Menu
damkar
Grammar and Vocabulary

Istilah Pemadam Kebakaran dalam Bahasa Inggris

tom thunder
Author
Tom Thunder
2022.05.06

Siapa di antara kamu yang bercita-cita menjadi seorang pemadam kebakaran? Pemadam kebakaran merupakan salah satu pekerjaan yang mulia karena menempatkan diri pada situasi berbahaya ketika bekerja dan berupaya keras untuk menyelamatkan nyawa serta properti di antara kobaran api.

Selain menyelamatkan nyawa, seorang pemadam kebakaran harus bisa merawat orang yang terluka dengan cepat, mengemudi mobil damkar, mengendalikan selang air, dan siap selalu untuk berlatih kebugaran agar fisik mereka menjadi kuat.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Nah kali ini kita akan mempelajari istilah pemadam kebakaran atau fire and safety dalam Bahasa Inggris yang harus kamu tahu. Sudah penasaran apa saja istilahnya? Let’s get right into it!

1. Fire Extinguisher

Fire Extinguisher

Mungkin kamu tidak asing lagi dengan fire extinguisher. Alat ini kerap kita jumpai di mana saja sebagai pertolongan pertama ketika terjadi kebakaran.

Fire extinguisher adalah bahan pemadam api yang berfungsi untuk menurunkan titik beku larutan. Namun, apakah kamu sudah tahu cara memakainya?

Tata cara penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) ini sangatlah mudah, yaitu dimulai dari pelepasan pin pengunci tuas tabung, arahkan selang ke titik pusat api, tekan tuas, dan sapukan sampai merata.

Dalam Bahasa Inggris kita dapat mengenalnya dengan metode PASS, yaitu full the Pin, Aim the base of fire, Squeeze handle, dan Sweep side to side.

2. Askarel

askarel

Askarel merupakan bahan isolasi listrik sintetis yang tidak dapat menyala apabila terdekomposisi akibat percikan listik. Askarel hanya menghasilkan gas atau campuran yang tidak dapat meledak. Askarel biasanya digunakan sebagai bahan pelapis atau isolasi pada trafo.

3. Anti-Theft Alarm

Anti-Theft Alarm

Sesuai dengan Namanya, anti-theft alarm atau alarm anti maling berfungsi untuk menghindari maling yang masuk ke dalam rumah. Alat ini kerap digunakan dalam fier and safety.

4. Fire Triangle of Combustion

Fire Triangle of Combustion

Apakah kamu pernah mendengar drone tenaga surya? Ternyata ada loh drone yang dilengkapi oleh panel surya.

Drone ini merupakan Feiyun atau pesawat tanpa awak yang dikembangkan oleh China Aerospace Science and Industry Corp. sejak tahun 2018. Fungsi Feiyun yaitu sebagai alat yang dapat mendukung jaringan komunikasi darurat di daerah terpencil dan pengindraan darat jarak jauh.

5. Cooling, Smothering, Starving, dan Inhibition

metode damkar

Cooling, smothering, starving, dan inhibition merupakan metode memadamkan api dengan memutuskan pembentukan tethedron api.

Cooling yaitu metode mendinginkan bahan bakar dengan menyiram air pada bahan yang terbakar. Smothering yaitu metode untuk memotong pasokan oksigen seperti memberikan foam atau karbondioksida. Starving yaitu metode untuk memotong pasokan bahan bakar dengan memberhentikan pasokan gas yang ada di dalam pipa. Inhibition yaitu metode yang menghentikan reaksi kimia dengaan memberikan dry chemical powder.

Selain 5 istilah pemadam kebakaran di atas, masih banyak istilah damkar lainnya yang perlu kamu tahu seperti aerial ladder platform, anchor point, area of origin, assisting agency, attic ladder, automatic sprinkle system, backdraft, backfire, beam, boiling point, boundary drop, bownline, class fire (A-K), control zones, cryogenic, dan lain sebagainya.

Apabila saat ini kamu ingin mengetahui lebih banyak lagi kosakata tentang damkar dan yang lainnya, yuk ikut belajar di Free Demo Class EF. Selain bisa menambah perbendaharaan kosakata dalam bahasa Inggris, di sini kamu juga akan mendapatkan banyak pengalaman dari petualangan seru Bersama dengan teman-teman dan guru di kelas.

Sebelum promonya habis, daftar sekarang juga yuk! 😉