Menu
kuasai kalimat bahasa inggris
News and Lifestyle

Kuasai Kalimat Ini Sebelum Liburan

2020.05.13

Jika Anda ingin liburan ke luar negeri namun masih terkendala dengan penguasaan bahasa, sebaiknya jangan langsung panik dan membatalkan perjalanan Anda. Pasalnya, Anda masih bisa mengejar ketertinggalan Anda dengan les bahasa inggris dan mencatat kalimat-kalimat yang harus Anda ucapkan di saat genting. Kesampingkan dulu masalah grammar atau tenses karena yang terpenting adalah Anda bisa berkomunikasi dengan orang lain di tempat yang Anda tuju.

Ini dia beberapa jenis kalimat penting sebelum liburan yang harus Anda catat dan hapalkan:

1. Kalimat Perkenalan

Ketika tiba di sebuah wilayah asing, mau tidak mau Anda pastinya akan bersinggungan dengan masyarakat asli yang ada di tempat tersebut. Untuk itu, Anda perlu menghapal kalimat perkenalan dan juga sapaan, untuk memperkenalkan diri dan juga menyapa masyarakat asli di sana. Seperti mengucapkan kata maaf, terima kasih, tolong, dan lain sebagainya.

Contoh:

  • I'm sorry.

  • Thank you.

  • Can you help me?

  • Excuse me.

2. Harga dan Nilai Tukar

Memang, beberapa tempat di sana sudah mencantumkan harga pasti yang harus dibayarkan pengunjung, seperti restoran, toko, atau bahkan tempat wisata misalnya. Akan tetapi, bagaimana jika Anda tengah pergi ke kawasan pecinan di mana banyak penjual makanan atau sovenir di pinggir jalan yang tidak mencantumkan harga? Atau ketika Anda naik kendaraan umum, misalnya? Tentunya, Anda membutuhkan kalimat-kalimat untuk menanyakan harga dan nilai pembayarannya, bukan?

Contoh:

  • How much is it?

  • Hom much should I pay?

  • Could you give me the price list?

3. Lokasi dan Petunjuk Arah

Kalimat lain yang tidak kalah pentingnya adalah kalimat yang menunjuk lokasi dan juga petunjuk arah. Entah menggunakan tour guide ataupun tidak, penting hukumnya untuk menguasai jenis kalimat ini karena Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi pada Anda ketika berada di sana. Siapa tahu Anda tersesat dan tidak tahu arah, maka kalimat ini akan sangat membantu Anda.

Contoh:

  • Excuse me, how do i get to ..... please?

  • Excuse me, where is the .....?

  • Excuse me, can you tell me the way to ....?

Selain hal-hal yang sudah disebutkan di atas, jangan lupa pula untuk mencatat alamat lengkap dari tempat penginapan Anda dan lokasi-lokasi yang hendak Anda tuju. Ini akan memudahkan Anda untuk bertanya pada orang di sekitar dan juga bisa menjadi sarana identifikasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika Anda ingin lebih lancar berbicara bahasa Inggris ketika liburan nanti, Anda dapat mengisi nomor pada kolom di bawah dan temukan jawabannya!

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku