Menu
cara menulis bahasa inggris
Reading and Writing

5 Cara Ampuh Belajar Menulis dalam Bahasa Inggris

2021.06.28

Menulis (writing) merupakan salah satu kompetensi bahasa Inggris yang harus dimiliki. Pada kenyataannya masih banyak orang yang menilai menulis bahasa Inggris sebagai “tantangan” yang sulit untuk dilewati. Lantas, bagaimana caranya belajar menulis dalam bahasa Inggris?

Padahal belajar menulis bahasa Inggris bisa dilakukan tanpa harus dianggap sebagai tugas yang menyulitkan. Apakah kamu penasaran bagaimana cara ampuhnya? Jangan khawatir, tulisan di bawah ini akan membantu kamu untuk belajar menulis bahasa Inggris dengan mudah. Perhatikan baik-baik, ya!

HORE! KAMU DAPAT KELAS DEMO GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mencoba kelas demo, GRATIS!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

1. Pelajari Dasar-dasar Bahasa Inggris

dasar menulis bahasa inggris

Dalam penulisan bahasa Inggris, grammar menjadi sebuah komponen penting yang harus dipelajari. Kita tidak bisa sembarangan untuk menulis dalam bahasa Inggris karena setiap kalimat memiliki stuktur dan tatanan bahasanya masing-masing. Untuk itu, sebelum menulis kamu harus pastikan setidaknya membaca dan mempelajari rumus-rumus grammar dalam bahasa Inggris.

Sembari kamu mempelajari grammar kamu bisa menggunakan teknik rewriting atau menulis ulang apa yang telah kamu pelajari. Dengan begitu secara bersamaan kamu bisa memahami dasar grammar dalam bahasa Inggris sekaligus mempraktikannya dalam tulisan.

Jangan lupa untuk memperkaya vocabulary juga, ya! Apabila kamu sudah mahir dalam keduanya, kamu akan menghasilkan tulisan bahasa Inggris yang indah dengan lebih mudah.

2. Rencanakan Ide Sebelum Menulis

ide menulis bahasa inggris

Seringkali orang kebingungan ketika ingin memulai belajar menulis bahasa Inggris harus diawali dari mana. Kamu bisa memulai dengan merencanakan topik dan ide apa yang akan kamu tulis sebelumnya.

Ketika kamu sudah siap untuk memulai, pilih topik yang telah kamu tentukan dan mulailah untuk menulis tentang hal tersebut. Kamu tidak perlu mencari topik berat dan sulit, kamu bisa memulai dengan menulis tentang hal apapun yang kamu suka. Sebagai contoh akan menulis tentang makanan, kamu bisa menceritakan tentang makanan favoritmu atau makanan yang sudah kamu makan pada hari itu.

Inti dari latihan menulis ini bukan untuk membuat tulisan yang sempurna. Tujuannya adalah untuk membuat kamu terbiasa berpikir dalam bahasa Inggris dan melihat seberapa banyak kamu bisa mengembangkan topik tersebut.

3. Periksa Ejaan dalam Tulisan

ejaan bahasa inggris

Saat menulis dalam bahasa Inggris ada kalanya kamu akan merasa ragu dengan tulisan yang kamu buat. Bisa jadi kamu tidak tahu apakah struktur kalimat yang kamu tulis sudah benar atau kamu bingung untuk mengartikan suatu kata.

Untuk mencegah hal ini terjadi, kamu bisa menyiapkan kamus dan catatan bahasa Inggris yang kamu miliki. Setelah tulisan selesai, periksa ejaan dalam setiap kalimat yang telah kamu tulis. Jika ada kesalahan ketika belajar itu hal yang wajar, yang penting kamu mengerti letak kesalahan tersebut dan siap untuk memperbaikinya. Memeriksa ejaan dalam tulisan bahasa Inggris juga nantinya akan membantumu untuk mengembangkan kemampuan yang kamu miliki.

4. Latih Secara Rutin

latihan menulis bahasa inggris

Mahir menulis bahasa Inggris tidak hanya akan terjadi dalam satu malam. Kamu harus terus mencoba menulis dalam bahasa Inggris setiap hari. Lakukan secara berulang-ulang untuk berlatih menulis karena akan sangat membantu kamu mempelajari keterampilan dan membiasakan diri dalam menulis.

Pada awalnya memang akan terasa sulit untuk menulis dalam bahasa Inggris tetapi jika kamu mulai berlatih setiap hari akan menjadi semakin mudah. Kamu tidak perlu menulis sesuatu yang panjang setiap hari, lho. Menulis ulang lirik lagu berbahasa Inggris atau menerjemahkan beberapa kata dari bahasa Indonesia menjadi bahasa Inggris juga sudah termasuk menjadi bagian dari belajar.

5. Perlihatkan Tulisan ke Orang Lain

proofreading tulisan

Setelah selesai menulis, kamu bisa mencoba untuk memperlihatkan tulisan tersebut ke orang lain. Menunjukkan tulisan ke orang lain bisa meningkatkan kualitas tulisan dan memberikan ide-ide baru tentang tulisanmu.

Kamu bisa meminta proofreading tulisanmu kepada guru, orang tua, atau teman sekali pun. Minta mereka untuk memeriksa grammar dan struktur tulisan yang telah kamu buat. Dengan begitu kamu bisa tahu apa yang masih menjadi kekurangan dalam tulisanmu.

Setelah kamu perlihatkan ke mereka jangan lupa untuk segera perbaiki tulisanmu, ya! Kemudian kamu bisa menulis kembali karena dengan begitu kamu akan mempelajari sesuatu yang baru sehingga tulisanmu akan semakin baik dari waktu ke waktu.

Nah, itu dia 5 cara yang bisa kamu ikuti untuk mulai belajar menulis dalam bahasa Inggris. Perlu diingat bahwa belajar menulis bukan sesuatu hal yang mudah dan bisa kamu lakukan dalam sekejap. Kamu harus terus berlatih supaya nantinya bisa menciptakan tulisan-tulisan bagus yang bisa kamu banggakan. Tidak ada kata terlambat dalam belajar, yuk segera mulai menulis dan tuangkan ide-ide yang kamu miliki.

Jika kamu masih ragu untuk memulai, kamu bisa berlatih dengan bergabung bersama EF. Tidak hanya menulis, kamu juga akan belajar berbagai materi bahasa Inggris lainnya yang seru dan menarik, lho! Di EF kamu bisa belajar dengan suasana yang menyenangkan sekaligus diajari oleh guru-guru yang profesional.

Ada Kelas Demo GRATIS spesial yang bisa kamu dapatkan khusus untuk kamu!

Tertarik untuk mendaftar? Kamu cukup mengisi data diri pada voucher yang ada pada halaman ini untuk bisa mendapatkan promo spesial.

Apalagi yang kamu tunggu? Sampai berjumpa di EF!