Menu

Kenalan dengan Guru Internasional di EF, Yuk!

Life at EF
2020.07.14

Sebagai salah satu tempat kursus bahasa Inggris terkemuka di dunia, EF dikenal memiliki jajaran pengajar yang memiliki kompetensi tinggi, termasuk di antaranya adalah para guru asing yang berdedikasi untuk mengajarkan siswa-siswi EF di Indonesia.

Nah, pada artikel kali ini EF Blog berkesempatan untuk mendengar cerita dari 3 guru asing yang telah membagikan pengalaman mereka selama mengajar di Indonesia.

Yuk, kenalan dengan mereka!

Ricky Dagnell, Sekolah EF Salemba

guru bule di EF salemba

Halo! Nama saya Ricky, dan saya adalah guru EF asal Britania Raya yang telah menjadi bagian dari EF selama enam tahun: tepatnya selama tiga tahun di Inggris dan tiga tahun di Indonesia. Saya telah bekerja di berbagai sekolah EF di Jakarta sebagai head of academics.

Saya pertama kali bertemu dengan murid dari Indonesia dan berkeinginan untuk mengajar di Indonesia, adalah saat saya mengajar EF Language Travel di Brighton. Pada saat itu, saya tengah menyelesaikan gelar master saya dalam pengajaran bahasa Inggris. Saya memutuskan untuk pindah ke Indonesia untuk melanjutkan perjalanan saya bersama EF, dan menemukan pengalaman baru yang menyenangkan!

Pada awalnya, saya hanya berencana untuk tinggal selama satu-dua tahun di Indonesia, tapi kini saya sudah menghabiskan tiga tahun di negara yang indah ini tanpa ada rencana untuk pindah.

Dulu, saat pertama kali saya melamar pekerjaan ini, saya sebenarnya hanya tahu sedikit tentang Indonesia. Namun, murid-murid dan guru-guru dari Indonesia yang bertemu dengan saya di Inggris memberitahu saya mengenai tempat dan budaya menakjubkan di Indonesia. Selama 3 tahun ini, saya telah berkeliling Indonesia dan menyaksikan bahwa Indonesia bahkan lebih indah dari yang saya bayangkan!

Dari semua hal tersebut, tentunya yang saya anggap paling berharga adalah murid-murid di EF. Saya merasa beruntung menjadi bagian dari cerita mereka saat belajar, karena selain sebagai pengajar, saya juga belajar dari mereka. Bagi saya, kelas di EF adalah sebuah lingkungan belajar saat guru dan murid sama-sama belajar dari satu sama lain, dan juga tumbuh bersama.

Di dunia, semuanya semakin berkembang baik dalam globalisasi dan koneksi antar manusia. Bahasa Inggris menjadi hal yang sangat penting sebagai sebuah bahasa global. Bagi murid-murid EF, bahasa Inggris telah membukakan mereka dunia penuh kesempatan emas baik dalam pendidikan, karir, bahkan kehidupan personal mereka.

Harapan saya, Indonesia akan mendapatkan dampak positif dan tumbuh sebagai sebuah negara dengan meningkatnya kemampuan bahasa Inggris di negara yang indah ini!

guru asing di EF Salemba
pengajar asing kursus bahasa Inggris

Sinenhlanhla Shelembe, Sekolah EF Pekalongan

guru bule di EF Pekalongan

Hai EFriends, nama saya Sinenhlanhla Shelembe, saya adalah guru asal Afrika Selatan yang mengajar di sekolah EF Pekalongan. Saya telah menjadi guru bahasa Inggris selama lima bulan di Pekalongan, sebuah kota kecil yang indah di Jawa Tengah, Indonesia.

Pertama kali saya tiba di Indonesia, saya menyadari bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya dan bahasa. Tidak ada tempat lain yang lebih menarik dari Indonesia, karena Indonesia mempunyai segalanya; dari mulai pantai, gunung dan kota-kota yang indah.

Selama saya berada di sini, saya telah memiliki pengalaman-pengalaman tidak tergantikan sebagai seorang guru asing yang bekerja dan tinggal di Pekalongan. Orang-orang Indonesia sangat baik dan bersahabat, setiap hari pasti ada orang yang mengajak saya berbicara dengan bersemangat. Saya sangat merekomendasikan Pekalongan sebagai sebuah kota yang harus semua orang kunjungi untuk merasakan pengalaman otentik dari Indonesia!

Selain itu, budaya berbahasa Inggris telah ada di Indonesia. Banyak perusahaan dan produk menggunakan bahasa Inggris sebagai media komunikasi. Karenanya, membantu anak-anak Indonesia untuk belajar bahasa Inggris sebagai bahasa kedua mereka merupakan sebuah peran yang sangat penting bagi saya, karena saya dapat menolong anak-anak untuk meraih mimpinya.

Mengingat tentang murid-murid saya, banyak sekali kenangan berharga yang saya ingat! Salah satu dari kenangan tersebut adalah ketika murid-murid saya atau orang tua wali murid mengungkapkan rasa terima kasih mereka kepada saya karena telah menjadi guru mereka. Atau, satu ketika ketika seorang siswa sadar bahwa ia mampu berbahasa Inggris, dan mereka menunjukkan perkembangan pesat dalam waktu yang singkat.

Walau demikian, bila saya dapat memilih satu kenangan, yang paling saya ingat adalah ketika saya mengajar kelas Small Stars dan murid-murid saya tidak mau kelas mereka berakhir karena kelas itu begitu menyenangkan. Sungguh satu memori yang tidak akan terlupakan bagi saya!

Saya berharap, siswa-siswi saya dapat menyadari mimpi mereka di masa depan dengan belajar bahasa Inggris, dan saya ingin membantu mereka menggapainya dengan menjadi pengajar yang menuntun setiap langkah mereka dalam belajar bahasa Inggris.

guru asing di EF Pekalongan

Angela Kolesnikova, Sekolah EF Pondok Indah

guru bule di EF Pondok Indah

Halo, nama saya Angela Kolesnikova, saya berasal dari Washington D.C., Amerika Serikat! Saat ini saya mengajar di sekolah EF Pondok Indah dan saya telah menjadi guru di sini selama dua tahun.

Selama menjadi guru di EF, mengajar anak-anak dan remaja telah membawa banyak hal yang membuat hidup saya berwarna. Apa yang memotivasi saya? Tentu saja ketika seorang siswa menunjukkan antusiasme dan minat mereka dalam belajar bahasa Inggris. Saya merasa sangat bersyukur dapat melihat perkembangan mereka dalam meningkatkan kemampuan berbahasa—seperti kemampuan berbicara, menulis, membaca dan mendengar.

Suatu ketika, saya melihat seorang siswa Small Stars membaca sebuah kalimat bahasa Inggris dengan sempurna. Hal tersebut benar-benar membuat saya senang! Saya semakin bermotivasi untuk memberikan pengetahuan yang lebih luas kepada seluruh siswa di EF dan membantu mereka mencapai kesuksesan dalam hidup mereka, mengingat fakta bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa yang sangat penting dalam zaman globalisasi ini.

Di EF, saya sangat senang untuk mendapatkan kesempatan untuk mengajar siswa-siswi dengan beragam usia dan latar belakang. Menurut saya hal ini merupakan pengalaman yang unik, karena saya dapat melihat cara pembelajaran dan perilaku yang beragam dari setiap tingkatan usia yang berbeda.

Contohnya saja, saya merasa benar-benar terenyuh ketika seorang murid Small Stars mencoba berkomunikasi dengan saya dalam bahasa Inggris, dan mengatakan hal seperti: “It’s good to see you, miss Angela.” (Senang bertemu denganmu, Miss Angela.)

Saya juga sangat senang melihat antusiasme murid-murid High Flyers ketika mereka mulai memasuki materi baru, karena mereka dapat mempelajari lebih banyak bahasa Inggris dengan topik dan kosakata yang sama sekali baru bagi mereka. Antusiasme mereka bahkan menular kepada saya!

Sementara itu, untuk murid saya yang berusia remaja, saya sangat menyukai diskusi mengenai topik yang lebih berat. Mereka selalu senang memberitahu saya cerita tentang Indonesia dan kehidupan di dalamnya. Sebagai balasannya, saya juga membagikan pengalaman hidup saya dan gambar-gambar dari kampung halaman saya di Amerika Serikat. Saya merasa sesi berbagi ini sungguh memberi saya pelajaran baru yang sangat penting. Hubungan dengan murid-murid saya menjadi hal yang paling berharga bagi saya sebagai seorang guru.

Mengingat bahasa Inggris kini menjadi semakin populer dan banyak digunakan di Indonesia, sekolah bahasa Inggris seperti EF akan semakin berkembang. EF juga telah menyediakan program online learning yang banyak dicintai oleh siswa-siswi saya dan orang tua wali murid mereka.

Saya melihat antusiasme dan ketertarikan yang sangat besar dari anak-anak muda di Indonesia dalam belajar bahasa Inggris. Ke depannya, saya berharap semakin banyak orang Indonesia yang bisa merasakan pengalaman dan kesempatan berharga untuk belajar di sekolah EF seluruh Indonesia!

guru asing di EF Pondok Indah
pengajar asing kursus di pondok indah

Setelah membaca cerita dari ketiga guru bule EF di atas, apakah kamu dapat melihat pesan moral yang disampaikan oleh mereka?

Seperti ketiga guru di atas, seluruh pengajar di EF memiliki komitmen dan kompetensi yang sangat besar dalam mengajar bahasa Inggris untuk murid-murid di Indonesia. Bagi mereka, menjadi ‘guru’ bukan hanya sekedar pekerjaan, namun juga sebuah dedikasi tinggi untuk membantu siswa-siswinya dalam mencapai mimpi mereka!

Ayo bertemu dengan lebih banyak guru-guru EF dan belajar bahasa Inggris dengan menyenangkan melalui program-program andalan milik EF. Eits, kamu juga punya kesempatan untuk mendapatkan potongan harga khusus dalam Promo Program Online EF kali ini loh!

Ingin menjadi bagian dari keluarga EF? Yuk, isi nomormu pada formulir di bawah ini, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk menjadi generasi penerus bangsa yang berkompetensi global!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.