Menu
siang dan malam bahasa inggris
Grammar and Vocabulary

Cara Tepat Menyebut Siang dan Malam dalam Bahasa Inggris

2021.12.08

Ketika ingin memberi salam di pagi atau siang hari kepada seseorang biasanya kita akan mengucapkan ‘Selamat Pagi’ atau ‘Selamat Siang’. Lalu, bagaimana cara menyebut siang dan malam dalam bahasa Inggris yang tepat?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Dalam bahasa Inggris, terdapat banyak ekspresi yang bisa kamu ucapkan untuk memberi salam kepada seseorang. Mengucapkan salam atau greetings ini menjadi sebuah budaya yang harus kita lakukan sebagai makhluk sosial di bumi ini.

Beberapa bentuk greetings yang sering diucapkan seseorang di antaranya yaitu: Hi, hello, how are you, how do you do, how is it going, dan bisa juga dengan menyebut waktu seperti good morning, good evening, atau good night.

Berdasarkan greetings yang menyebut waktu tersebut, terdapat beberapa hal penting yang harus kamu tahu untuk menyebut pagi, siang, atau malam dalam bahasa Inggris yang tepat. Oleh karena itu, simak artikel ini sampai tuntas ya! 😉

1. Early morning

Early morning artinya adalah pagi sekali yang dimulai dari dua jam sebelum matahari terbit. Waktu yang tepat untuk menyatakan early morning ini yaitu sekitar pukul 05.00 AM hingga 08.00 PM.

Contoh: Ben wakes up early because he doesn't want to miss his flight

2. Dawn

Serupa dengan early morning, dawn diartikan sebagai subuh atau fajar dengan waktu di antara pukul 05.00 AM saat matahari akan terbit.

Contoh: Rina and Beni have jogging together from dawn to 10:00 AM

3. Morning

morning artinya

Biasanya kita akan mengucapkan greetings selamat pagi kepada seseorang seperti Good Morning. Ucapan ini kerap digunakan karena untuk menyatakan morning (pagi) bisa diekspresikan sejak matahari terbit hingga pukul 12.00 PM.

Contoh: Good morning, sir! How are you today?

4. Early afternoon

Early afternoon diartikan dalam bahasa Indonesia sebagai waktu pagi menjelang siang. Waktu yang tepat untuk menyebut early afternoon yaitu sekitar pukul 11.00 AM sampai 01.00 PM.

Contoh: Lisa go to the beach in the early afternoon

5. Noon

noon artinya

Noon artinya adalah siang atau tengah hari. Waktu yang tepat untuk menyebut bahasa Inggrisnya siang yaitu sekitar pukul 12.00 PM.

Contoh: Today, Mr. Joni's class ends at noon

6. Afternoon

Setelah pagi dan siang, maka bahasa Inggrisnya sore adalah afternoon. Waktu yang tepat untuk menyebut afternoon dalam bahasa Inggris yaitu mulai dari pukul 12.00 PM sampai 05.00 PM.

Contoh: Ben prefers to swim at the beach in the afternoon

7. Late afternoon

Late afternoon artinya adalah siang menjelang sore yang dimulai dari pukul 04.00 PM sampai 06.00 PM.

Contoh: After swimming, Ben and his family enjoy the beach in the late afternoon

8. Early evening

Early evening artinya adalah sore menjelang malam. Waktu yang tepat untuk menyebut early evening yaitu pada pukul 05.00 PM sampai dengan 07.00 PM.

Contoh: The film will start in the early evening

9. Dusk

Dusk artinya adalah petang atau senja. Biasanya para native speaker akan menyebut kata dusk di waktu terbenamnya matahari.

Contoh: Rina studied with her friends from morning to dusk.

10. Evening

evening artinya

Evening artinya adalah malam. Waktu yang tepat untuk menyatakan bahasa Inggrisnya malam yaitu pada pukul 5.00 PM sampai dengan 11.00 PM.

Contoh: Owls always make noises in the evening

11. Late evening

Ketika jam sudah menunjukkan pukul 9.00 PM sampai dengan pukul 11.00 PM maka kamu dapat menyebut bahasa Inggrisnya malam dengan kata late evening, yang artinya adalah larut malam’

Contoh: Beni always sleeps late evening

12. Midnight

Midnight artinya adalah tengah malam. Waktu yang tepat untuk menyebut kata ini yaitu sekitar pukul 12.00 AM.

Contoh: My uncle said that every midnight there is always something scary if I don't sleep early

13. Middle of the night

Ketika waktu menunjukkan puku 01.00 AM sampai dua jam sebelum matahari terbit maka diartikan sebagai middle of the night atau tengah malam menjelang pagi.

Contoh: My plane will arrive at the midnight of the night at Soekarno Hatta airport

Berdasarkan 13 cara di atas, apakah sekarang kamu sudah paham bagaimana membedakan cara menyebut waktu siang dan malam dengan tepat?

Umumnya kita akan menyederhanakan penyebutan waktu dengan hanya menyebut pagi, siang, dan malam saja. Akan tetapi tidak ada salahnya jika kamu memahami keberagaman waktu tersebut agar lebih tepat mengekspresikan greetings dan menyatakannya dalam suatu kalimat.

Oh iya! Sebelum kamu beralih ke halaman berikutnya, yuk ikutan kelas demo GRATIS belajar bahasa Inggris di EF.

Untuk informasi lebih lanjut terkait kelas GRATIS ini, kamu bisa daftarkan nomor telepon kamu pada formulir di halaman ini ya…

Sebelum kehabisan tempat, DAFTAR SEKARANG juga ya!