Menu
EF English First
Education Advice

Pelajaran Bahasa Inggris Kelas 3 SD

2020.04.29

Ketika seorang anak telah beranjak menuju tahun ke tiganya di sekolah dasar, umumnya mereka sudah siap dengan materi pelajaran yang lebih serius lagi pengembangannya. Pada pelajaran bahasa Inggri kelas 3 SD misalnya, sudah seharusnya mereka diperkenankan untuk meningkatkan skill bahasa Inggris lainnya, dan bukan lagi sekadar memperbanyak vocabulary.

Dalam tahap ini, mata pelajaran bahasa Inggris kelas 3 SD sudah harus dibuat sesistematis mungkin, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka secara verbal. Materi-materi seperti percakapan sudah seharusnya diperkenalkan kepada anak-anak, untuk membiasakan mereka berkomunikasi dengan bahasa Inggris dalam lingkungan belajarnya.

Cobalah bentuk kompetensi pelajaran bahasa Inggri kelas 3 SD yang meibatkan kemapuan pronunciation dan conversation, namun tanpa melupakan materi reading dan writing tentunya. Sebab dengan keterampilan membaca dan menulis yang baik, maka kemampuan komunikasi verbal pun bisa berkembang dengan cepat.

Sebelum mulai memperkenalkan kemampuan conversation, cobalah antar anak-anak untuk mengasah keterampilan membacanya terlebih dahulu. Caranya, cobalah cari beberapa contoh teks percakapan bahasa Inggris untuk mereka baca terlebih dahulu. Selanjutnya, baru persilahkan mereka untuk mempraktekan percakapan yang tertulis dalam teks tersebut.

Mulailah mengoreksi setiap pronunciation yang salah, sehingga mereka tahu mana cara mengucapkan sebuah kata bahasa Inggris yang tepat. Selanjutnya, tanya dan diskusikan juga esensi dari percakapan bahasa Inggris tersebut. Coba ajak anak-anak untuk menjabarkan apa yang mereka tangkap dalam sebuah percakapan bahasa Inggris yang berlangsung.

Materi-materi percakapan yang diberikan tentunya harus sesuai dengan modul pelajaran bahasa Inggris kelas 3 SD yang berlaku dan dianjurkan departemen pendidikan. Namun para pengajar boleh saja berimprovisasi dengan metode belajar bahasa Inggris lainnya, asalkan tetap pada koridor materi pelajaran bahasa Inggris kelas 3 SD dan RPP yang berlaku.

Berikut terdapat pelajaran umum yang cocok untuk anak kelas 3 SD:

  1. Menguasai 310 kosakata baru.

  2. Berbicara untuk mengeja kosakata sulit.

  3. Mempelajari 35 tata bahasa.

  4. Membaca pernyataan tertulis dan mengidentifikasi poin-poin utama.

  5. Memahami informasi dari infografis.

  6. Mengidentifikasi kelompok kata.

  7. Mencari informasi spesifik.

  8. Mengelompokkan informasi.

  9. Membaca dan memahami 24 cerita bahasa Inggris serta menyimpulkannya.

  10. Menulis cerita sederhana.

  11. Mengembangkan kebiasaan mencatat di kelas.

  12. Meningkatkan kemampuan meringkas.

  13. Belajar menyanyikan lagu berbahasa Inggris

  14. Mendengarkan dan mengerti percakapan situasional.

  15. Mampu terlibat percakapan dalam situasi nyata.


Itulah beberapa tips pelajaran bahasa Inggris untuk kelas 3 SD. Yuk cari tahu lebih banyak tips belajar bahasa Inggris dengan mudah hanya di EF.