Menu
belajar bahasa inggris dengan mainan
Education Advice

Belajar Bahasa Inggris dengan Media Mainan

2020.04.01

Ketika bertanya pada anak, apa yang lebih disukai antara belajar dan bermain, mungkin sebagian besar akan menjawab bermain. Karena itulah, banyak produsen mainan yang memproduksi berbagai permainan edukasi. Ada beragam permainan edukasi yang memiliki ragam fungsi, dan permainan edukasi untuk belajar bahasa Inggris pada anak merupakan salah satu yang cukup banyak tersedia.

Berikut ini, adalah beberapa permainan edukasi untuk membantu anak belajar bahasa Inggris:

1. Scrabble

Dalam permainan ini, setiap anak akan memilih sekitar 8 buah huruf dari banyak huruf yang tersedia. Dari 8 buah huruf yang dimiliki, anak harus mampu membuat satu kata bahasa Inggris, untuk diletakkan pada papan scrabble. Tantangan dalam permainan ini yaitu, pemain harus membuat kata yang memiliki huruf yang sama dengan kata yang sudah ada pada papan. Untuk lebih memudahkan pemain, sebaiknya ijinkan mereka melihat kamus untuk menemukan kata yang kira-kira bisa dibuatnya.

2. Monopoli

Pasti kenal dong dengan permainan monopoli? Tapi, karena permainan kali ini bertujuan untuk membantu proses belajar, sebaiknya gunakanlah monopoli yang menggunakan bahasa Inggris. Selain itu, jika terjadi sebuah proses jual beli, mintalah semua pemain melakukannya dengan menggunakan bahasa Inggris. Jangan langsung memperbaiki ketika anak melakukan kesalahan, biarkanlah anak menyelesaikan transaksinya terlebih dahulu, dan setelah itu barulah perbaiki kesalahannya.

3. Word Champions dari EF

Permainan ini hanya tersedia di beberapa cabang lembaga kursus EF. Setiap pemain diberikan kotak berisi 36 token yang terdiri dari 4 kategori, kantong untuk menyimpan token selama permainan, penggaris khusus, dan kartu score. Untuk memainkannya, seorang pemain akan mengeluarkan sebuah token bergambar, pemain lain wajib menebak gambar apa itu dalam bahasa Inggris. Jika tebakannya benar, maka token tersebut akan menjadi milik pemain lawan, namun jika salah maka token akan kembali menjadi milik pemain. Hubungkan token dengan token lain yang memiliki warna sama (terdapat 3 warna). Lakukan terus hingga token semua pemain habis, dan kemudian hitung score untuk menentukan pemenangnya.

Belajar bahasa Inggris dengan media mainan ini akan membuat kegiatan belajar anak tentunya akan terasa lebih menyenangkan.

Untuk kamu yang ingin belajar bahasa Inggris dengan mudah dan menyenangkan, yuk isi nomormu pada kolom dibawah.

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku