Menu
kamus bahasa inggris
Education Advice

Tips Memilih Kamus Bahasa Inggris

2020.04.26

Untuk seseorang yang masih belajar bahasa inggris dasar, tentunya akan ada satu benda yang selalu dibutuhkan, yaitu kamus. Biasanya, kita akan membeli kamus bahasa inggris ini di toko buku langganan kita. Namun, terkadang kita akan mengalami kesulitan untuk memilih kamus mana yang paling pas untuk kita.

Nah, untuk yang mengalami masalah seperti ini, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diterapkan saat akan memilih kamus bahasa inggris:

1. Sesuaikan Usia

Jika ingin membeli kamus untuk adik kita yang masih kecil, sebaiknya pilihlah kamus bergambar. Kamus ini akan membuat adik kita akan semakin semangat untuk membuka dan membaca kamusnya. Sehingga, akan memudahkan kita untuk mengajarkannya bahasa inggris. Sementara, jika pengguna kamus ini adalah remaja atau yang lebih dewasa lagi, bisa menggunakan kamus biasa yang hanya berisi tulisan. Cobalah untuk membuka kamus dan melihat font yang digunakan serta kelengkapan isi kamus, misalnya seperti daftar regular verb dan daftar irregular verb.

2. Sesuaikan Kebutuhan

Jenis dan ukuran kamus sangatlah beragam, dari mulai kamus pocket yang berukuran kecil agar praktis dibawa, hingga kamus yang berukuran cukup besar dan tebal. Tentunya, semakin kecil ukuran kamus akan berdampak pada ukuran tulisan dan kelengkapan kamus. Karena itulah, ada baiknya jika kita memiliki kamus pocket untuk dibawa bepergian, dan kamus ukuran standar untuk digunakan saat dirumah.

3. Sesuaikan Budget

Pilihlah kamus yang memiliki harga sesuai dengan kemampuan kita. Jangan memaksa untuk membeli kamus berharga mahal hanya karena cover-nya terlihat lebih menarik atau karena merasa harga mahal artinya kamus tersebut paling bagus dibandingkan dengan yang lainnya.

Tidak ada salahnya jika kita meminta referensi kamus yang bagus menurut kerabat atau guru bahasa inggris kita. Namun, kebutuhan kamus pada setiap orang sebenarnya akan berbeda. Karena itulah meskipun meminta referensi bukan berarti kita harus menggunakan sesuai referensi. Tetaplah untuk menyesuaikannya dengan usia, kebutuhan, dan budget yang kita miliki untuk membeli sebuah kamus.

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku