Menu
tips listening
Listening and Speaking

Tips Belajar Listening untuk Remaja

listening tipstips belajar
2020.08.31

Melatih kemampuan listening bagi sebagian remaja merupakan hal yang cukup sulit. Tetapi tidak ada yang tidak bisa kamu lakukan jika memiliki niat dan tahu tips belajar yang tepat. Kira-kira seperti apa tips belajar listening untuk remaja yang dapat kamu tiru?

Ketika belajar bahasa Inggris, kamu dituntut untuk menguasai segala aspek seperti reading, writing, speaking, dan listening. Tentu semuanya saling berkaitan dan memiliki tantangan tersendiri. Biasanya, bagian yang paling sulit adalah speaking dan listening. listening menjadi sulit karena orang tidak terbiasa mendengar sesuatu dalam bahasa Inggris, terutama percakapan sehari-hari.

Untuk itu, saat belajar listening kamu butuh niat dan tekad yang kuat agar kemampuanmu terus bertambah. Agar kamu semakin semangat belajar, artikel kali ini akan memberikan tips belajar listening untuk remaja. Yuk, simak pada daftar di bawah ini!

Kursus di EF cuma 1 juta-an?

Cuma di awal tahun 2021, kamu bisa gabung di EF mulai dari 1.2 juta Rupiah + potongan harga khusus*! Isi data dirimu pada kolom di bawah ini sekarang!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

1. English Listening Material

belajar listening dengan podcast

Melatih kemampuan listening butuh dilakukan setiap hari dan dalam jangka waktu yang panjang. Agar belajar semakin praktis, kamu bisa mengunduh materi listening pada teleponmu. materi seperti apa yang cocok? Tentu saja podcasts. Sekarang ini tren podcasts sedang naik-naiknya.

Banyak materi berbahasa Inggris yang dapat diunduh dan dengarkan kapanpun kamu mau. Beberapa list podcasts yang bisa kamu dengarkan adalah Culips ESL Podcast, Effortless English Podcast, The Filmcast, and The School of Greatness.

2. Manfaatkan Waktu

belajar listening kapanpun

Dalam 24 jam sehari, pasti banyak waktu luang yang bisa kamu manfaatkan untuk tetap produktif. Contohnya seperti saat sedang menunggu bus, memasak, membersihkan rumah, dan hal lainnya yang tidak terlalu membutuhkan konsentrasi tinggi bisa kamu manfaatkan untuk belajar listening.

Kamu dapat mendengarkan podcast yang sudah diunduh tadi sambil tetap melakukan aktivitas lainnya. Ide yang sangat cerdas bukan? Inilah cara meningkatkan kemampuanmu bahkan ketika kamu sedang sibuk.

3. Buatlah Aktivitas Belajar Menjadi Menyenangkan

belajar listening dengan aktivitas yang menyenangkan

Remaja suka menghabiskan waktu dengan hal-hal yang menyenangkan seperti bermain, membuka media sosial, menonton dan lainnya. Jika kamu juga ingin bisa menghabiskan waktu dengan belajar listening, maka buatlah kegiatan tersebut menjadi menyenangkan.

Caranya bagaimana? Gampang sekali, kamu dapat menonton YouTube yang kontennya berbahasa Inggris. Banyak sekali bukan konten menarik di platform tersebut? Selain itu, kamu juga dapat menonton film yang berbahasa Inggris. Saat ini akses untuk menonton film secara legal sudah banyak sekali. Kamu bisa pilih yang sesuai dengan kantong.

4. Kuasa Poin Penting

belajar listening dengan menguasai poin penting

Bagi kamu yang masih tahap awal belajar listening, tidak mengerti keseluruhan isi pembicaran adalah hal yang wajar. Tapi coba ambil poin penting dari keseluruhan isi pembicaraan dengan cara fokus pada kata-kata yang biasanya akan diucapkan oleh speaker dengan intonasi yang ditekan.

Jangan dipaksa untuk mengerti setiap kata yang kamu dengar, karena yang paling penting adalah menyimak keseluruhan pembicaraan dan mengambil intinya. Kalau kamu fokus pada setiap kata, yang ada malah kamu akan tertinggal pembicaraan lainnya.

5. Dengarkan, Baca dan Ucapkan

belajar listening dengan mendengarkan, baca, lalu ucapkan

Coba dan temukan berbagai cara untuk melatih kemampuan bahasa Inggris. Jangan hanya membaca, tetapi juga ucapkan. Begitupula saat sedang belajar listening. Jangan hanya mendengar tapi juga coba baca dan ucapkan. Maka otak kamu akan mereka kata tersebut dengan sempurna.

Saat kamu mendengarkan kata itu lagi, otak otomatis akan mengingat dan kamu jadi lebih cepat memahami percakapan yang sedang terjadi. Praktis sekali bukan?

5 tips belajar listening untuk remaja di atas bisa kamu terapkan agar kemampuan bahasa Inggrismu selalu meningkat. Ingin tahu listening tips lainnya? Buruan cek EF Blog khususnya Listening and Speaking section.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan kesempatan khusus untuk mendapatkan kelas demo gratis dari EF dan merasakan pengalaman untuk belajar bersama guru profesional dengan metode belajar yang menyenangkan. EF menyediakan kelas untuk kamu yang ingin melancarkan kemampuanmu dalam bahasa Inggris, seperti speaking, listening, bahkan hingga reading dan writing.

Yuk, klik tombol di bawah ini untuk mencoba kelas demo gratis dari EF!