Menu
tips lulus ujian sekolah
Education Advice
2020.05.06

Ujian bagi beberapa murid masih dianggap sebagai momok. Padahal tidak seharusnya begitu. Salah satu alasan tentunya karena ujian adalah penentuan dari kenaikan kelas atau lulus tidaknya murid di sekolah. Namun, tentunya tidak semua murid dapat memahami mata pelajarannya. Ada yang memang sulit memahami satu pelajaran tapi unggul di pelajaran lain. Lalu, bagaimana mengatasinya? Tips berikut akan coba membantu kamu untuk lulus dalam ujian di sekolah.

Mengulas Pelajaran

tips lulus ujian sekolah

Tips pertama ini pasti sudah sering dilakukan oleh banyak murid. Tapi kesalahannya adalah murid selalu mengulas semua hal yang dipelajarinya dengan porsi yang sama. Kamu pasti memahami beberapa subbab dalam satu pelajaran. Misal kamu unggul dalam subbab antropologi dalam mata pelajaran IPS namun kamu tidak terlalu unggul dalam subbab sejarah. Hal yang perlu kamu lakukan adalah membagi porsi belajar. Berikan porsi besar pada pelajaran yang tidak kamu pahami dan berikan porsi sedikit pada pelajaran yang sudah cukup kamu kuasai. Cari tahu alasan kamu lemah dalam subbab atau pelajaran tersebut dan cari celah agar kamu bisa memahaminya. Mungkin salah satu alasan kamu tidak memahami pelajaran yang kamu pelajari adalah adanya miskomunikasi antara kamu dengan guru atau mungkin kamu sedang dalam keadaan tidak bisa fokus ketika pelajaran diterangkan.

Bertanya Pada Guru Jika Ada yang Tidak Paham

tips lulus ujian sekolah

Jika mengulas pelajaran yang dilakukan diri sendiri masih tidak efektif, cobalah bertanya pada gurumu. Jangan pernah sungkan untuk bertanya kepada guru jika memang tidak memahami pelajarannya. Guru akan senang hati menjelaskan kepadamu hal yang tidak kamu pahami. Jika kamu tidak bisa menanyakannya ketika pelajaran sedang berlangsung, cobalah temui gurumu ketika ada waktu luang. Setiap guru memiliki metode mengajar yang berbeda. Bila kamu merasa metodenya kurang cocok denganmu, kamu bisa menanyakan pelajaran pada guru lain yang memiliki bidang pelajaran yang sama.

Terus Berlatih Mengerjakan Soal

tips lulus ujian sekolah

Hal paling efektif untuk memahami kemampuanmu adalah dengan terus-menerus melakukan latihan mengerjakan soal. Dari latihan mengerjakan soal ini, kamu jadi mengetahui kelemahanmu dalam pelajaran. Ketika sudah mengetahuinya, kamu dapat fokus mengulas pelajaran yang tidak kamu pahami. Biasanya soal-soal yang muncul dalam ujian tidak akan jauh dari soal-soal latihan yang kamu kerjakan. Coba untuk memperhatikan kisi-kisi yang diberikan oleh gurumu untuk membatasi apa yang perlu kamu pelajari.

Melatih Kemampuan Mendengarkan

tips lulus ujian sekolah

Latihan ini adalah latihan khusus yang perlu dilakukan pada mata pelajaran bahasa, terutama bahasa Inggris. Berbeda dengan ujian yang soalnya tertuang dalam bentuk tulis, soal mendengarkan atau biasa disebut listening ini lebih unik. Kamu harus mendengar soal dan pilihan jawaban yang akan kamu pilih. Untuk melatih kemampuan ini agak berbeda dengan latihan soal biasanya. Kamu harus lebih sering mendengar percakapan dari pembicara agar melatih kemampuan mendengar kamu. Kamu juga bisa melatihnya dengan cara mendengarkan musik dan mencoba menulis lirik yang kamu dengar. Itu akan memengaruhi kemampuan mendengarmu karena kamu sudah menjadi lebih terbiasa mendengarkan orang berbicara. Khusus untuk soal jenis ini, kamu memang harus sedikit latihan lebih keras.

Nah dari tips di atas, seharusnya kamu tidak perlu takut lagi dalam mengerjakan ujian sekolah. Cobalah bersikap tenang dan rileks saat ujian menjelang dan saat ujian berlangsung karena itu akan menjaga konsentrasi kamu. Ujian bukanlah momok. Ujian hanyalah tentang mengulas pelajaran yang sudah kamu pelajari. Soal-soal yang keluar tidak mungkin melebihi batasmu. Jangan lupa berdoa dan terus berusaha.