Menu
istilah penerbangan
Grammar and Vocabulary

Daftar Istilah Penerbangan dalam Bahasa Inggris

tom thunder
Author
Tom Thunder
2022.07.22

Kamu ingin liburan naik pesawat. Tapi, kamu belum pernah naik pesawat sebelumnya? Belum tahu juga istilah-istilah penerbangan dalam bahasa Inggris? Simak terus artikel ini sampai tuntas ya!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Untuk sebagian orang yang sudah pernah naik pesawat tentu sudah tidak asing lagi kan dengan istilah-istilah penerbangan, tapi untuk kamu yang baru pertama kali pasti kebingungan dengan beberapa istilah penerbangan yang ada.

Take off, landing, delay, boarding, arrival, departure dan lain sebagainya, mungkin istilah penerbangan tersebut sudah tidak asing, kan? Tapi tahukah kamu maksud dari istilah penerbangan tersebut? Kalau belum tahu, kita bahas sama-sama yuk!

pesawat bahasa inggrisnya

Berikut ini daftar istilah penerbangan yang harus kamu ketahui!

1. Take Off

Take off adalah situasi dimana pesawat akan lepas landas atau terbang. Nah, pada situasi ini seluruh penumpang wajib mengikuti arahan dari cabin crew.

2. Landing

Landing itu kebalikan dari take off. Kalau take off berarti lepas landas, landing adalah situasi yang digunakan ketika pesawat akan mendarat. Pada situasi ini, seluruh penumpang juga diminta untuk mengikuti arahan dari cabin crew.

3. Arrival

Nah, Arrival sendiri artinya adalah kedatangan. Jadi, arrival merupakan salah satu area yang ada di bandara yang berfungsi sebagai area kedatangan. Di mana setiap penumpang yang baru saja mendarat pasti melewati area ini.

4. Departure

Departure berarti keberangkatan. Jadi, departure merupakan area yang digunakan oleh penumpang pesawat sebagai area keberangkatan. Pada area ini juga penumpang bisa check-in dan mendapatkan info keberangkatan.

5. Check-In

Check-In merupakan salah satu proses pengecekan identitas penumpang yang sudah memiliki tiket, tujuan keberangkatan, dan informasi lainnya. Check-In dilakukan sebelum keberangkatan.

6. Boarding Pass

Nah, boarding pass merupakan sebuah tanda yang diberikan kepada penumpang untuk dibawa ketika masuk kedalam pesawat. Boarding pass difungsikan untuk menunjukkan bahwa penumpang tersebut sudah melakukan proses check-in dan siap naik ke pesawat.

7. Delay

Delay merupakan istilah penerbangan yang digunakan ketika pesawat mengalami keterlambatan atau tidak sesuai dengan jadwal yang tertera pada tiket.

8. Transit

Transit adalah istilah penerbangan yang digunakan ketika kamu harus berhenti sebentar di bandara lain sebelum melanjutkan perjalanan ke bandara tujuan.

9. Baggage dan Baggage Tag

Baggage adalah barang-barang yang dibawa penumpang seperti koper, tas, atau barang lain yang nantinya akan dimasukkan ke dalam bagasi dan diurus oleh pihak bandara. Sementara baggage tag adalah sebuah tanda yang diberikan oleh petugas bandara untuk ditempelkan pada koper atau barang-barang yang dibawa dan disimpan di bagasi.

10. Cabin Crew

Kalau kamu merasa asing dengan istilah cabin crew kamu jangan khawatir, karena cabin crew merupakan salah satu istilah penerbangan yang berarti Pramugari dan Pramugara yang bertugas pada penerbangan tersebut.

Nah, itu tadi beberapa istilah penerbangan dalam bahasa Inggris yang kamu harus tahu! tidak susah, kan? karna kosakata bahasa Inggris mengenai penerbangan sudah bertambah, kamu sudah tidak ragu untuk naik pesawat kan?

Selain kosakata mengenai penerbangan di EF Blog ada banyak kosakata lain loh, penasaran apa saja? cari tahu di EF Blog yuk!

Kalau kamu ingin belajar hal lain selain kosakata atau vocabulary masih ada Free Demo Class nih buat kamu! Disini kamu akan diberikan materi-materi seru oleh guru-guru yang profesional loh, jadi kamu tidak akan merasa bosan untuk belajar bahasa Inggris. sebelum kehabisan tempat, daftar sekarang juga ya! 😉