Menu
pronunciation tips
Listening and Speaking

Terdengar Mirip, Pelajari Pronunciation untuk Kata-Kata Ini

Ben Small Stars
Author
Ben
2022.03.01

Apakah saat ini kamu sedang kesulitan bagaimana cara pronunciation yang benar? Belajar pronunciation merupakan hal yang paling penting saat berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Apalagi jika kita sedang berbicara dengan native speaker dan salah mengucapkan kata tersebut, bisa jadi membuat mereka kebingungan. Jadi, apa yang dimaksud dengan pronunciation?

Meningkatkan kemampuan pronunciation adalah hal yang harus kita pelajari agar dapat menghindari kesalahpahaman yang ditafsirkan oleh lawan bicara. Coba bayangkan jika kamu mengucapkan kata describe this word for me dan ternyata kata word yang kamu utarakan terdengar seperti world maka pendengarnya pun bukan menjelaskan kata tapi malah menjelaskan tentang dunia kepada kamu.

Selain itu, belajar pronunciation yang baik adalah salah satu aspek yang akan menjadi penilaian saat berbicara karena peonunciation adalah kesan pertama yang ditangkap lawan bicara saat berbicara dalam bahasa Inggris. Bahkan mereka pun akan menilai sejauh mana kemampuan bahasa Inggris kamu dengan melafalkan beberapa kata yang tergolong mudah.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Pada dasarnya, pronunciation adalah cara yang kita gunakan untuk mengucapkan kata dalam bahasa Inggris. Jika dalam bahasa Indonesia kita hanya memiliki dua sistem bunyi vokal a, i, u, e, o, dalam bahasa Inggris kita akan mengucapkan banyak jenis huruf vokal seperti æ, e, ǝ, ɔ, ɑ, ɒ, ɜ, i, ʊ, u, Ʌ, I. Tentunya bunyi vokal tersebut tidak mudah dilafalkan bagi yang belum terbiasa.

Oleh karena itu, kita harus mempelajari dan berlatih pronunciation dengan benar. Apa saja yang dipelajari dalam pronunciation? Salah satunya yang bisa kamu pelajari yaitu dengan membedakan cara mengucapkan kata yang terdengar sama. Untuk mengetahui cara pengucapannya, berikut speaking tips yang bisa kamu praktikkan dengan mudah.

Work Vs Walk

Kedua kata ini kerap terdengar mirip ketika diucapkan. Meskipun mirip, kata work dan walk memiliki arti yang berbeda loh. Jangan sampai kamu salah menyebutnya karena bisa saja membuat orang salah paham seperti contoh di bawah ini:

A: What are you doing here?

B: I'm working on my tasks.

A: I mean, why are you walking in the evening? Why?

B: I'm working over time. Why do you ask?

A: Wait, do you mean "working" not "walking"?

B: Yes, pardon me, what did you catch?

A: I think what you said "walking". My bad.

Agar tidak keliru seperti contoh percakapan di atas, kamu perlu membedakan bagaimana cara mengucapkan kata work dan walk. Berikut ini cara pengucapan work dan walk yang benar.

Word Vs World

Word dan world adalah dua kata yang memiliki arti berbeda, namun cara pelafalannya terdengar mirip.

Apabila kita keliru mengucapkan salah satunya maka akan terdengar janggal. Misalnya kamu sedang menyerukan kampanye untuk melestarikan bumi dengan kalimat “preserve the world” menjadi “preserve the word”. Kira-kira bagaimana reaksi pendengar setelah mendengarnya? Pasti akan sangat membingungkan, ya?

Oleh karena itu, kamu bisa berlatih cara pronunciation yang benar berdasarkan audio ini.

Tick Vs Thin

Tick dan thin memiliki dua arti yang berbeda. Tick biasa diartikan sebagai kutu atau tanda, sedangkan thin adalah tipis/tebal/kurus.

Umumnya kedua kata ini memang mudah untuk diucapkan, namun bagi kamu yang pemula perlu untuk berlatih mengucapkan kata tick dan thin agar kemampuan speaking menjadi semakin baik. Berikut cara pronunciation tick vs thin.

Chuck Vs Truck

Chuck artinya adalah membuang/melemparkan/mengusap atau usapan, sedangkan truck artinya adalah kendaraan truk. Jika kita melafalkan atau mendengarnya terbalik seperti truck sebagai chuck atau chuck sebagai truck maka artinya pun akan terasa janggal.

Oleh karena itu, kemampuan speaking dan listening sangat penting untuk dikembangkan. Salah satunya bisa kamu dengarkan perbedaan chuck dan truck dengan contoh di bawah ini.

Fear Vs Fair

Bayangkan ketika kamu mendengar seseorang berbicara we must be fair menjadi we must be fear, kira-kira apa yang terjadi setelahnya? Begitu pun sebaliknya.

Berikut listening dan speaking tips yang perlu kamu perhatikan untuk pelafalan fear vs fair.

Selain kata yang sudah dijelaskan di atas, masih banyak beberapa kata lainnya yang terdengar mirip. Pastikan kamu terus meningkatkan kemampuan speaking dan listening agar pronunciation menjadi semakin sempurna.

Apabila kamu membutuhkan guru bahasa Inggris yang bisa mengajarimu cara pronunciation dengan cepat dan mudah, EF menyediakan kelas demo GRATIS serta promo menarik khusus untuk kamu.

Kapan lagi bisa belajar bahasa Inggris hemat tanpa harus mahal? Yuk, daftarkan diri kamu sekarang juga! 😉

 

Ben Small Stars
Author
Ben