Menu
presentasi dalam bahasa inggris
Education Advice

Berlatih Presentasi dalam Bahasa Inggris

2020.05.06

Sebagai seorang pelaku bisnis, presentasi bukanlah hal tabu bagi Anda. Entah di hadapan klien, tim, atau mungkin di depan atasan Anda. Mungkin Anda sudah terbiasa melakukan presentasi dengan menggunakan bahasa indonesia, namun bagaimana jika audiens yang kita hadapi adalah klien internasional yang mewajibkan Anda berbicara full bahasa Inggris?

Tentunya, hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan diri dan meningkatkan kepercayaan diri dengan memperlancar kemampuan bahasa Inggris profesional Anda. Ketika Anda percaya diri, aura itu akan terpancar dan dirasakan oleh audiens. Audiens pun secara tidak langsung akan menaruh kepercayaan pada Anda. Berikut ini, adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan diri sebelum presentasi.

1. Penyusunan Materi

Tentukan apa saja yang ingin Anda sampaikan dalam presentasi dan tujuan yang ingin dicapai. Setelah selesai, susun materi tersebut dalam bahasa Indonesia. Tuliskan hal-hal penting yang ingin Anda bicarakan dan batasi pembahasan Anda tetap pada intinya. Ketika semuanya tuntas, mulailah menerjemahkan materi Anda ke dalam bahasa Inggris.

2. Penyusunan Tayangan (Slide)

Anda bisa membuat slide presentasi bahasa Inggris yang interaktif dan menarik, namun bukan berarti Anda dapat memenuhi tayangan Anda dengan gambar yang beraneka rupa. Gunakan ilustrasi secukupnya dan font yang mudah dibaca. Saat presentasi, Anda harus tetap menjaga kontak mata dengan audiens. Anda tidak boleh sering-sering melirik ke arah tayangan untuk membaca isi presentasi Anda. Anda bisa menyiapkan notes kecil untuk mencatat point penting. Namun, akan lebih baik jika Anda memahami seluruh isi presentasi sehingga tidak memerlukan notes kecil lagi.

Berlatih Presentasi

Setelah semua siap, mulailah melatih public speaking Anda. Berdirilah di depan kaca dengan dengan penuh percaya diri, dan mulailah berbicara. Bayangkan klien-klien yang sudah menunggu Anda untuk melakukan presentasi. Latih artikulasi dan pronounciation Anda saat mengucapkan kalimat demi kalimat dalam presentasi. Ini penting, sebab ketika kita berada di bawah tekanan, kita akan kesulitan mengatur artikulasi sehingga kalimat yang diucapkan tidak terdengar jelas.

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku