Menu
EF English First

Pelajaran Bahasa Inggris Kelas 4 SD

grammartips belajar
2020.04.23

Pada saat anak-anak berada di lingkungan sekolah, maka tanggung jawab pendidikan sepenuhnya ada pada guru. Namun lain cerita ketika anak sudah berada di rumah, orang tualah yang menjadi penanggung jawab untuk memberi pendidikan kepada mereka.

Termasuk dengan pendidikan bahasa Inggris yang saat ini dinilai penting, sebagai jembatan komunikasi mereka kelak setelah dewasa.

Namun pastikan untuk memberikan materi yang sesuai dengan apa yang mereka dapat di sekolah. Misalnya ketika anak Anda berada di bangku kelas 4 SD, maka pastikan porsi materi yang diberikan harus sesuai dengan pelajaran bahasa Inggris kelas 4 SD secara umum.

Cobalah tengok apa saja pokok-pokok bahasa yang tercantum dalam buku pelajaran bahasa Inggris kelas 4 SD yang mereka miliki, atau Anda juga bisa mendapat referensi materi pelajaran bahasa Inggris kelas 4 SD dari sumber lain. Misalnya ketika berjalan-jalan ke took buku, saat ini sudah semakin mudah ditemui buku pelajaran bahasa Inggris yang dirancang secara spesifik untuk tingkat kelas tertentu.

Ini dia beberapa pelajaran umum bahasa Inggris yang akan ditemukan pada kelas 4 SD. Yuk, intip seperti apa pelajarannya!

Pelajaran Kelas 4 SD
  1. Menguasai 300 kosakata baru.

  2. Berbicara untuk mengeja kosakata sulit.

  3. Mempelajari 35 tata bahasa.

  4. Membaca pernyataan tertulis dan mengindentifikasi poin-poin utama.

  5. Memahami informasi dari infografis.

  6. Mengidentifikasi kelompok kata.

  7. Mencari informasi spesifik.

  8. Mengelompokkan informasi.

  9. Membaca dan memahami 24 cerita bahasa Inggris serta menyimpulkannya.

  10. Menulis cerita sederhana berdasarkan tema yang ditentukan di dalam kelas.

  11. Mengembangkan kebiasaan mencatat di kelas.

  12. Meningkatkan kemampuan meringkas dan memelihara logika berpikir.

  13. Belajar menyanyikan 12 lagu dan yel.

  14. Mendengarkan dan mengerti percakapan situasional serta mampu terlibat percapakan dalam situasi nyata.

Jika masih tetap bingung menentukan materi pelajaran bahasa Inggris kelas 4 SD untuk dibahas bersama anak di rumah, cobalah mulai dengan mengembangkan kemampuan conversation-nya di rumah. Misalnya ketika anak baru pulang ke rumah, coba tanyakan beberapa hal dalam bahasa Inggris kepadanya. Mulailah dari apa yang ia kerjakan, mata pelajaran yang sulit, apa pr yang diberikan guru, hingga mengingatkan kembali jadwal les tambahannya sepulang sekolah. Sehingga anak semakin terbiasa dengan komunikasi berbahasa Inggris di lingkungannya.

Apabila Anda masih saja kesulitan memberikan materi pelajaran bahasa Inggris kelas 4 SD di rumah, tak ada salahnya untuk meminta bantuan pengajar tambahan, seperti guru privat bahasa Inggris. Coba konsultsikan dengan pengajar privat professional yang dikenal. Namun jika dinilai belajar bahasa Inggris secara privat terkesan membosankan, cobalah ajak anak untuk mau mengikuti kursus bahasa Inggris di tempat les.