Menu
conditional sentence tipe 1

Kalimat Pengandaian (Conditional Sentence) Tipe 1

grammarstructure
2020.05.02

Conditional sentence atau kalimat pengandaian merupakan salah satu pengungkapan dalam bahasa Inggris untuk menyatakan hal-hal yang diharapkan atau diandaikan untuk terjadi.

Misalnya :

If you buy the new book, you will enjoy reading the story.

(Jika kamu membeli buku baru itu, kamu akan menikmati membaca cerita di dalamnya.)

Pada kalimat tersebut, terdapat dua buah klausa, yakni klausa utama (You will enjoy reading the story) serta klausa bawahan (If you buy the new book) yang tidak dapat berdiri sendiri. Kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris dibagi menjadi tiga jenis, masing-masing bergantung pada kemungkinan hal yang diharapkan atau diandaikan dapat terjadi.

Artikel ini akan dijelaskan bentuk pengandaian yang pertama.

Bentuk kalimat pengandaian pertama disebut conditional sentence type 1 (kalimat pengandaian jenis pertama). Dalam conditional sentence type 1 ini, kemungkinan harapan atau pengandaian yang dilakukan subjek kemungkinan besar dapat terjadi karena bentuk waktu (tenses) bagi dua buah klausa (klausa utama dan klausa bawahan).

Pola bentuk pertama ini adalah sebagai berikut:

If + subjek + simple present tense (Verb 1) + subjek + simple future tense (will + Verb 1)

Atau dapat pula diputar balik urutannya menjadi:

Subjek + simple future tense (will + Verb 1) + if + subjek + simple present tense (Verb 1)

Contoh-contoh dalam kalimat adalah sebagai berikut.

  • If she wakes up earlier, she will not miss the morning class. (Bila dia bangun lebih pagi lagi, dia tidak akan melewatkan kuliah pagi itu.)

  • They will buy a new sofa for the living room if Sue brings them to the funiture exibition. (Mereka akan membeli sebuah sofa baru untuk ruang tamu bila Sue mengajak mereka ke pamern funiture itu.)

  • If Donald does not make a goal, the team will be totally lost. (Bila Donald tidak mencetak gol, tim tersebut akan benar-benar kalah.)

  • Aini and May will not come to your party if you do not send them invitations. (Aini dan May tidak akan datang ke pestamu bila kamu tidak mengirimkan undangan-undangan mereka.)

Bagaimana? Apakah kini kamu sudah dapat membuat kalimat menggunakan conditional sentence tipe pertama?

Selain membaca mengenai conditional sentence, akan lebih baik jika kamu memahami lebih dalam mengenai penggunaan tenses dan future tense.

EF juga kini mempunyai program eksklusif dengan penawaran terbatas yang dapat meningkatkan kemampuanmu dalam menulis. Yuk, isi formulir di bawah ini untuk mencoba kelas demo gratis!

Incorrect phone number
Dapat Diskon Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.