Menu
just artinya

Memahami Just, Yet, Still, dan Already

grammarstructure
2020.05.08

Di dalam bahasa Inggris kita sering kali bertemu dengan kata-kata yang terlihat simpel namun memiliki arti yang cukup sering salah dalam penggunaan. Kesalahan ini terkadang membuat nilai ujian TOEFL tidak sesuai harapan ataupun ujian-ujian lainnya.

Berbeda dengan belajar bahasa Indonesia, dalambelajar bahasa Inggris dibutuhkan kejelian dalam menggunakan masing-masing kata. Dalam ulasan kali ini akan dibahas kata just, yet, still dan already untuk membantu meningkatkan nilai TOEFL bahasa Inggris-mu.

Just

Kata ini biasanya digunakan hanya pada saat penggunaan present perfect tense. Kata ‘just’ sendiri memiliki arti sebagai beberapa saat lalu. Jadi, bisa disimpulkan kejadian yang menggunakan kata ‘just’ berarti baru saja lewat sebentar. Di dalam present perfect, kata ‘just’ muncul di antara the auxiliary verb (have) dan past participle.

Contoh :

I’ve just seen Susan coming out of the cinema.

Mike just called. Can you ring him back please?

Have you just taken my pen? Where does it go?

Yet

Kata ini digunakan ketika membicarakan sesuatu yang diprediksi akan terjadi. Kata ‘yet’ memiliki arti sebagai ‘at any time up to now’. Kata ‘yet’ bisa digunakan untuk kalimat tanya, kalimat positif dan negatif. Kata ini biasanya muncul di akhir kalimat.

Contoh:

Have you finished your homework yet? The teacher expects the homework to be finished today.

I haven’t finished it yet. I’ll do it after dinner.

Still

Kata ini digunakan untuk membicarakan sesuatu yang belum selesai terjadi, khususnya ketika kita memprediksinya akan selesai lebih awal. Kata ‘still’ biasanya muncul di tengah-tengah kalimat. Kata ini juga sering digunakan di tenses lainnya dan penggunaannya seperti pada present perfect.

Contoh:

I’ve been waiting for over an hour and the bus still hasn’t come.

You promised to give me that report yesterday and you still haven’t finished it.

Already

kata ini biasanya digunakan untuk mengatakan sesuatu yang telah terjadi lebih dulu atau lebih awal daripada kemungkinan terjadinya. Penempatan kata ‘already’ biasanya di tengah kalimat.

Contoh :

I’ve already spent my salary and it’s two weeks before payday.

The train already left! What are we going to do?

Temukan cara belajar Grammar dengan mudah dan menyenangkan bersama EF dan materi unik yang dimilikinya. Penasaran? Yuk, isi nomormu pada kolom berikut!

Incorrect phone number
Dapat Diskon Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.