Menu
idiom
Grammar and Vocabulary

10 Idiom Lucu dalam Bahasa Inggris

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.01.30

Hallo! Kamu masih ingat apa itu idiom? Tom ingatkan kembali ya. Idiom adalah serangkaian kata yang tak bisa kamu terjemahkan kata per kata, melainkan memiliki ekspresi makna di dalam kalimatnya.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Bagi kamu yang rajin baca Blog EF Kids, kamu mungkin sudah pernah membaca mengenai berbagai idiom ya? Nah, kali ini Tom mau ajak kamu untuk belajar idiom lucu yang bisa kamu gunakan pada percakapan sehari-hari dengan teman.

Ada apa saja ya? Yuk, simak artikel berikut!

1.Hold your horses

kuda

Idiom ini artinya bukan pegang kudamu ya. “Hold your horses” memiliki arti “It’s a way of telling someone to stop or slow down”, yaitu cara memberitahu seseorang untuk berhenti atau memelankan sesuatu. Pas nih untuk kamu yang selalu terburu-buru.

2. The elephant in the room

gajah

Apakah mungkin ada seekor gajah di dalam ruangan? Tentu tidak akan muat, kecuali rumah sultan yang besar sekali. Nah, kalau idiom yang satu ini artinya adalah “A huge and obvious problem that everyone avoids talking about”, yakni masalah besar yang dihindari orang untuk dibicarakan.

3. Have/get your ducks in a row

bebek

Pernah lihat bebek berbaris? Memang banyak sih, tapi artinya bukan bebek berbaris ya. Artinya adalah “Get everything organized, straightened up and accounted for before embarking on an activity or project”, yaitu memastikan semua hal teroganisir, dirapikan, dan bisa dipertanggungjawabkan dengan baik sebelum memulai aktivitas.

4. Get someone's goat

kambing

Hayo, artinya bukan memperoleh atau mencuri kambing seseorang ya, melainkan “To upset, irritate or anger someone” artinya adalah membuat seseorang marah atau kecewa.

5. Earworm

cacing

Cacing pada kuping? Bukan, kalau “Earworm” mengandung makna “A catchy song or tune that you can’t seem to get out of your head” artinya sebuah lagu atau nada yang selalu membuatmu tergiang dan seolah tidak bisa keluar dari pikiranmu. Kamu pasti pernah merasakannya. Benar?

6. Running around like a headless chicken

ayam

Apakah ada seekor ayam yang berlarian tanpa kepala? Tentu tidak. Kamu tahu tidak ketika kepala ayam dipotong, ayam tersebut pasti masih bergerak untuk beberapa detik hingga akhirnya mati? Nah, idiom ini berasal dari gambaran ayam tersebut. Maknanya, “To run around doing a lot of things in a disorganized, ineffective manner”, yaitu berlarian melakukan banyak hal yang tak terorganisir atau dengan tidak efektif. Jika tidak efektif, akan sia-sia bukan?

7. Go bananas

pisang

Memiliki makna “To go wild, to go crazy with excitement or other extreme emotions”, idiom ini merujuk kepada kebahagiaan atau bisa juga kemarahan yang berlebihan. Idiom ini berawal dari seekor kera yang kegirangan ketika mendapat pisang.

8. Pie in the sky

pie

Apakah mungkin sebuah pie berada di atas langit? Sama seperti idiom “Pie in the sky” yang memiliki arti “Something nice but unlikely to happen. An empty wish”, yaitu sesuatu yang manis tapi sulit terjadi.

9. When pigs fly

babi

Kalau pie saja tidak mungkin di langit, bagaimana dengan seekor babi yang terbang? Tentu hal ini mustahil. Idiom ini bermakna, “Something that is unlikely to happen, often said mockingly”, artinya adalah sesuatu yang tidak mungkin terjadi, biasanya untuk mengejek.

10. Elvis has left the building

elvis-presley

Kalau sudah menyebut Elvis, pasti berhubungan dengan musik atau pertunjukkan. Untuk kamu yang belum tahu siapa itu Elvis, ia adalah seorang penyanyi dan seorang aktor dari Amerika. Nah, idiom "Elvis has left the building" artinya “Means the show or event has ended”, yaitu sebuah pertunjukkan atau sebuah event telah usai.


Itu dia 10 idiom lucu yang bisa kamu gunakan. Perlu diingat, idiom tersebut hanya digunakan untuk situasi formal, seperti saat kamu melakukan percakapan dengan temanmu ya. Kamu penasaran ada idiom apa lagi? Mau belajar langsung dengan ahlinya?

Yuk, ikut Free Demo Class EF! Gratis! Kamu bisa belajar materi yang menyenangkan bersama guru yang berpengalaman loh. Caranya hanya tinggal isi no hpmu di kolom halaman ini. Tom tunggu di kelas ya😉

*Syarat dan Ketentuan berlaku
*Promo terbatas

Terakhir update artikel : 31-01-2023