Menu
5 Tahap Penting dalam Melancarkan Bahasa Inggris
Education Advice

5 Tahap Penting dalam Melancarkan Bahasa Inggris

parenting tipstips belajar
Ben Small Stars
Author
Ben
2020.11.18

Saat anak sudah mulai belajar bahasa Inggris sejak dini, pertanyaan yang biasa muncul di pikiran orang tua adalah kapan atau butuh waktu berapa lama sampai anak bisa lancar bahasa Inggris, atau malah menjadikannya seorang bilingual? Apakah Anda juga pernah memikirkan hal serupa?

Jawaban atas pertanyaan ini bisa beragam tergantung seberapa intens anak belajar dan juga dukungan lingkungan sekitarnya. Satu hal yang pasti, tidak ada langkah instan agar bisa lancar berbahasa Inggris. Terdapat sebuah proses dan tahapan yang harus dilalui. Lalu, apa saja tahapnya?

Beli Kursus, Bisa Gratis Kursus?

Cuma di awal tahun 2021, kamu bisa gabung di EF dengan potongan harga khusus* dan kesempatan mendapatkan program gratis*! Isi data dirimu pada kolom di bawah ini sekarang!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Apakah Ada Tahapan dalam Melancarkan Bahasa Inggris?

cara terbaik mendidik anak

Sejumlah ahli linguistik dan pengajar bahasa Inggris berpengalaman di dunia, seperti Stephen Krashen dan Judie Haynes telah mengidentifikasi 5 tahap proses pembelajaran bahasa asing. Pada masing-masing tahapnya, terdapat penjelasan mengenai durasi umumnya serta kompetensi yang biasa dicapai di tahap itu.

Sebagai orang tua, Anda dapat menjadikan 5 tahap ini sebagai acuan untuk membantu anak Anda belajar dengan menyesuaikan materi belajarnya sesuai dengan tingkatannya. Dengan demikian, proses pembelajaran dalam melancarkan bahasa Inggris pun bisa menjadi lebih optimal.

5 Tahap Belajar Bahasa Inggris Hingga Lancar

tahap penting melancarkan bahasa inggris

Pre-Production (0-6 bulan)

Tahap ini dikenal juga dengan istilah ‘Silent Period’ karena anak baru saja mulai belajar bahasa Inggris. Oleh karenanya, ia cenderung masih pasif dan belum bisa banyak berbicara karena keterbatasan kosakata yang dikenalnya (sekitar 500 kosakata). Ia pun banyak mengandalkan aspek non-verbal seperti menggerakkan tangan dan mengangguk untuk menjelaskan maksudnya.

Kemampuan yang ditekankan pada tahap pertama ini adalah kemampuan pasif, seperti mendengar dan membaca. Tujuannya adalah supaya anak merasa familiar dahulu dengan bahasa Inggris. Untuk membantu mengembangkan kemampuannya, Anda bisa mengajaknya untuk sering mendengarkan lagu, menonton film, dan membacakan buku dalam bahasa Inggris.

Selain itu, Anda juga bisa mulai bertanya sesuatu yang bisa dijawab dengan aksi atau aspek non-verbal. Misalnya seperti “Show me…”, “Where is…?”, “Circle the…”

tahap penting melancarkan bahasa inggris

Early Production (6 bulan-1 tahun)

Pada tahap kedua, anak sudah mulai bisa memahami lebih banyak lagi kata dalam bahasa Inggris (sekitar 1000 kosakata). Selain itu, ia juga pelan-pelan mulai berani mengembangkan kemampuan bahasa Inggris aktifnya, dengan memproduksi kata dan frasa sederhana.

Untuk membiasakannya berbicara, Anda dapat memancingnya dengan pertanyaan sederhana seperti yes/no questions, either/or questions, dan pertanyaan lainnya yang bisa dijawab secara singkat. Ide lainnya adalah Anda juga bisa memintanya menyebutkan benda-benda yang ada di rumah dengan bahasa Inggris. Jika ia belum tahu, Anda dapat memberitahunya agar pembendaharaan katanya semakin banyak.

tahap penting melancarkan bahasa inggris

Speech Emergence (1-3 tahun)

Kemampuan bahasa Inggris anak semakin meningkat pada tahap ketiga ini. Pembendaharaan kosakatanya dapat meningkat hingga sekitar 3000 kata. Dalam kemampuan bahasa Inggris aktif, ia sudah lebih mahir dalam berbicara memproduksi kalimat-kalimat sederhana, meskipun kadang masih membuat kesalahan secara gramatikal. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar. Tugas Anda adalah terus menmbiasakannya berbicara menggunakan bahasa Inggris tanpa takut salah.

Misalnya, Anda dapat memintanya untuk menjelaskan atau bertanya sesuatu menggunakan bahasa Inggris. Pertanyaan-pertanyaannya dapat diawali dengan kata tanya seperti “Why…?”, “How…?” atau “Explain…”.

tahap penting melancarkan bahasa inggris

Intermediate Fluency (3-5 tahun)

Pada tahap keempat, kemampuan berbicara bahasa Inggris anak bisa semakin meningkat pesat jika dibiasakan dengan baik. Jumlah kosakata yang dikuasainya bisa mencapai hingga 6000 kata. Ia pun sudah mulai dapat berpikir langsung dalam bahasa Inggris, bukannya harus menerjemahkan kata per kata seperti sebelumnya. Sehingga, ia juga menjadi lebih fasih mengungkapkan pikirannnya dalam kalimat bahasa Inggris yang lebih terstruktur dan kompleks.

Jika anak sudah mencapai tahap ini, Anda dapat lebih sering menanyakan pendapatnya akan sesuatu, misalnya dengan kalimat tanya seperti “What do you think of…?” atau “What would happen if…?”. Selain kemampuan berbicara, Anda juga dapat mulai mengasah kemampuan menulis dan pemahamannya tentang grammar lebih dalam lagi.

tahap penting melancarkan bahasa inggris

Advanced Fluency (5-7 tahun)

Saat sudah mencapai tahap ini, dapat dikatakan bahwa kemampuan bahasa Inggrisnya dalam berbagai aspek, seperti berbicara, menulis, dan juga tata bahasa sudah semakin lancar. Anak sudah dapat menggunakan bahasa Inggris secara natural seperti penutur asli seusianya dan jumlah kosakata yang dikuasainya bisa terus bertambah.

Nah, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah meningkatkan kemampuan bahasa Inggris formal yang biasa digunakan dalam dunia akademik dan forum resmi. Anak dapat dibiasakan untuk misalnya menulis esai atau artikel ilmiah yang lebih panjang atau berlatih public speaking.

Sama seperti kemampuan lainnya, kemampuan berbahasa Inggris juga akan menjadi semakin lancar jika biasa digunakan terus-menerus. Anda dapat membantu proses pembelajaran anak dengan memfasilitasnya lingkungan belajar yang mendukung serta menjadi guru dan teman diskusinya.

EF juga menawarkan solusi untuk membantu melancarkan bahasa Inggris anak Anda melalui program belajar bahasa Inggris yang interaktif dan unik. Di EF, anak tidak hanya akan diajarkan 'materi', namun metode pembelajaran kami juga dapat menumbuhkan rasa cinta anak terhadap bahasa Inggris.

Penasaran? Yuk, gabung dengan program khusus dari EF sekarang!

Kami akan menunggu Anda!

Ben Small Stars
Author
Ben