diperiksa. Setelah itu, kamu bisa langsung duduk santai di depan komputer dan menonton film yang sudah kamu pilih. Ada banyak pilihan film mulai dari film dokumenter yang seru, film fantasi yang buat terkagum-kagum, kartun lucu yang nggak ada matinya, sampai film-film jadul yang bikin nostalgia. Wah, seru banget kan?

Jadi, kalau kamu mau nonton film seru dan ingin menghabiskan waktu dengan cara yang beda, jangan lupa mampir ke ruang audio visual di Perpusnas lantai 8. Dijamin deh, kamu akan dapat pengalaman nonton yang beda!

Mengerjakan tugas

ruang kerja

Kalau yang satu ini pasti semua sudah tahu ya. Di Perpusnas ada banyak spot nyaman untuk mengerjakan tugas atau bekerja. Kalau kamu ingin stay di Perpusnas sampai malam, ada working space keren di lantai 19. Ruangannya luas dan sudah disediakan komputer untuk kamu uyang tidak membawa laptop sendiri.

Yang harus kamu ingat, fasilitas ini hanya bisa dinikmati oleh anggota Perpusnas. Jadi, pastikan kamu mempunyai kartu anggota dulu ya!

Membaca santai

ruang membaca

Di Perpusnas terdapat lantai 21 dan 22. Kedua lantai ini isinya buku-buku bacaan santai, seperti novel dan komik. Di sini kamu akan menemukan koleksi novel yang lengkap banget. Ada berbagai genre, mulai dari roman, fantasi, misteri, sampai drama percintaan. Jadi, bisa pilih sesuai selera dan nikmatin cerita seru dalam buku-buku ini. Kamu bisa membaca sambil bersantai di tempat duduk hingga bean bag yang disediakan di sini.

Jadi, kalau kamu lagi butuh waktu santai dan ingin menikmati bacaan ringan, jangan lupa mampir ke Lantai 21 dan 22 di Perpusnas. Siap-siap buat terhanyut dalam dunia cerita yang seru dan bikin kamu terhibur!

Melihat pemandangan dari ketinggian

gedung perpustakaan

EFun Fact: Perpusnas adalah salah satu perpustakaan yang paling tinggi di dunia lho!

Kalau kamu mau menikmati pemandangan gedung pencakar langit Jakarta, nightview atau reading with a view, langsung saja naik ke lantai 24.

Jika kamu ingin melihat pemandangan, sebaiknya datang ke Perpusnas mulai sore hari. Kamu bisa melihat senja, sambil menyambut malam dengan pemandangan megah nan cantik dari lantai paling atas Perpusnas.

Seru bukan? Bisa melihat pemandangan Jakarta yang yang cantik dari ketinggian sambil membaca buku. Untuk kamu yang suka lihat gemerlap kota di malam hari, ini tempat yang must-visit untuk kamu!

Perpusnas adalah surga bagi pecinta buku dan petualangan. Dari membaca buku favorit hingga menonton film bisa dilakukan di sini. Perpusnas menawarkan berbagai kegiatan seru untuk kamu dan teman. Jadi, jangan ragu untuk mengunjungi Perpusnas, Ingat, kamu juga harus membuat kartu keanggotaan agar bisa menikmati fasilitas eksklusifnya. Pembuatannya gratis lho! Jangan bingung karena ada pustakawan yang pastinya akan membantu kamu selama di Perpusnas.

EFriends, tempat belajar tidak cuma di perpustakaan ya! Kamu bisa belajar di tempat lain, kok! EF punys tmpat yang tidak kalalh keren dari Perpusnas.

Di EF kamu juga bisa lho belajar berbagai macam pengetahuan. Ada kegiatan outdoor dan indoor yang akan menambah kesenangan kamu dalam belajar Bahasa Inggris. Jadi tunggu apa lagi? Ayo daftarkan dirimu dan ikuti keseruan kelasnya! Sstt, ada p loh! Ambil sekarang yuk!