Menu
grammar bahasa inggris

Tentang Grammar Bahasa Inggris

grammar
2020.05.08

Grammar adalah himpunan dari aturan-aturan yang terstruktur yang mengatur susunan kalimat, frase, dan kata dalam bahasa apapun.

Di dalam tata bahasa Inggris ada tiga dasar tata bahasa, yaitu:

1. Etimologi

Etimologi adalah ilmu yang mempelajari tentang cara penyusunan huruf-huruf bahasa Inggris yang tepat ke dalam sebuah kata bahasa Inggris.

Dalam Etimologi, kata-kata bahasa inggris dikelompokkan ke dalam 8 bagian atau yang disebut dengan the Eight Parts of Speech. Kedelapan bagian tersebut adalah noun, adjective, verb, pronoun,adverb,preposition, conjuction, dan interjection.

2. Ortografi

Ortografi adalah sistem ejaan suatu bahasa atau gambaran bunyi bahasa yang berupa tulisan atau lambang. Ortografi antara lain meliputi masalah ejaan, kapitalisasi, pemenggalan kata, serta tanda baca.

Materi yang dibahas dalam orthography, yaitu:

  • Letter (huruf), merupakan lambang dari bunyi atau dalam arti yang lain disebutkan bahwa letter adalah tanda goresan yang diucapkan atau dibunyikan.

  • Word, merupakan rangkaian dari huruf-huruf yang membentuk sebuah arti, misalnya : take (mendapatkan), year (tahun).

  • Syllable (suku kata), merupakan bagian-bagian dari sebuah kata yang dapat langsung diucapkan, misalnya glass, book, clever. Syllable dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis, yaitu

    - Monosyllable, adalah kata kata yang terdiri dari satu suku kata saja, misalnya : book, bring, think, broom, clean, make, etc.

    - Disyllable, adalah kata kata yang terdiri dari dua suku kata, misalnya crazy,lazy, happy,like,etc

    - Trisyllable, kata kata yang terdiri atas tiga suku kata, misalnya: remember, happiness, etc

    - Polysyllable, adalah kata kata yang terdiri dari empat suku kata atau lebih,misalnya : determined, alocation, responsible, etc

3. Sintaks

Sintaks adalah ilmu yang mempelajari tentang cara penyusunan kata kata bahasa Inggris menjadi sebuah kalimat bahasa Inggris yang tepat dan sesuai atau dapat juga dikatakan bahwa syntax merupakan bagian dari tata bahasa yang mempelajari tentang proses pembentukan sebuah kalimat.

Suatu bahasa dilakukan dengan menggunakan suatu notasi tata bahasa bebas konteks (context-free grammar) atau untuk memudahkan disebut tata bahasa saja. Suatu tata bahasa secara alamiah menerangkan struktur hirarki dari banyak bentuk bahasa pemrograman.

Incorrect phone number
Dapat Diskon Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.