Menu
EF English First

Memahami Generic Structure dari News Item Text

writing tipsjenis teksgeneric structure
2020.04.28

Di dalam belajar bahasa Inggris, seorang pembelajar akan belajar memahami cara pembuatan berbagai macam teks. Ada banyak jenis teks di dalam sebuah bahasa seperti teks narasi, teks deskripsi, hingga teks eksposisi.

Di dalam bahasa Inggris, seorang pembelajar juga akan mempelajari news item text dan mampu mendeteksi sebuah teks.

News Item Text

News item text adalah teks yang berfungsi untuk menyampaikan kejadian setiap harinya. Biasanya kejadian yang dituliskan adalah kejadian-kejadian yang bersifat penting dan terbaru. Teks jenis ini bisa ditemukan di dalam koran.

Untuk memudahkan dalam menentukan teks apakah yang sedang dibaca, berikut ini akan dibagikan ciri-ciri dari news item text:

  • Menggunakan action verbs atau dynamic verbs (kata kerja yang menunjukan aktifitas).

  • Dominan menggunakan saying verbs.

  • Menggunakan adverb of place, adverb of time, dan adverb of manner.

GENERIC STRUCTURE

Untuk membuat teks jenis ini tidaklah sulit. Berikut akan dibagikan cara-cara membuat news item text berdasarkan generic structure. Sehingga akan membentuk sebuah teks yang baik dan benar.

1. Main events

Kejadian utama yang pantas dijadikan berita. Di dalam paragraf pertama akan terdapat newsworthy event di mana paragraf ini memperkenalkan latar belakang terjadinya sesuatu serta di mana sesuatu tersebut dimulai. Paragraf ini lebih bersifat seperti pendahuluan.

2. Elaboration

Setelah mengetahui kilasan tentang kejadian yang diangkat, pembaca akan dibawa ke dalam beberapa situasi yang biasanya menjadi ide pendukung dari kejadian inti. Ide pendukung ini dikemas di dalam paragraf setelah newsworthy event yang biasa dikenal dengan elaboration. Elaboration sendiri juga bisa berupa penyebab-penyebab dari main events. Di sinilah penjelasan mengenai main events dibahasa termasuk waktu, pelaku, kejadiannya, dll.

3. Source

Dalam tahap terakhir ini, seorang pembelajar akan melihat sendiri ciri khas dari news item text. Dikarenakan teks jenis ini adalah teks berita sehingga sumber berita yang valid adalah sesuatu yang mutlah sehingga diperlukan adanya sumber yang tercantum baik berupa ahli, catatan para ahli maupun riset yang dilakukan para ahli.


Setelah melihat penjelasan di atas, apakah kamu sudah paham dengan generic structure dari news item text? Ingin tahu lebih banyak jenis teks yang ada di bahasa Inggris?

Kamu bisa membaca artikel lainnya yang ada di EF Blog. Namun, jika kamu lebih suka belajar langsung dengan seorang guru, kamu bisa ikut salah satu kelas yang ada di EF English First.