Menu
surat undangan bahasa inggris
Reading and Writing

Jenis dan Contoh Invitations dalam Bahasa Inggris

2021.08.13

Pernahkah kamu dapat undangan ulang tahun temanmu? Atau undangan untuk menghadiri kelulusan di sekolahmu? Ketika kita diminta menghadiri suatu acara terkadang kita akan dikirimkan sebuah undangan.

Seperti namanya tujuan undangan adalah untuk mengundang kita datang dan hadir pada acara tersebut. Perlu kamu ketahui bahwa undangan tidak bisa sembarangan ditulis, lho. Cara untuk mengundang dalam satu acara dengan acara lainnya pun berbeda.

Nah, sebenarnya ada apa saja ya jenis invitation dalam bahasa Inggris? Kira-kira apa yang membedakan jenis invitation tersebut?

Yuk kita simak artikel di bawah ini!

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Surat undangan adalah permintaan tertulis atau lisan untuk mengundang seseorang pergi ke suatu tempat atau melakukan sesuatu. Undangan adalah permintaan, ajakan, atau upaya untuk membuat orang lain bergabung di acara tertentu.

Ketika menulis surat undangan bisa dalam bentuk kartu undangan yang umumnya dianggap sebagai undangan resmi (formal) atau bisa juga dalam bentuk surat yang lebih santai (informal)

Formal Invitations

Surat undangan resmi ditulis untuk acara formal seperti pernikahan, upacara kelulusan, pembukaan sebuah toko, atau acara yang bersifat resmi lainnya. Karena bersifat formal, surat undangan resmi ditulis dengan menggunakan bahasa yang formal dan struktur kata yang lebih sopan.

Penulisan untuk surat undangan formal harus memberikan informasi secara rinci, Undangan harus bisa menjawab pertanyaan: who (siapa yang mengundang), whom (siapa yang diundang), when (kapan acara berlangsung), where (di mana acara berlangsung), what (jenis acaranya).

Contoh Surat Undangan Formal

Dear Madam Flora,

I am pleased to inform you that you are cordially invited to the opening of Sun Bakery House. This event will be organized at Sun Bakery House and be held on 15th July 2021 at 1 p.m. A lunch has arranged in between the event to make it more enjoyable.

Please remember to RSVP before 14th July 2021 by contacting us at our number or emailing us and inform us the number of guests you wish to bring with you.

We are looking forward to your attendance at the event.

Sincerely.

Justin

Event Coordinator

Informal Invitations

Dibandingkan dengan surat jenis formal, pada undangan informal umumnya berbentuk seperti surat pribadi. Surat undangan formal bisa digunakan untuk mengundang keluarga, teman, kerabat, atau orang-orang yang memiliki hubungan dekat.

Penulisan dalam undangan informal menggunakan gaya bahasa yang lebih santai, ramah, dan hangat. Biasanya surat undangan informal ditulis pada teman atau keluarga untuk menghadiri acara seperti makan bersama, pesta ulang tahun, atau kumpul keluarga.

Contoh Surat Undangan Informal

27, Apple Tree Road

13th July 2021

Dear Vic,

I have much pleasure in inviting you to my sweet seventeen birthday party. I am holding a small party on the 19th of July at my home. The party will be help up at 10 a.m. until 2 p.m. Please let me know before the date if you can join me on this happy occasion.

I hope that you will be able to come.

With love,

Kev.

Setelah membaca dua jenis undangan di atas, apakah sekarang kalian sudah bisa membedakan undangan formal dan informal? Undangan formal ditujukan untuk acara-acara resmi dan penting sedangkan undangan informal lebih ditujukan kepada teman, keluarga, atau kerabat terdekat.

Untuk itu kalian harus memperhatikan acara apa yang diselenggarakan dan untuk siapa undangan tersebut sehingga kalian tidak salah dalam menulis invitation. Kalian bisa berlatih untuk menulis undangan untuk semakin memperlancar pemahaman kalian mengenai invitation dalam bahasa Inggris.

Ternyata belajar bahasa Inggris bisa terasa sangat mudah ‘kan? Begitu juga jika kamu bergabung dengan EF! Dengan materi bahasa Inggris yang seru, belajar bahasa Inggris akan terasa menyenangkan. Ditambah lagi kamu akan dibimbing oleh guru-guru yang pastinya profesional.

Kamu bisa mendapat kelas demo GRATIS hanya dengan mengisi nomor teleponmu pada tombol berwarna pink di bawah ini. Mudah sekali ‘kan?

Mari belajar bersama di EF!

*Syarat dan Ketentuan berlaku
*Promo terbatas