Menu
korespondensi bahasa inggris
Reading and Writing

Pengertian dan Contoh Korespondensi dalam Bahasa Inggris

2021.07.28

Pernahkah kamu mendengar apa itu korespondensi? Yup, bisa dibilang korespondensi berhubungan dengan surat. Mungkin kegiatan surat menyurat terasa asing untuk dilakukan. Namun, saling berkirim surat pernah menjadi kegiatan yang sempat populer terutama sebelum adanya gadget seperti sekarang.

Meskipun sekarang sudah jarang orang mengirim surat tetapi pada nyatanya kegiatan ini masih menyenangkan untuk dilakukan. Pasti kamu penasaran ‘kan apa sih yang disebut dengan korespondensi? Yuk intip pengertian dan contohnya di bawah ini!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Apa itu korespondensi?

Korespondensi adalah suatu kegiatan surat menyurat yang dilakukan oleh seorang individu kepada pihak lain. Tujuan pengiriman surat bisa dikirimkan baik kepada individu lain, organisasi, atau perusahaan tertentu. Istilah korespondensi sekarang lekat dikenal sebagai surat menyurat yang ditujukan untuk kepentingan bisnis. Namun, seluruh kegiatan menulis, membaca, dan mengirim surat disebut sebagai korespondensi. 

Pihak yang saling mengirim surat disebut dengan koresponden. Sebenarnya apa sih fungsi dari korespondensi? Pada dasarnya korespondesi mengutamakan komunikasi antara dua belah pihak dan membangun sebuah relasi atau hubungan. Bisa juga korespondesi dilakukan untuk meminta suatu bantuan, permintaan, menanyakan kabar, dan lain-lain.

Contoh Korespondesi

Sebelum masuk ke contoh korespondensi, apakah kalian sudah tahu bagaimana format penulisan surat dalam bahasa Inggris dan menulis surat resmi dalam bahasa Inggris? Kalian bisa mempelajari dua hal tersebut untuk menjadi dasar melakukan korespondensi.

Berikut contoh surat yang bisa digunakan dalam korespondensi dengan teman dalam bahasa Inggris.

Surabaya, 28th July 2021

Dear Ben,

Hello! How are you doing? I hope you are all good. I’m really happy to read your last letter. It feels like a really long time since I have spoken with you.

Thank you for sending me photos that you took, Bandung looks so amazing as always. Maybe someday, I can visit you again in Bandung and we can stroll around the city.

Anyway, I’ve been busy to learn new recipe for my bakery store. If you have any plan to visit Surabaya very soon, please let me know and I’ll bake for you.

Your best friend,

Vic

Sekarang kamu sudah bisa menulis surat dalam bahasa Inggris, kamu bisa saling berkorespondensi dengan temanmu sesekali dan saling berkirim surat. Walau surat menyurat sudah jarang dilakukan tetapi tidak ada salahnya kita mempelajarinya. Oh iya, kamu juga bisa lho untuk berkirim surat dengan orang di luar negeri, dengan begitu bisa sekaligus melatih kemampuan reading dan writing kamu dalam bahasa Inggris.

Untuk bisa menyiapkan surat bahasa Inggris yang baik, kamu perlu untuk meningkatkan kemampuanmu. Bersama EF, kamu bisa mengembangkan kemampuan bahasa Inggrismu tidak hanya dalam writing tetapi juga kemampuan lainnya. Pastinya EF memiliki guru-guru yang telah bersertifikat dan berbagai materi yang menyenangkan.

Nah, apalagi yang kamu tunggu? Yuk bergabung bersama EF!  

*Syarat dan Ketentuan berlaku
*Promo terbatas