Menu
tips listening
Listening and Speaking

Cara Mudah Meningkatkan Kemampuan Listening Bahasa Inggris

2021.06.21

Mempelajari listening dalam bahasa Inggris tidak kalah penting dari kemampuan lainnya yaitu writing, reading, dan speaking. Padahal kemampuan listening sangat diperlukan untuk membuat kamu memahami bahasa Inggris.

Seringkali banyak yang kesulitan mempelajari listening karena dibutuhkan konsentrasi dan fokus yang tinggi. Apakah kamu salah satunya?

Tidak perlu bingung karena ada cara mudah untuk membantu kamu meningkatkan kemampuan listening. Yuk simak tips di bawah ini!

HORE! KAMU DAPAT KELAS DEMO GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mencoba kelas demo, GRATIS!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

1. Menonton Film/Video Tanpa Subtitle

menonton film bahasa inggris

Kegiatan menonton film memang menyenangkan. Namun, tahukah kamu menonton film bisa sekaligus menjadi sarana belajar listening bahasa Inggris?

Caranya adalah dengan tidak menggunakan subtitle bahasa Indonesia ketika kamu sedang menonton. Metode ini digunakan agar kamu fokus untuk mendengar audio yang berisikan bahasa Inggris. Dengan begitu semakin lama kamu akan terbiasa untuk mendengarkan percakapan dalam bahasa Inggris.

Ketika menonton film atau video kamu bisa memulai dengan mengganti subtitle bahasa Indonesia menjadi bahasa Inggris. Hal ini akan memudahkan kamu untuk mendengar sekaligus membaca kata-kata yang diucapkan sehingga kamu akan mengingat kata dengan mudah.

Apabila kamu sudah semakin mahir, latih dengan membiasakan menonton film atau video tanpa menggunakan subtitle sama sekali. Jadi, kamu bisa mengandalkan kemampuan listening bahasa Inggris yang kamu miliki ketika menonton film atau video.

2. Mendengarkan Podcast Bahasa Inggris

podcast bahasa inggris

Berlatih listening dengan podcast bisa menjadi alternatif ketika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk menonton film. Podcast dapat didengarkan di mana saja dan kapan saja sehingga kamu akan lebih fleksibel dalam belajar bahasa Inggris.

Pilihan podcast berbahasa Inggris pun sekarang sudah banyak tersebar, kamu tinggal memilih sesuai dengan yang ingin kamu dengarkan. Selain itu, belajar melalui podcast juga akan melatih kepekaan kamu terhadap audio berbahasa Inggris. Kamu akan mulai terbiasa untuk mendengarkan percakapan atau orang berbicara dengan bahasa Inggris.

3. Catat Kata-Kata yang Asing

mencatat kosakata asing

Ketika sedang belajar bahasa Inggris baik melalui film, video, atau podcast pasti kamu akan menjumpai kata-kata asing yang tidak kamu pahami artinya. Nah, jangan khawatir karena ini adalah tanda yang baik.

Apabila kamu menjumpai kata yang asing terdengar di telingamu pastikan kamu mencatat kata-kata tersebut. Setelah mencatat kemudian kamu jangan lupa untuk mencari tahu apa arti dan makna kata yang kamu tidak ketahui di dalam kamus.

Dengan begitu, kamu akan memperkaya pengetahuanmu dalam berbagai kosakata dalam bahasa Inggris. Jangan ragu untuk mencatat setiap kata asing yang kamu dengar ketika sedang belajar supaya kamu tidak akan bingung lagi ketika mendengarnya.

4. Latih dengan Mendengar Orang Lain Berbicara

melatih kemampuan listening

Tidak hanya belajar melalui film, video, atau podcast kamu juga bisa belajar listening secara langsung. Kamu bisa berlatih dengan mendengar teman, saudara, atau guru kamu ketika mereka berbicara bahasa Inggris.

Pastikan kamu mendengarkan dengan seksama dan ambil poin penting dari setiap pembicaraan. Ketika melakukan percakapan secara tidak langsung metode ini juga bisa sekalian melatih kemampuan speaking yang kamu miliki, lho!

Akan lebih baik lagi jika di lingkungan sekitar kamu ada native speaker sehingga kamu bisa mendengar bahasa Inggris langsung dari penutur aslinya. Pastinya kemampuan listeningmu akan bertambah.

Meningkatkan kemampuan listening ternyata dapat dilakukan dengan berbagai cara yang menyenangkan. Kamu hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan yang kamu miliki supaya kamu bisa berlatih listening dengan mudah.

Tidak lupa untuk sering melakukan latihan percakapan sehingga apa yang kamu pelajari dapat diaplikasikan dengan baik.

Apabila kamu masih kebingungan, EF akan membantumu untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki. Tidak hanya listening saja, tetapi kemampuan lain seperti reading, writing, dan speaking juga akan dipelajari. Kamu tidak perlu ragu karena metode pembelajaran di EF menyenangkan dan seru.

Saat ini EF sedang ada promo spesial untuk kamu yang mendaftar di bulan ini! Kamu juga bisa mendapatkan kelas demo gratis* yang bisa ditemukan pada laman ini.  Yuk segera daftarkan diri kamu dan tingkatkan kemampuan bahasa Inggris bersama EF!

Sampai berjumpa di kelas!