Menu
persiapan kembali ke sekolah

Saat Kamu Kembali ke Sekolah, Apa yang Harus Dipersiapkan?

learning tips and exercisetips belajar
2020.06.25

Siapa yang sudah tidak sabar untuk kembali ke sekolah? Sebentar lagi kegiatan belajar mengajar akan segera dimulai pada awal bulan Juli. Nah, kamu sudah mempersiapkan apa saja?

Bagi sebagian orang, kembali masuk ke sekolah menjadi sesuatu yang dinanti-nantikan. Bahkan ada yang sudah menyiapkan berbagai hal jauh sebelum sekolah dimulai. Kamu pun juga bisa melakukannya loh.

Tidak perlu bingung, di bawah ini terdapat beberapa hal yang dapat kamu tiru ketika ingin kembali ke sekolah. Yuk simak apa saja!

1. Bangun Pagi

persiapan masuk sekolah dengan bangun pagi

Selama libur sekolah berlangsung, tentunya kebiasaan bangun pagi sudah sangat jarang dilakukan. Agar tidak merasa berat dalam mengubah kembali kebiasaan bangun di pagi hari, kamu dapat melakukannya secara perlahan-lahan.

Cobalah untuk bangun 30 menit lebih awal setiap harinya. Jika kamu terbiasa bangun pukul 9, maka esoknya kamu dapat mengatur alarm di jam 8.30. Lalu esoknya lagi pukul 8 dan seterusnya.

Tidak terasa berat bukan, jika kamu melakukan hal ini dengan perlahan-lahan?

2. Siapkan Baju

siapkan baju sekolah untuk persiapan kembali ke sekolah

Kenapa menyiapkan baju harus dari jauh-jauh hari sebelum kembali beraktivitas ke sekolah? Jawabannya tentu saja karena kamu perlu memeriksa baju mana yang masih bisa dipakai dan mana yang sudah harus diganti.

Sehingga, jika ada baju sekolah yang perlu diganti, kamu memiliki banyak waktu untuk menyiapkannya. Sesuatu yang terburu-buru itu terkadang tidak memberikan hasil yang baik, jadi tidak ada salahnya kalau kamu mempersiapkan semua ini dari jauh hari.

3. Menyiapkan Alat Tulis

menyiapkan alat tulis untuk kembali ke sekolah

Setelah menyiapkan baju, kamu juga perlu memeriksa kelengkapan alat tulis. Yuk coba diperiksa dulu apakah pensil, pulpen, penghapus dan lainnya masih ada.

Jika masih ada, kamu cukup merapikannya dan disusun di satu tempat agar ketika masuk sekolah nanti tidak ada barang yang hilang atau lupa menaruhnya dimana. Kalau ternyata alat tulismu tidak dapat berfungsi dengan baik, kamu masih memiliki waktu untuk membeli. Itulah pentingnya melakukan persiapan masuk sekolah seperti ini.

4. Mempersiapkan Buku

mempersiapkan buku untuk kembali ke sekolah

Kalau yang ini sudah pasti harus dipersiapkan dengan benar. Mulailah merapikan buku-buku sekolah dari semester lalu. Jika buku tersebut sudah tidak digunakan lagi, kamu bisa memasukkannya ke dalam kotak agar tetap tersimpan dengan rapi. Ruang yang kosong ini bisa dimanfaatkan untuk buku pelajaran yang akan digunakan selama 1 semester ke depan.

Selain buku pelajaran, kamu juga dapat mempersiapkan buku untuk mencatat semua materi yang diberikan oleh guru nantinya. Kalau buku yang lama masih ada dan bisa dipakai, tidak perlu malu untuk menggunakannya kembali.

5. Rutin Membaca

rutin membaca untuk kembali ke sekolah

Libur sekolah artinya libur juga belajar. Pernyataan tersebut tentu saja keliru. Rutinitas membaca tetap perlu dijaga agar ilmu yang telah dipelajari tidak hilang. Tidak perlu 2 atau 3 jam, cukup 30 menit sampai 1 jam saja seharinya.

Mulailah membiasakan baca buku dari yang menarik perhatianmu. Sehingga, kegiatan membaca tidak membosankan. Kalau perlu, kamu bisa ajak orang tua ke toko buku, dan pilihlah sesuai minatmu.

6. Tidur Tepat Waktu

tidur tepat waktu untuk kembali ke sekolah

Hal terakhir yang juga tak kalah penting adalah membiasakan lagi untuk tidur tepat pada waktunya. Bagusnya, kamu membiasakan diri untuk tidur sebelum pukul 10. Karena tidur yang baik itu adalah 6-8 jam sehari.

Nah sekarang kamu tahukan bagaimana menyesuaikan jam berapa seharusnya kamu tidur dan jam berapa bangun ke esokan harinya.

Hidup di era new normal seperti sekarang ini, membuat sebagian dari kita belum bisa kembali ke sekolah untuk melakukan kegiatan belajar mengajar. Masih banyak yang belajarnya dilakukan secara daring atau online.

Jika seperti itu, apa ajasih yang harus dipersiapkan? Tentunya sama seperti di atas, namun ada beberapa tambahan yang harus diperhatikan. Mari simak penjelasannya!

1. Membuat Ruang Belajar

membuat ruang belajar untuk persiapan sekolah online

Belajar dengan sistem daring tentunya dilakukan di rumah. Terkadang, susana rumah malah membuat kita jadi susah fokus. Banyak sekali gangguan yang berdatangan. Contohnya adik mengajak bermain, Ibu menonton televisi dengan suara yang besar, dan lainnya.

Untuk mengantisipasi berbagai gangguan seperti di atas, cobalah membuat ruang belajar. Ruang belajar di sini bukanlah sesuatu yang mahal atau sulit untuk dibuat. Kamu bisa mencari tempat yang nyaman dan sedikit jauh dari aktivitas keluargamu sehari-hari. Jadikanlah tempat itu sebagai ruang belajarmu agar tetap bisa mengikuti kegiatan belajar dengan fokus.

2. Koneksi Internet

koneksi internet untuk persiapan sekolah online

Koneksi internet menjadi hal paling penting bagi kamu yang harus sekolah dari rumah. Karena segala informasi yang diberikan oleh guru harus kamu akses menggunakan internet.

Sekarang ini, untuk memiliki koneksi internet yang baik bukanlah suatu hal yang sulit. Sudah banyak sekali pilihannya, dan dapat disesuaikan dengan kantong. Jangan sampai kegiatan belajarmu terhambat karena ini ya!

3. Disiplin

disiplin sebagai persiapan sekolah online

Selain hal teknis yang diperhatikan, kamu juga perlu mempersiapkan diri sendiri. Dengan proses pembelajaran secara daring, kamu tidak akan diawasi oleh guru setiap detiknya. Jika mendapatkan tugas, kerjakanlah secara serius dan tepat pada waktunya.

Jangan karena tidak ada guru yang mengawasi, kamu jadi bisa tidur dan meninggalkan tugas begitu saja. Sudah seharusnya kamu disiplin dengan diri sendiri. Ada atau tidak adanya guru, kamu tetap harus belajar sungguh-sungguh.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu ikuti sebagai persiapan untuk kembali ke sekolah. Apakah kamu sudah melakukannya?

Bagi kamu yang ingin tahu tips lainnya, yuk segera kunjungi berbagai artikel di EF Blog, misalnya tips belajar bahasa Inggris otodidak.

Selain itu kamu juga bisa mendapatkan tips belajar bahasa Inggris yang mudah dan menyenangkan loh. Caranya isi nomormu pada kolom di bawah dan temukan jawabannya!

online learning class ramadan
Incorrect phone number
Daftar Sekarang

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.