Kata had dan would memiliki penggunaan yang berbeda, had lebih cenderung kepada arti yang sudah dilakukan atau peringatan, sedangkan would memiliki lebih cenderung untuk waktu mendatang atau keinginan.
Kita juga sering melihat kata-kata seperti you’d, they’d, she’d dan yang lainnya yang bersisipan akhiran ‘d. ‘D maksudnya I’d dapat mengandung 2 arti yaitu “I would” atau “I had”.
You’d = you would or you had
He’d = he would or he had
She’d = she would or she had
It’d = it would or it had
We’d = we would or we had
They’d = they would or they had
Kita seringkali mengucapkan I’d dengan maksud “I would” atau “I had” agar terdengar dan terlihat sederhana juga praktis ketika dalam tulisan ataupun percakapan. Jika kita tidak yakin dalam penggunaan I’d dalam menuliskan atau bercakap tentang sesuatu, berikut penjelasan tentang kontraksi ‘d.
‘d = “had” atau “would”
Pada kontraksi tersebut mengandung arti “would” atau had”.
Perbedaan antara would dan had dengan melihat apa yang mengikuti ‘d
Penggunaan Kata Would
• Would diikuti oleh infinitive (tanpa to-)
Contoh: would have, would go, would be, would speak dan lain-lain.
- I’d like some coffee = I would like
- She’d buy it if she had some money = She would go
- It’d be a piece of good advice = It would be
• Would dapat juga diikuti oleh perfect infinitive (have + past participle)
Contoh: would have had, would have gone, would have been, etc.
- I'd have bought if I had had money = I would have gone
- She'd have been 60 today = She would have been
• Ketika kita berucap ‘d rather makan mengandung ‘d = would”
- I'd rather live in Indonesia than in Singapore. = I would rather
- She’s tired so she'd rather not go out. = She would rather not
Penggunaan Kata Had
• Had diikuti oleh past participle
Contoh: had gone, had had, had been, had spoken, dan lain-lain
- They'd gone home. = They had gone
- I wish I'd done the right thing. = I had done
• Dalam frasa 'd better do something (digunakan untuk memberikan saran atau peringatan) 'd = "had".
- They'd better be careful - it might be dangerous there. = they had better
- I'd better ask someone else because I'm not sure. = I had better