Menu
past future perfect tense

Penggunaan Past Future Perfect Tense

grammartata bahasa
2020.04.10

Di dalam kehidupan sehari-hari, biasanya kita pernah telah merencanakan suatu aktivitas namun terkadang ada hal yang membuat kejadian tersebut tidak terlaksana. Sehingga kita sering berandai-andai kalau saja kejadian itu terjadi.

Nah, kalimat pengandaian ini bisa menggunakan past future perfect tense. Past future perfect tense sendiri memiliki arti sebagai suatu bentuk kata kerja untuk membicarakan kejadian yang akan telah dilakukan di masa lalu.

Dalam belajar bahasa Inggris, past future perfect tense menjadi salah satu tenses yang sangat berpengaruh karena past future perfect tense juga bisa digunakan ketika membuat conditional sentence type 3.

1. Fungsi

Tenses bahasa Inggris jenis ini bisa digunakan untuk menunjukan suatu aksi yang diperkirakan akan telah selesai pada suatu waktu di masa lampau. Pada kasus ini, would have adalah bentuk past dari future perfect tense. Selain itu, tenses jenis ini juga digunakan untuk membicarakan sesuatu hal yang tidak mungkin terjadi.

2. Rumus
  • S + would/should + have + past participle.

Rumus ini biasa digunakan pada main clause dari conditional sentence type 3. Have digunakan baik untuk singular ataupun subjek plural. Jadi, tidak ada perbedaan antara singular dan subjek plural. Keduanya sama-sama menggunakan have bukan has.

3. Contoh
  • Before taking a leave of absence yesterday, he would complete his work for the client. He would have submitted it two days ago.

Sebelum mengambil cuti kemarin, dia akan telah merampungkan pekerjaannya untuk klien tersebut. Dia akan telah mengirimkannya dua hari yang lalu.

(Kalimat ini untuk menunjukan )

  • If you had saved your jewelry and foreign currency in a safety deposit box, they wouldn’t have gone.

Jika kamu telah menyimpan perhiasan dan mata uang asingmu di safety deposit box, mereka tidak akan hilang.

(Kalimat ini untuk menunjukan conditional sentence type 3)

  • If they had still stayed in their house last night, they wouldn’t have taken an accident.

Jika mereka tetap tinggal di dalam rumah, mereka tidak akan kena musibah.

Itu dia penggunaan past future perfect tense yang bisa kamu pelajari. Tertarik untuk belajar grammar dengan mudah dan menyenangkan?

Yuk isi nomormu pada kolom di bawah, dan temukan jawabannya!