Menu
jam dalam bahasa inggris
Grammar and Vocabulary

Menyatakan Jam dalam Bahasa Inggris

2020.06.05

Ada banyak aspek dalam kehidupan yang termasuk ke dalam hal yang Anda pelajari saat belajar bahasa Inggris. Salah satunya adalah saat ada yang bertanya mengenai pukul atau waktu.

Pertanyaan โ€œPukul berapa sekarang?โ€ akan langsung Anda jawab dengan mudah, tapi bagaimana jika pertanyaannya โ€œWhat time is it?โ€ alias pertanyaan dalam bahasa Inggris. Sebagian dari Anda mungkin akan dengan mudah menjawabnya. Namun, pasti masih ada yang bingung, bukan?

Karena itu, pada artikel ini, akan dibahas mengenai bagaimana Anda bisa menjelaskan dan menyebutkan keterangan waktu atau pukul dalam bahasa Inggris. Ada beberapa hal yang harus Anda ingat dan perhatikan dalam menjelaskan keterangan waktu.

HORE! KAMU DAPAT KELAS DEMO GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mencoba kelas demo, GRATIS!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Pertama, Anda dapat menyebutkan pukul dengan cara mengucapkan jamnya terlebih dahulu kemudian menitnya. Perhatikanlah contoh berikut:

06.10 : Six ten

07.30 : Seven thirty

09.45 : Nine Forty five

10.09 : Ten o nine

Untuk lebih jelasnya, mari kita coba memasukkannya kedalam sebuah kalimat. Misalnya seseorang bertanya โ€œWhat time is itโ€ pada Anda dan saat itu jam menunjukkan pukul 12.10, Anda bisa menjawab pertanyaan tersebut seperti ini:

โ€œItโ€™s twelve ten.โ€

Atau Anda juga bisa meminta seseorang untuk meningatkan Anda jika jam sudah menunjukkan waktu tertentu, misalnya:

โ€œAni, can you remind me to go to the meeting at nine twenty five? Iโ€™m afraid Iโ€™ll be late.โ€

Penggunaan A.M. dan P.M.

Kedua, Anda bisa melakukan kebalikan dari hal pertama. Anda juga bisa menyebutkan menitnya terlebih dahulu dan kemudian mengucapkan jamnya. Jangan lupa untuk menyebutkan kata โ€œpastโ€ di dalam kalimatnya untuk menunjukkan bahwa menit tersebut telah โ€œgo pastโ€ atau melewati jamnya. Seperti misalnya dalam bahasa Indonesia, kita biasa menyebut sembilan lewat 2 menit. Dalam bahasa Inggris, Anda bisa menyebutnya dengan two past nine. Contoh lain bisa dilihat seperti dibawah ini:

05.10 : Ten past five

07.20 : Twenty past seven

09.25 : Twenty five past nine

Mari kita coba dalam bentuk kalimat. Misalnya Anda sedang menuju sebuah pusat perbelanjaan untuk bertemu teman Anda. Namun bus yang Anda naiki terjebak macet dan Anda ingin memberi tahu teman Anda bahwa Anda mungkin akan datang terlambat. Anda bisa mengatakan hal ini:

โ€œSierra, Iโ€™m so sorry, itโ€™s twenty past five already but Iโ€™m still far from your place, Iโ€™m so sorry Iโ€™m late.โ€

Ketiga, untuk menit 31 sampai dengan 59 memiliki sebutan yang berbeda lagi, yaitu dengan menggunakan to. Dalam bahasa Indonesia, Anda biasa menyebutkan pukul 5.35 sebagai pukul 6 kurang 25 menit. Dalam bahasa Inggris, Anda bisa menjelaskannya seperti berikut:

05.35 : Twenty five to six (Pukul 6 kurang 25 menit)

08.50 : Ten to nine (Pukul 9 kurang 10)

10.45 : Fifteen to eleven (Pukul 11 kurang 15)

Jika dimasukkan ke dalam sebuah kalimat, kamu bisa mengucapkannya sebagai berikut:

โ€œYou can get there in 15 minutes, so you must go at fifteen to eleven to get there on time.โ€

Cara keempat, adalah untuk menjelaskan 30 menit atau lewat setengah jam. Sebutan yang digunakan dalam bahasa Inggris adalah half past dan bila jam menunjukkan kurang seperempat atau 15 menit disebut a quarter to, dan untuk menyebutkan lewat seperempat, Anda bisa menggunakan a quarter past. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh berikut ini :

02.15 : A quarter past two (Pukul 2 lewat 15 menit)

05.30 : half past five (Pukul 5 lewat 30 menit)

03.45 : A quarter to four (Pukul 4 kurang 15 menit)

06.30 : Half past six (Pukul 6 lewat 30 menit)

08.45 : A quarter to nine (Pukul 9 kurang 15 menit)

Kelima, adalah untuk menunjukkan pukul yang tepat. Dalam bahasa Inggris, Anda bisa menggunakan sharp atau exactly, seperti berikut ini:

09.00 : Itโ€™s exactly nine oโ€™clock.

04.00 : Itโ€™s 4 oโ€™clock sharp.

Oโ€™clock merupakan kependekan dari of the clock. Mari kita mencoba memasukkannya ke dalam sebuah kalimat!

โ€œThe test starts at 4 oโ€™clock sharp, and you must arrive 15 minutes before the test begin or else you wonโ€™t be allowed to join the test. Understood?โ€

Kalimat di atas digunakan untuk memberi tahu informasi bahwa sebuah ujian dimulai tepat pukul 4 dan peserta harus datang 15 menit sebelum ujian dimulai.

Keenam, adalah mengenai penggunaan AM PM pada bahasa Inggris, Anda sering melihat pemakaian a.m. dan p.m. ketika membaca waktu. Kedua penunjuk waktu tersebut memiliki singkatan sendiri. A.m. atau ante merediem digunakan untuk menunjukkan waktu antara pukul 00.00 sampai pukul 12.00 (tengah malam) dan p.m. atau post merediem digunakan untuk menjelaskan waktu antara 12.00 (siang) sampai 00.00.

Penggunaan kedua penunjuk waktu tersebut dibarengi oleh waktu yang telah dijelaskan di atas. Misalnya : โ€œItโ€™s 01.35 a.m.โ€ menunjukkan pukul 1 pagi lewat 35 menit.

Jika Anda tidak ingin menggunakan penunjuk waktu tersebut, Anda dapat menggunakan keterangan waktu seperti in the morning, in the afternoon, in the evening, atau at night.

Contoh :

8.15 (A quarter past eight in the morning)

Untuk memperjelas kedua contoh tersebut, mari memasukkannya dalam sebuah kalimat:

โ€œThe Smith family house get robbed at 02.15 a.m. said the local police.โ€ Atau

โ€œThe Smith family house get robbed at a quarter past two in the morning said the local police.โ€

Baca juga : AM PM

Bagaimana? Apakah kamu kini sudah bisa menyebutkan jam dalam bahasa Inggris?

Dapatkan juga voucher khusus terbatas untuk belajar bahasa Inggris langsung bersama guru-guru yang asyik dan kompeten di EF hanya dengan klik link di sini! Buruan, kesempatan terbatas!

Terakhir update artikel : 23-07-2021