Menu
Adverb of Frequency
Grammar and Vocabulary

Adverb of Frequency: Arti, Penjelasan, dan Contohnya

tom thunder
Author
Tom Thunder
2022.04.14
ben-imaga

Apakah kamu sudah tahu apa itu Adverb of Frequency dan contohnya? Di kehidupan sehari-hari kita sering lho menggunakan Adverb of Frequency dalam bahasa Indonesia. Lalu, bagaimana dan kapan menggunakan Adverb of Frequency dalam bahasa Inggris yang tepat?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Adverb of Frequency adalah sebuah kata atau frasa yang mengekspresikan seberapa sering kegiatan tersebut dilakukan oleh seseorang. Frasa yang akan kita temukan dalam Adverb of Frequency ini di antaranya adalah daily, weekly, often, rarely, dan lain sebagainya.

Misalnya ketika kamu hendak pulang dari sekolah maka ibumu akan selalu menelepon dan menanyakan kabar tentang keberadaanmu saat itu. Kalimat Adverb of Frequency yang mengekspresikan kejadian ini dapat kamu ungkapkan dengan β€œMy mother calls me on the phone frequently” atau β€œMy mother always calls me after school”.

Pada dasarnya Adverb of Frequency terbagi menjadi dua jenis berdasarkan spesifikasi waktunya, yaitu Adverb of Definite Frequency dan Adverb of Indefinite Frequency. Untuk mengetahui keterangannya lebih lanjut, yuk kita pelajari bersama perbedaannya di bawah ini!

Adverb of Definite Frequency

Penggunaan Adverb of Definite Frequency yang benar ialah dengan memperhatikan frekuensi suatu peristiwa atau kejadian dengan waktu yang spesifik. Keterangan waktu ini harus sudah dijelaskan kapan peristiwa itu kerap terjadi.

Frasa yang termasuk Adverb of Definite Frequency, yaitu hourly, daily, weekly, monthly, every, yearly, every second, twice a year, once a minute, twice, once, atau three time.

Contoh kalimat Adverb of Definite Frequency:
  • I and my family go to the zoo every week to see our favorite orang utan.our favorite animals. (Saya dan keluarga saya pergi ke kebun binatang setiap minggu untuk melihat hewan favorit kami.)

  • Every five minutes his alarm rang. (Setiap lima menit alarmnya berbunyi.)

  • My mother wakes me up every morning to have breakfast. (Ibuku membangunkanku setiap pagi untuk sarapan.)

  • Every time I see him, he keeps looking at his phone. (Setiap kali saya melihatnya, dia terus melihat teleponnya.)

  • His father keeps changing his car monthly. (Ayahnya terus mengganti mobilnya setiap bulan.)

  • Our family travelling yearly to get some healing, and this year we will go to New Zealand. (Keluarga kami bepergian setiap tahun untuk mendapatkan kesembuhan, dan tahun ini kami akan pergi ke Selandia Baru.)

Adverb of Indefinite Frequency

Berbeda dengan Adverb of Definite Frequency, khusus Adverb of Indefinite Frequency tidak perlu mengetahui waktu yang spesifik. Keterangan waktu yang dimaksud yaitu waktu perkiraan atau rentang waktu yang kerap terjadi.

Penentuan keterangan waktu atau seberapa sering peristiwa terjadi dalam Adverb of Indefinite Frequency ini dapat kamu gunakan persentase sebagai berikut:

  • 100% (always, constantly, usually, normally, frequently, regularly, often)

  • 50% (sometimes, rarely, occasionally, infrequently, seldom, hardly ever)

  • 0% (never)

Contoh kalimat Adverb of Indefinite Frequency:
  • He always studies so hard in English courses. He wants to be a winner of Spelling Bee Competition. (Dia selalu belajar begitu keras dalam kursus bahasa Inggris. Dia ingin menjadi pemenang Kompetisi Spelling Bee)

  • Bian visits the library frequently. He loves to read books. (Bian sering mengunjungi perpustakaan. Dia suka membaca buku.)

  • I hardly ever see Tom in low spirit just like now. Maybe there is something wrong with him. (Saya hampir tidak pernah melihat Tom dengan semangat rendah seperti sekarang. Mungkin ada yang salah dengan dirinya.)

  • I never found someone like you, the one who keeps trying hard in every situation. (Aku tidak pernah menemukan seseorang sepertimu, orang yang terus berusaha keras dalam setiap situasi.)

Setelah mempelajari Adverb of Frequency di atas dalam bahasa Inggris, apakah kini grammar dan vocabulary kamu sudah meningkat? Jangan lupa untuk dicatat dan upgrade terus bahasa Inggrismu ya!

Jika kamu butuh bantuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dengan cepat, EF telah menyediakan kelas demo GRATIS khusus untuk kamu!

Kapan lagi diajar langsung oleh guru profesional EF? Sebelum kehabisan tempat, daftar sekarang juga yuk! πŸ˜‰