Menu
job and occupation
Grammar and Vocabulary

Job and Occupation dalam Bahasa Inggris

tom thunder
Author
Tom Thunder
2022.04.08

Sudah tahu perbedaan dari job dan occupation? Job adalah jenis pekerjaan dan kumpulan tugas, sedangkan occupation lebih mengekspresikan kepada pekerjaan atau profesi yang diambil untuk menghasilkan uang dalam jangka waktu tertentu.

Lalu, apa saja jenis job and occupation dalam bahasa Inggris?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Pada dasarnya, jenis pekerjaan ini sangat banyak. Mulai dari salesman, reporter, secretary, hingga miner. Setiap job and occupation tentunya memiliki fungsi dan tugasnya masing-masing. Apakah kamu ingin tahu job and occupation apa saja dalam bahasa Inggris?

Yuk, kita belajar bersama dalam artikel ini! 😉

1. Aktor: Actor

aktor korea

Pasti kamu sering menonton serial di TV maupun di platform favorit, kan? Nah pria yang berperan sebagai pelaku dalam setiap kejadian penting atau paling sering disorot inilah yang dimaksud sebagai aktor (actor).

Terdapat beberapa jenis aktor (actor), di antaranya adalah aktor intelektual, aktor karakter, aktor manajer, aktor pembantu, dan aktor pratean. Setiap aktor memiliki bakat dan kemampuannya dalam akting sehingga kita yang menontonnya akan merasa bahwa kejadian dalam film tersebut seperti benar-benar dirasakan oleh aktor tersebut.

Dari banyaknya aktor di dunia ini, siapa aktor favoritmu?

2. Aktuaris: Actuary

job aktuaris

Apakah kamu suka dengan teori matematika, statistika, dan ekonomi? Mungkin kamu cocok untuk mengambil job and occupation sebagai aktuaris (actuary).

Aktuaris (actuary) adalah seorang ahli dalam bidang matematika, statistika, dan penerapan ilmu ekonomi untuk menyelesaikan setiap persoalan yang bersifat aktual dalam dunia bisnis, khususnya dalam mengatasi risiko (risk).

Seorang aktuaris (actuary) ini umumnya bekerja di perusahaan yang bergerak di industri keuangan seperti perusahaan asuransi.

3. Pramugari: Air Steward

pramugari

Apakah kamu memiliki cita-cita sebagai pramugari? Jika iya, kamu harus tahu bahasa Inggris pramugari, yaitu air steward.

Pramugari adalah sebutan untuk staf atau karyawan perusahaan pengangkutan umum (udara, darat, dan laut) yang bertugas untuk melayani penumpang. Tugas seorang pramugari (air steward) yaitu untuk menjaga keselamatan dan melayani penumpang selama perjalanan.  

4. Pengacara: Attorney

pengacara

Pengacara dalam bahasa Inggris adalah attorney, merupakan orang yang berprofesi sebagai pemberi jasa hukum, baik di luar maupun di dalam pengadilan.

Singkatnya, seorang attorney adalah ahli hukum atau advokat yang memiliki kewenangan untuk memberi nasihat dan membela perkara dalam pengadilan.

Berdasarkan job and occupation, apakah kamu ingin menjadi seorang pengacara atau attorney juga?

5. Tukang Roti: Baker

roti

Job and occupation seorang baker bisa dilihat berdasarkan perannya untuk mencampur dan memanggang bahan untuk membuat roti, hingga membentuk dan menghiasnya menjadi semakin cantik.

Membuat roti tidak semudah itu, loh. Kita perlu belajar beberapa teknik supaya roti yang dihasilkan memiliki cita rasa yang tinggi dan tingkat kematangannya yang sempurna.

6. PNS: Civil Servant

PNS

PNS atau Pegawai Negeri Sipil dalam bahasa Inggris adalah civil servant. Seorang civil servant merupakan bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menjalankan tugas sesuai dengan jabatannya.

Peran utama dari seorang civil servant yaitu menciptakan sistem dalam suatu negara yang berfokus pada peningkatan taraf hidup masyarakat.

7. Insinyur: Engineer

insinyur

Insinyur disebut juga sebagai rekayasawan yang berprofesi dalam bidang rekayasa. Seorang insinyur atau engineer selalu menggunakan pengetahuan ilmiah yang dimilikinya untuk menyelesaikan masalah, terutama yang berbasis teknologi.

Seorang engineer umumnya bekerja dalam hal desain pengembangan, pengujian, proses produksi, dan perawatan. Engineer akan selalu tahu dan paham penyebab dari kerusakan alat sehingga dapat mengatasi setiap permasalahan dengan baik.

8. Guru: Teacher

guru bahasa inggris

Dari job and occupation di atas, terdapat satu profesi yang mengantarkan mereka dalam menjajaki profesinya. Ia adalah guru (teacher).

Seorang guru merupakan pengajar ilmu yang bertugas untuk mendidik, mengajar, membimbing, menilai, hingga mengevaluasi muridnya. Pekerjaan sebagai guru ini adalah sebuah profesi yang mulia, karena kita tidak akan bisa menjadi seperti saat ini tanpa guru-guru pengajar yang memberikan kita ilmu tanpa batas.

Misalnya adalah guru bahasa Inggris (English teacher) yang berusaha untuk membantu kita meningkatkan kemampuan bahasa Inggris sampai menjadi masternya. Terutama jika kamu belajar di EF dan mengikuti kelas demo GRATIS pastinya akan tahu bagaimana metode pembelajaran yang diberikan oleh guru profesional untuk membantu muridnya belajar dengan cepat dan mudah.

Tentunya setiap guru memiliki teknik pembelajarannya yang berbeda-beda. Oleh karena itu, yuk ikut bergabung dalam di EF dan raih kesempatan mendapatkan EXTRA Diskon EF setiap bulannya!