Menu
perbedaan i am done dan i have done
Grammar and Vocabulary

Mana yang Benar, I am Done atau I Have Done?

grammar
2020.09.09

Sering bingung dengan kata-kata bahasa Inggris yang terlihat mirip namun memiliki makna yang berbeda? Mungkin pernyataan "I am done" dan "I have done" menjadi salah satunya. Mana sih yang benar antara kedua kalimat tersebut?

I am done dan I have done adalah salah satu contoh kalimat bahasa Inggris yang jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti saya sudah selesai. Tetapi mengapa ya yang satu menggunakan "am" dan satunya lagi memakai "have"?

Untuk mengetahui perbedaannya, mari simak penjelasan berikut ini:

1. I am Done

Jika dilihat dari kalimat I am done, maka akan terdapat susunan seperti subjek + verb + adjective. Susunan ini termasuk dalam simple present tense. Artinya I am done dapat kamu gunakan saat menyatakan bahwa kamu sudah selesai mengerjakan atau melakukan sesuatu pada saat itu juga.

Seperti ketika sedang mengerjakan tugas bersama teman, tetapi kamu menyelesaikannya lebih cepat, maka kamu dapat mengatakan "I am done".

Contoh:

  • I'm done with my meal.

  • I'm done eating.

2. I Have Done

Kalau yang sebelumnya merupakan simple present tense, kali ini formula yang digunakan adalah present perfect tense. I merupakan subjek, have sebagai auxiliary atau linking verb, lalu done adalah past participle verb. Karena ini merupakan present perfect tense, berarti I have done digunakan untuk membicarakan sesuatu yang telah dilakukan pada masa lalu.

Contoh:

  • I have done my homework.

  • I have done the laundry.

Sudah tahukan kapan harus menggunakan I am done dan I have done? Selain ini, terdapat artikel lainnya tentang grammar yang bisa kamu kuasai, contohnya seperti penggunaan have been, has been, dan had been.

Bukan hanya itu saja, kamu juga memiliki kesempatan untuk belajar bahasa Inggris dengan mudah dan menyenangkan. Penasaran? Ayo isi nomormu pada kolom di bawah ini dan langsung dapatkan caranya!

Selamat, Kamu Dapat Voucher dari EF!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini untuk klaim voucher diskon 10%* sampai tanggal 23 Oktober 2020. Yuk, keburu kehabisan!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku