Menu
tanggal bahasa inggris
Grammar and Vocabulary

Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris

2020.06.05

Ketika kamu memulai untuk 🔗 belajar bahasa inggris, penulisan tanggal dalam bahasa Inggris memang memiliki aturan yang berbeda dengan penulisan tanggal dalam bahasa Indonesia. Di dalam bahasa Inggris, penulisan tanggal dibedakan berdasarkan formalitas, kesopanan, dan pilihan pribadi masing-masing. Hal ini harus diperhatikan. Jangan sampai Anda keliru menulis format tanggal yang tidak formal untuk surat atau kebutuhan yang formal.

Ada beberapa aturan atau format penulisan tanggal dalam bahasa Inggris yang harus Anda ketahui, yaitu:

Format formal

Biasanya penggunannya pada situasi formal dan tertulis pada undangan pernikahan, surat resmi, surat pemerintah,

dan surat-surat resmi lainnya.

British: Day-Month-Year : the thirteen of September, 2014

American: Month-Day-Year : September the thirteen, 2014

Format tidak terlalu formal

Penulisan tanggal menggunakan format ini merupakan cara yang sering digunakan. Penggunaan format ini biasanya digunakan pada situasi tidak terlalu formal tetapi tetap menunjukkan hormat. Format ini juga cocok digunakan pada penulisan tanggal di surat lamaran kerja.

• British: Day-Month-Year : 13th September 2014, 13 September 2014

• American: Month-Day-Year : September 13th, 2014, September 13, 2014

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Penulisan Nama Bulan dalam Bahasa Inggris

Format kurang formal:

Hampir sama dengan format diatas, pengunaan format ini digunakan saat Anda ingin menulis tanggal pada situasi yang kurang formal. Misalkan, Anda menggunakannya saat ingin menulis memo, surat antar teman akrab, atau surat bisnis yang sifatnya personal.

• British: Day-Month-Year : 13/3/2014, 13/2/14

• American: Month-Day-Year : 5/12/2014, 7/12/14

Format formal dan tidak formal

Format penulisan tanggal dalam bahasa Inggris yang satu ini bisa dibilang multiguna. Ppenggunaan tanggal ini bisa digunakan pada halaman yang bersifat resmi atau tidak resmi.

• British: Day-Month-Year : 13/05/14

• American: Month-Day-Year : 05/13/14

Cara Membaca Tahun dalam Bahasa Inggris

Untuk membaca tahun di dalam bahasa Inggris. Anda bisa mengingat dua cara atau aturan yang berlaku. Karena membaca tahun sebelum dan sesudah tahun 2000 memiliki cara yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat contoh berikut:

1827 : eighteen twenty seven.

1965 : nineteen sixty five.

1999 : nineteen ninety nine

2001 : two thousand and one

2011 : two thousand and eleven.

2018 : two thousand and eighteen

Bisa menemukan perbedaan dari cara membaca contoh-contoh diatas? Betul sekali. Untuk tahun sebelum 2000, cara membaca dalam bahasa Inggris adalah dengan membaca dua angka awal, lalu dilanjutkan dengan dua angka akhir. Karena itu 1827 di baca eighteen twenty seven atau eighteen (18) + twenty seven (27).

Sedangkan untuk tahun setelah tahun 2000, cara membaca dalam bahasa Inggris adalah seperti Anda membaca bilangan ribuan pada umumnya, karena itu 2001 dibaca dengan two thousand and one atau two thousand (2000) + one (1).

Setelah mengetahui format-format penulisan tanggal, dan bagaimana membaca tahun dalam bahasa Inggris, tentu Anda harus belajar bagaimana menyebutkan tanggal-tanggal tersebut secara utuh dalam bahasa Inggris.

Mari kita coba membaca gabungan tanggal, bulan dan tahun dalam bahasa Inggris dnegan mengabil contoh diatas.

13th September 2014 : Anda bisa membaca tanggal ini dengan “The thirteenth of September, two thousand and fourteen”

12/5/2014 : Dalam aturan British, Anda bisa membaca tanggal ini dengan “The twelfth of May, two thousand and fourteen.” Jika dalam aturan Amerika, Anda bisa membaca tanggal ini dengan “December the fifth, two thousand and fourteen.”

Selain menyebutkan tanggal, Anda pasti pernah menemukan kata-kata “sebelum masehi” atau misalnya “satu dekade” namun apakah Anda tahu apa arti dan bagaimana menulisnya dalam bahasa Inggris?

Untuk menulis sebelum masehi dalam bahasa Inggris, Anda bisa menulisnya dengan Before Common Era (BCE) atau Before Christ (BC) sedangkan untuk menulis setelah masehi dalam bahasa Inggris, Anda dapat menuliskannya dengan Common Era (CE) atau Anno Domini (AD), kedua ini memiliki arti yang sama.

1 dekade atau 1 decade dalam bahasa Inggris memiliki arti 10 tahun. Jadi jika ada pernyataan “The typhoon come in every 1 decade” itu memiliki arti “Badai itu datang setiap 1 dekade atau 10 tahun sekali.”

Selain decade, ada juga istilah century. Century dalam bahasa Inggris berarti setiap 100 tahun. Sedangkan Millenium adalah setiap 1000 tahun. Jadi jangan sampai tertukar ya.

Nah untuk menulis kalimat yang menyatakan tanggal secara lengkap maupun hanya tanggal atau bulan atau tahunnya saja. Jangan lupa preposition yang tepat untuk menggunakan in atau on ya. Mari berlatih menggunakan kalimat.

• My brother getting married on the 2nd of the February.

• My journal was published on May 17th.

• I was born in July

• He will come in April

Bisa menemukan perbedaan keduanya? Preposition on digunakan jika kamu menulis tanggal beserta bulannya dalam satu kalimat. Sedangkan preposition in, digunakan jika kamu hanya menulis nama bulan dalam satu kalimat.

Menulis tanggal dalam bahasa Inggris sebetulnya mudah. Yang perlu Anda lakukan hanya banyak berlatih agar terbiasa dengan format-format atau aturan yang ada. Selamat belajar!