Menu
perbedaan british english dan american english
Listening and Speaking

Perbedaan Bahasa Inggris British dan Bahasa Inggris Amerika

2020.04.16

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang telah diakui di seluruh dunia. Bahasa Inggris sudah menjadi salah satu bahasa wajib yang harus dipelajari di sekolah. Kemampuan bahasa Inggris juga biasanya sudah menjadi syarat khusus dan mutlak untuk masuk ke universitas atau perusahaan saat melamar kerja.

Kita semua mengetahui bahwa untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris dapat di tempuh dengan beberapa jenis tes. Ada TOEFL, TOEIC, dan IELTS.

Salah satu yang sering digunakan adalah TOEFL dan IELTS. Perbedaan keduanya salah satunya adalah referensi bahasa Inggris yang digunakan. Apa itu?

Di dalam proses belajar bahasa Inggris, kita semua tahu bahwa bahasa Inggris berkiblat kepada dua negara sebagai referensi: Inggris dan Amerika Serikat.

Sekilas, mungkin hanya perbedaan aksen yang akan kalian sadari, tapi ternyata banyak kata kata yang sama namun memiliki makna yang berbeda di bahasa Inggris British dan Inggris Amerika. Perbedaan tersebut mencakup kata-kata yang digunakan, pelafalan kata atau kalimat dan juga variasi tata bahasa antara Inggris British dan Inggris Amerika.

Di dalam ulasan kali ini, akan disajikan perbedaan antara bahasa Inggris British dan bahasa Inggris Amerika yang di bagi ke dalam beberapa poin:

Cara Mempelajari Bahasa Inggris British dan Bahasa Inggris Amerika

Vocabulary Differences

Perbedaan yang pertama adalah kosakata atau vocabulary. Di dalam pelajaran bahasa Inggris di sekolah pada umumnya misalnya, bahasa Inggris British lebih banyak menggunakan dibandingkan bahasa Inggris Amerika.

Lihat perbedaan kosa kata yang digunakan di bahasa Inggris British dan bahasa Inggris Amerika di bawah ini:

Inggris British : Inggris Amerika = Arti Kata

• Football : Soccer = Sepak bola

• Biscuit : Cookie = Kue kering

• Shop : Store = Toko

Masih banyak perbedaan lainnya dalam bentuk kosakata antara bahasa Inggris British dan bahasa Inggris Amerika. Salah satunya adalah caretaker. Jika kamu menggunakan jasa caretaker di Inggris, maka yang akan kamu dapatkan adalah seseorang yang bekerja sebagai pembersih (seperti pembantu rumah tangga). Namun lain halnya jika kamu menggunakan jasa caretaker di Amerika. Caretaker di Amerika merupakan seseorang yang bertugas untuk merawat orang lain (seperti orang lanjut usia atau bayi) bisa juga merupakan seseorang yang bertugas untuk merawat properti milik orang lain saat sedang di tinggalkan.

Lalu ada juga lorry. Di dalam bahasa Inggris British, lorry memiliki arti yang sama dengan truck di bahasa Inggris Amerika. Selain lorry, ada juga elevator dan lift. Elevator dan lift merupakan dua benda yang sama. Perbedaannya, elevator adalah sebutan yang di berikan oleh bahasa Inggris Amerika, sedangkan lift adalah sebutan yang digunakan oleh bahasa Inggris British.

Spelling dalam Bahasa Inggris British dan Bahasa Inggris Amerika

Spelling

Perbedaan yang kedua adalah perbedaan dalam ejaan (spelling). Jika kamu memiliki hobi menulis dalam bahasa Inggris, mungkin kamu cukup familiar dengan Webster’s Dictionary. Salah satu orang yang memiliki andil besar dalam memisahkan pengejaan bahasa Inggris British dan bahasa Inggris Amerika adalah Noah Webster, atau pemilik dari Webster’s Dictionary.

Menurut Webster, Amerika harus lebih ‘independen’ baik secara politik maupun secara leksikal. Karena itu, kamu pasti akan menemukan bahwa bahasa Inggris British cenderung mempertahankan ejaan kata yang sebenarnya dari Perancis, sedangkan Inggris Amerika mengeja kata dengan lebih mendekati cara mereka melafalkannya serta menghilangankan huruf-huruf yang tidak diperlukan.

Contohnya dalam bahasa Inggris British ada kata colour, labour, centre, dan defence. Sedangkan dalam bahasa Inggris Amerika menjadi color, labor, center, dan defense.

Pronunciation Bahasa Inggris British dan Bahasa Inggris Amerika

Pronunciation

Perbedaan yang ketiga adalah pelafalan (pronunciation). Di dalam bahasa Inggris Amerika, kamu mungkin akan kesulitan membedakan pelafalan kata can dan can’t, karena di Amerika, pelafalan kedua kata ini bisa dibilang cukup mirip. Lain halnya dengan bahasa Inggris British yang pelafalan kedua kata tersebut dapat di bedakan.

Banyak orang Amerika memiliki kecenderungan untuk melakukan pengurangan kata dengan menghilangkan atau tidak membaca beberapa huruf. Kata “facts” misalnya dalam bahasa Inggris Amerika dilafalkan sama dengan kata “fax” - “t” tidak diucapkan. Sedangkan dalam bahasa Inggris British huruf yang dihilangkan seperti dalam kata “secretary”, dimana huruf “a” tidak diucapkan.

Dalam bahasa Inggris Amerika, kombinasi huruf “cl” dalam kata seperti “cling”, “climat”, “club” dll, kedengaran lebih frikatif. Kamu dapat menghasilkan bunyi ini dengan menegangkan pita suara. Penekanan kata terkadang juga berbeda. Contoh, kata “details” mendapatkan penekanan pada huruf “e” dalam Inggris British dan pada “ai” dalam Inggris Amerika.

Kata dalam Inggris British yang tidak ada di dalam Inggris Amerika

Misalnya kamu mendengar sebuah perintah berbunyi “Get me my anorak!” atau “you should check the pillar box regularly.” Jika kamu ada di Inggris, orang lain tidak akan bingung dengan maksud dari kalimat ini. Berbeda dengan orang Amerika. Orang Amerika pasti tidak akan tahu apa maksud dari perintah ini. Karena kata yang digunakan memang tidak ada di dalam kamus bahasa Inggris Amerika.

"Get me my anorak memiliki makna yang sama dengan “Get me my jacket dalam bahasa Inggris Amerika.

Sedangkan “you should check the pillar box regularly” memiliki makna yang sama dengan “you should check the mail box regularly” dalam bahasa Inggris Amerika.

Kata dalam Inggris Amerika yang tidak ada di dalam Inggris British

Salah satu kata yang ada di bahasa Inggris Amerika tapi tidak ada di bahasa Inggris British adalah marmut tanah. Di dalam bahasa Inggris Amerika, marmut tanah disebut sebagai groundhog atau woodchuck. Namun tidak ada sebutan yang memiliki makna yang sama di dalam bahasa Inggris British.


Apa kamu kini sudah bisa membedakan bahasa Inggris British dan bahasa Inggris Amerika?

Jika kamu ingin melatih kemampuan berbicaramu, maka banyak berlatih dan berbicara dengan English native speakers merupakan salah satu cara belajar yang bisa kamu praktekan.

Yuk, isi formulir di bawah ini untuk menemukan caranya!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku