Menu
writer
News and Lifestyle

8 Jenis Pekerjaan Baru buat Kamu Penulis Muda

Ben Small Stars
Author
Ben
2022.03.07

Apakah kamu gemar menulis? Jenis tulisan apa yang sering kamu tulis? Pasalnya semua orang bisa menulis, karena menulis adalah kegiatan yang lumrah dilakukan setiap orang sejak duduk di bangku sekolah. Namun, apakah kamu tahu bahwa menulis/writing bisa dijadikan sebagai profesi?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), menulis adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengungkap gagasan, ide, dan opini dalam kalimat. Terdapat banyak sekali pekerjaan baru yang bisa dilakukan bagi kamu si penulis muda baik itu inhouse writer ataupun freelance writer.

Mau tahu apa saja? Let’s get right into it!

1. Copywriter

copywriter

Apakah kamu pernah merasa sangat tertarik membeli sebuah produk dengan hanya melihat iklan yang ditayangkan? Tulisan atau copy yang disampaikan tersebut merupakan bentuk dari pekerjaan copywriter. Apa itu copywriter?

Copywriter merupakan pekerjaan di bidang penulisan yang bertujuan untuk memasarkan atau mempromosikan sesuatu. Tugas seorang copywriter yaitu merangkai kata untuk menjadi kalimat yang menjual, sehingga yang membaca tulisannya akan tertarik membeli layanan atau produk yang dipasarkan.

Tulisan copywriter bisa kamu temukan di berbagai platform, seperti website perusahaan, iklan di televisi, sosial media, jingle radio, hingga billboard.

2. Content Writer

Banyak orang yang mengatakan bahwa content writer merupakan pekerjaan yang sama dengan copywriter. Namun ternyata keduanya memiliki perbedaan loh. Apa bedanya content writer dan copywriter?

Berdasarkan tulisan, seorang copywriter menulis untuk tujuan komersial. Sedangkan seorang content writer menulis agar produk atau jasa yang ditawarkan dapat dengan mudah dicari melalui search engine misalnya dengan menulis artikel.

Content writer adalah salah satu profesi yang bertugas untuk menulis content pada website perusahaan atau klien. Dalam hal ini, seorang content writer biasanya sudah paham tentang SEO dan bisa mengoptimalkan penggunaan keyword.

3. Content Strategist

Content strategist bertujuan untuk menentukan kebutuhan konten. Mulai dari merencanakan publikasi konten, tipe konten yang sesuai, bagaimana mendistribusikan konten, dan mengukur tingkat keberhasilannya.

Seorang penulis yang berprofesi sebagai content strategis umumnya sudah memiliki skill menulis, menganalisis, dan perencanaan yang baik untuk mengelola konten online agar bisa mencapai tujuan perusahaan.

4. Blogger

blogger

Apakah kamu suka menulis blog? Cara untuk memperoleh penghasilan dari blog dapat dilakukan mulai dari menulis tulisan yang bermanfaat bagi pembacanya dan fokus untuk mengembangkan blog agar semakin banyak pengunjung yang berlangganan pada blog kita. Setelah itu, penghasilan dari blog ini akan kamu dapatkan jika kamu bersedia untuk menampilkan iklan di blog.

5. Technical Writer

Pada dasarnya, menjadi seorang technical writer memerlukan kemampuan untuk menulis istilah-istilah teknis yang kompleks menjadi bahasa yang mudah dimengerti.

Beberapa contoh penulisan yang ditulis oleh technical writer biasanya adalah desain atau membuat buku panduan, spesifikasi teknis, dan sebagainya.

6. UI/UX Writer

Apakah kamu pernah membuka website dan melihat sebuah petunjuk yang dapat mengarahkanmu pada opsi selanjutnya?

Ya, itu adalah bentuk pekerjaan dari UI/UX writer atau lebih mudahnya banyak dikenal dengan sebutan UX Writer. Profesi ini bertugas untuk memastikan bahwa user experience dapat diatasi dengan baik.

7. Editor

editor

Seorang editor bertanggung jawab untuk manuskrip yang siap dipublikasi. Editor bertugas untuk memperkuat naskah agar siap dipublikasikan dengan aman.

8. Translator

Apakah kamu menguasai bahasa lain selain bahasa Indonesia? Jika iya, kamu bisa memulai karier dengan menjadi seorang penerjemah bahasa. Pekerjaan ini biasanya paling banyak dicari pada bidang hukum, kesehatan, pendidikan, dan publikasi.

Apabila saat ini kamu ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris agar bisa menjadi penerjemah dan penulis keren lainnya, EF tengah membuka kelas demo GRATIS khusus untuk kamu loh!

Di dalam kelas kamu akan diajarkan banyak hal tentang cara menguasai bahasa Inggris dengan cepat dan mudah. Agar tidak kehabisan tempat, DAFTAR sekarang juga yuk! 😉

Ben Small Stars
Author
Ben