Menu
pendidikan internasional
News and Lifestyle

Selamat Hari Pendidikan Internasional! Yuk, Kenalan dengan Animator Dunia

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.01.24

Bagi kamu yang menyukai film animasi atau kartun, apa kamu sudah tahu siapa saja tokoh luar biasa yang menciptakan karakter-karakter lucu nan menggemaskan? Di Hari Pendidikan Internasional ini, saatnya kamu kenal lebih dalam tokoh inspiratif yang karyanya terkenal di seluruh dunia!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Tahukah kamu bahwa industri animasi telah berkembang pesat? Pasti kamu pernah menonton film dengan karakter kartun, seperti Mickey Mouse, Spongebob, dan karakter lainnya. Awal perkembangan industri ini dimulai di akhir tahun 1800an yang sekarang sudah bisa kamu nikmati di mana pun loh.

Tapi, sebelum Tom bahas lebih lanjut, yuk lihat video dari team EF!

hari pendidikan internasional

Sudah menonton video di atas?

Kembali ke pembahasan. Lalu, Siapa saja ya tokoh keren yang menciptakan karakter kartun yang mendunia? Berikut daftarnya!

1. Walt Disney

mickey mouse

Siapa tak kenal Disney? Animasi yang satu ini pasti sudah tak asing untuk kamu yang menyukai kartun. Dengan berbagai karakter lucu, seperti Mickey Mouse, Princess, Donal Duck, dan karakter lainnya. Walter Elias Disney memulai karirnya sebagai animator pada tahun 1920an di usia 18 tahun.

Produk pertama Walt Disney dan saudaranya adalah celana pendek bergambar Mickey Mouse. Setelah itu animasi kartun Disney mulai populer dengan seiring meningkatkan teknik IT yang semakin canggih. Di tahun 1935, Disney merilis film animasi pertamanya, yaitu Snow White & Tujuh Kurcaci. Hayo, siapa yang suka main putri salju waktu kecil?

Tiga puluh tahun kemudian, Disney sukses dengan puluhan film animasi yang sangat sukses. Saking suksesnya, Walt Disney masuk ke dalam 59 nominasi dan memenangkan 22 penghargaan loh!

2. Joseph Barbera & William Hanna

tom and jerry

Kedua tokoh ini memiliki keterkaitan yang sangat kuat berkenaan dengan kesuksesan mereka sebagai pendiri dan pemimpin di Hanna-Barbera Studio. Cikal bakal Warner Bros Studio.

Sejak tahun 1950an hingga tahun 2000an, Hanna-Barbera Studio sudah memproduksi ratusan film dan serial televisi. Sejumlah karakter kartun terkenal yang diciptakan dari studio ini adalah Tom & Jerry dan Scooby Doo. Pasti kamu sering menontonnya bukan?

3. Nick Park

sheep

Siapa yang suka animasi Shaun The Sheep? Nah, tokoh animator yang menciptakannya adalah Nick Park. Rupanya, Nick Park sudah menggambar sejak berumur 13 tahun sekaligus membuat film pertamanya dengan bantuan sang Ibu. Kemudian, di usia 15 tahun, ia menayangkan film animasi karyanya di kompetisi animator BBC.

Selain Shaun The Sheep, Nick Park juga menciptakan karakter animasi Wallace & Gromit, Creature Comforts, Chicken Run, dan Early Man. Cukup unik ya bentuk karakter animasinya? Soal penghargaan, tak usah diragukan lagi. Nick memperoleh belasan penghargaan dengan rata-rata kategori best short movie! Tak sia-sia bukan ia memulai film pendek pertamanya pada usia 13 tahun?

4. John Lasseter

frozen

John Lasseter memiliki dua peran sekaligus di Walt Disney dan Pixar, di mana ia berperan dalam memproduksi banyak film animasi sukses di tiga puluh tahun belakangan. Ia memiliki andil dalam pembuatan film Toy Story, A Bug’s Life, dan Cars sebagai sutradara atau penulis.

Tak hanya tiga film di atas, Lasseter juga terlibat dalam film Disney, seperti Moana, Frozen, dan Zootopia. Pasti kamu tahu film-film tersebut bukan?

5. Stephen Hillenburg

spongebob

Tokoh yang satu ini karyanya masih sering kamu jumpai dan bahkan kamu selalu menunggunya. Betul? Apa lagi kalau bukan Spongebob Squarepants! Yup, dibalik karakter Spongebob, Mr. Crabs, dan kawan-kawan, Stephen Hillenburg lah yang membuat animasi kartun ini.

Salah satu kartun di Nickelodeon ini sukses menjadi salah satu serial tv terlama dengan total 23 tahun mengudara sejak kemunculan episode pertamanya di tahun 1999. Adanya karakter kartun di dunia Bikini Bottom ini rasanya tak aneh jika kita melihat profesi Hillenburg. Yup, ia adalah seorang guru ilmu kelautan, penulis, direktur, sekaligus produser. Wah, pantas saja animasi yang ia ciptakan masih sesuai dengan latar belakangnya ya?

6. Tex Avery

bunny

Kamu tahu film Bugs Bunny dengan karakter seperti Looney Tunes, dan Daffy Duck? Yup, Tex Avery lah tokoh di balik karakter-karakter tersebut. Di masa keemasan animasi dan di bawah kepemimpinan Tax Avery, Warner Bros bisa menyaingi Walt Disney sebagai top poduser film pendek.

Tahukah kamu? Tex Avery sempat mengalami kecelakaan saat melakukan permainan di Studio Universal yang mengakibatkannya kehilangan penglihatan. Tapi Avery tidak menyerah dan bahkan tetap berkarier.


Mereka yang mendedikasikannya waktunya untuk belajar, berkembang, hingga akhirnya sukses pasti sudah melewati banyak hal. Namun, apa pun yang terjadi, mereka tetap terus melangkah, bahkan semakin kreatif dan pantang menyerah.

Kalau orang lain bisa, kamu juga harus bisa! Tenang, ada banyak cara kok untuk meningkatkan kemampuanmu, salah satunya adalah dengan giat belajar Bahasa Inggris. Coba kamu lihat tokoh di atas, mereka semua terkenal di dunia loh. Artinya? Kamu harus menguasai bahasa yang digunakan di seluruh dunia bukan? Nah, apalagi kalau bukan bahasa Inggris?

Maka dari itu, yuk gabung di kelas EF Kids & Teens. Kamu bisa ikut Kelas EF Gratis! Selain kelas interaktif, materi yang menyenangkan, kamu juga akan dibimbing oleh guru yang ahli di bidangnya. Hanya tinggal isi no hpmu 2 detik dan banyak promo kejutan juga loh! 😉

*Syarat dan Ketentuan berlaku
*Promo terbatas

Terakhir update artikel : 24-01-2023