Menu
as if as though
Grammar and Vocabulary

Penggunaan 'As If' dan 'As Though' dalam Bahasa Inggris

2020.04.29

Dalam bahasa Indonesia, Anda mengenal kata ‘dan’, ‘atau’, ‘sedangkan’, dan sebagainya sebagai kata penghubung. Di dalam 🔗bahasa Inggris juga dikenal kata penghubung atau yang disebut dengan conjunction. Salah satu conjunction yang ada dalam kalimat 🔗bahasa Inggris adalah ‘As if’ dan ‘As though’.

As if’ dan ‘As though’ menjelaskan suatu gagasan atau situasi yang tidak benar kenyataannya apabila diikuti oleh unreal tense (menggunakan past dan past perfect). Di sisi lain, kedua conjunction tersebut digunakan untuk mengekspresikan situasi atau gagasan yang benar kenyataannya (menggunakan 🔗present continuous atau future tense).

CONTOH KALIMAT DAN PENJELASANNYA
  • It is cloudy as if it is going to rain. (Saat ini cuacanya mendung seolah-olah akan turun hujan)

  • You look very confident as though you will pass the exam. (Anda tampak percaya diri seolah-olah Anda akan lulus ujian ini)

Pada kedua kalimat di atas ‘As if’ tidak diikuti oleh past ataupun past future karena si pembicara yakin bahwa kalimat yang dinyatakan kemungkinan besar akan terjadi.

  • She looks as if she knew the answer. (Sepertinya dia mengetahui jawabannya)

Kalimat di atas menyatakan bahwa dia mengetahui jawabannya, namun dia memberikan kesan atau terlihat seperti mengetahui jawabannya. Coba bandingkan dengan kalimat berikut:

  • She looks as if she knows the answer. (Sepertinya dia mengetahui jawabannya)

Kalimat tersebut memberikan penjelasan bahwa dia memang mengetahui jawabannya.

  • You seem as if you hadn’t sleep for days. (Kamu terlihat seperti belum tidur berhari-hari)

Arti kalimat di atas menyatakan jika seseorang belum tidur selama berhari-hari, namun kenyataannya dia tidur, atau mungkin Anda tidak tahu akan kebenarannya.

  • You seem as if you haven’t sleep for days (Kamu terlihat seperti belum tidur berhari-hari)

Makna kalimat tersebut adalah kenyataannya seseorang yang dituju belum tidur selama beberapa hari.


Itu dia cara penggunaan as if dan as though dalam sebuah kalimat. Agar lebih memahami, kamu perlu melatihnya dengan mempraktekkan ke dalam kehidupan sehari-hari.

Ingin belajar lebih banyak tentang conjunction? Yuk simak artikel lainnya yang ada di EF Blog. Selain itu kamu bisa bergabung di EF untuk belajar bahasa Inggris lebih cepat.